Tips Mendidik: 10 Cara Mengurangi Perilaku Manja Pada Anak

By | Agustus 28, 2017
10 Cara Mengurangi Perilaku Manja Pada Anak

10 Cara Mengurangi Perilaku Manja Pada Anak via pasanganbahagia.com

Sebagai orang tua, Anda dituntut untuk mampu mendidik buah hati sebaik mungkin mulai ia berusia balita. Tak sedikit orang tua yang terlalu memanjakan anak mereka hingga akhirnya berdampak pada perilaku buah hati yang cenderung manja hingga ia tumbuh remaja. sikap anak yang manja akan berdampak pada munculnya sifat yang tidak mandiri, tidak mau mengalah dan egois. Para orangtua sering dibuat pusing dengan perilaku anak yang manja karena penanganan perilaku manja harus membutuhkan kesabaran, konsistensi dan energi.

Meskipun perilaku manja pada anak sulit untuk diubah, namun dengan usaha serta kerja keras dari orang tua, maka secara perlahan perilaku tersebut akan semakin pudar dari buah hati. Untuk membantu Anda dalam mengatasi perilaku manja buah hati, maka berikut ini akan dijelaskan 10 cara untuk mengurangi sikap manja yang berlebihan dari buah hati Anda.

Baca Juga  Mirip tetapi berbeda: Perbedaan Guru dan Pendidik
  1. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda tidak memberikan pola asuh pada buah dengan yang dipusatkan pada sikap permisif. Karena sikap yang permisif justru akan membuat buah hati menjadi pribadi yang manja dan sulit untuk menjadi pribadi yang mandiri.
  2. Jika buah hati meminta atau menuntut segala sesuatu dari orang tua secara berlebihan hingga akhirnya mengatur dan mengkondisikan orang tua, maka jangan jadikan buah hati sebagai pusat perhatian. Mereka yang merasa menjadi pusat perhatian akan merasa segala permintaannya dituruti oleh orangtua dan mereka menjadi ancaman terbesar bagi orangtua ketika permintaan mereka tidak dituruti.
  3. Mengajak buah hati untuk terlibat dalam kegiatan sosial sehingga mereka dapat belajar, melihat dan berinteraksi dengan lingkungan yang lebih luas. Dalam hal ini akan membuat buah hati tidak menjadi pusat perhatian.
  4. Saat buah hati tiba-tiba menunjukkan perilaku manja, maka sebaiknya arahkan mereka pada hal-hal yang disukai misalnya hoby atau kegiatan yang menjadi kesukaan mereka.
  5. Berikanlah kesempatan pada buah hati Anda untuk bermain bersama teman-temannya. Cara ini dilakukan agar buah hati mampu timbul rasa ingin berbagai serta mengerti kepada orang-orang di sekitarnya hingga mereka mampu memiliki sikap yang mandiri dan dewasa.
  6. Para orang tua sebaiknya selalu memberikan contoh perilaku tolong menolong terhadap sesama serta kerjasama sehingga anak akan lebih mudah berempati dan simpati.
  7. Memberikan sentuhan kasih sayang secara fisik bisa berupa belaian, ciuman maupun pelukan agar perilaku manja buah hati bisa ditenangkan.
  8. Ketika buah hati akan berada di lingkungan sekolah yang baru atau situasi baru, maka orang tua sebaiknya selalu mendampingi dan mengajak bermain untuk beberapa saat hingga mampu mengalihkan perhatian mereka untuk berpamitan atau ditinggalkan.
  9. Memberikan kalimat yang meyakinkan dan menenangkan buah hati ketika mereka berada dalam situasi yang sulit dan membuat mereka menjadi manja.
  10. Orang tua harus memberikan motivasi dan semangat ketika buah hati mulai menunjukkan sikap yang manja. Akan tetapi orang tua harus tetap sabar dan konsisten untuk melakukannya.
Baca Juga  Konsep Dasar Mengenai Motivasi Belajar Pada Siswa

Itulah penjelasan mengenai 10 cara mengurangi perilaku manja pada anak. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda para orang tua yang saat ini berupaya untuk mendidik buah hati agar menjadi pribadi yang mandiri dan tidak manja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *