4 Jawaban Mengapa Memilih Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB)

By | Oktober 7, 2017
4 jawaban mengapa memilih plb

Pendidikan Luar Biasa via Tribunnews.com

Pendidikan Luar Biasa yang biasa di singkat PLB, merupakan salah satu program studi kependidikan pada universitas tertentu. Belum setenar jurusan seperti PGSD, Arsitektur, Kedokteran, Teknik Informatika, maupun jurusan terkenal lainnya. Tetapi pada akhir-akhir ini mulai terkenal karena semakin banyaknya sekolah-sekolah khusus atau orang-orang biasa menyebut seolah luar biasa (SLB), sehingga guru-guru pada sekolah tersebut juga banyak dicari. Selain itu prospek kerja lulusan PLB cukup cerah karena banyak orang awam belum mengetahui jurusan tersebut.

Lebih lengkap lagi, berikut akan saya jelaskan 4 jawaban mengapa memilih Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Berinteraksi dan bersinggungan dengan orang yang luar biasa

Bersingggungan dengan anak luar biasa

Bersingggungan dengan anak luar biasa via prudential.co.id

Mungkin teman-teman semua masih bingung siapa yang dimaksud dengan orang luar biasa. Orang luar biasa atau anak luar biasa merupakan seseorang yang mengalami hambatan pada hal tertentu baik fisik, motorik, emosi, perilaku, maupun sensoris yang mengakibatkan seseorang tidak dapat belajar seperti orang pada umumnya, sehingga diperlukan adanya rancangan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang itu untuk mengembangkan segala potensinya.

Teman-teman masih bingung? secara sederhana anak luar biasa adalah seseorang dengan hambatan tertentu sehingga perlu adanya penanganan khusus antara lain: tunanetra (buta), tunarungu (tuli), tunagrahita (mental), tunadaksa (fisik), autis, maupun ganda atau campuran sehingga perlu penanganan khusus. Walaupun memiliki keterbatasan banyak prestasi (cek saja di google) yang ditorehkan anak berkebutuhan khusus berkat guru-guru PLB yang mengerti kelebihannya.

Baca Juga  PPI Bina Diri Makan Menggunakan Sendok Untuk ABK

Prospek kerja sangat cerah

Prospek kerja sangat cerah

Prospek kerja sangat cerah via Jitunews.com

Pertimbangan calon mahasiswa yang ingin masuk ke jurusan tertentu salah satunya adalah prospek kerja. Tidak mungkin ketika kita kuliah  memilih jurusan yang tidak dicari oleh dunia kerja. Contoh saja menjadi guru maupun seorang dokter, karena selama ada manusia pasti ada pendidikan dan ada saat seseorang merasa sakit. Tetapi yang membuat berbeda adalah seberapa banyak pendaftar atau peminat pada jurusan tersebut, karena pada saat ini saja banyak orang telah menjadi guru tetapi sulit mendapat pekerjaan di tanah kelahiran.

Berbeda dengan jurusan PLB yang kedepannya menjadi guru SLB, pada jurusan tersebut peminat masih belum terlalu banyak. Sekolah-sekolah khusus (SLB) juga semakin banyak bermunculan baik status Negeri maupun Swasta. Guru-guru SLB saat ini juga sudah tua dan mendekati pensiun, sehingga angkatan muda akan dibutuhkan.

Ladang pahala dan kebaikan

Ladang pahala dan kebaikan

Ladang pahala dan kebaikan via

Semua pekerjaan tentu merupakan ladang pahala dan kebaikan. Namun menjadi guru PLB dengan mengajar anak berkebutuhan khusus yang mungkin banyak orang mengangap remeh bahkan mencela tentunya akan sangat bangga apabila kita mampu mengubah pandangan bahwa ABK dapat berprestasi.

Baca Juga  Konferensi Kasus: Contoh Data Asesmen Anak Tunarungu

Program studi yang anti mainstream

jurusan anti mainstream

jurusan anti mainstream via Kembar.pro

Mengapa saya mengatakan Pendidikan Luar Biasa program studi anti mainstream, karena memang banyak orang tidak terfikir masuk ke jurusan tersebut. Kebanyakan orang cenderung memilih jurusan yang banyak dikenal seperti teknik informatika, kedokteran, arsitektur, dan jurusan-jurusan mainstream lainnya.

Apabila teman-teman berfikir untuk masuk pendidikan luar biasa maka saya sangat mendukung pilihan teman-teman karena saya juga merupakan alumni PLB yang saat ini telah menjadi guru SLB. saya merasa bahagia bekerja dengan rekan-rekan yang menaruh hatinya demi kemajuan pendidikan luar biasa.

Jawaban mengapa PLB

Demikianlah jawaban mengapa memilih prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB). Anda dapat membaca juga alasan anak berkebutuhan khusus perlu sekolah sejak dini. Share artikel ini apabila sangat bermanfaat bagi teman-teman. Terima kasih.

20 thoughts on “4 Jawaban Mengapa Memilih Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB)

  1. farqi haqi

    saya mau banget bisa jadi guru SLB, saya di daerah bekasi apakah ada rekomendasi untuk PLB bekasi?

    Reply
  2. Krisnan Post author

    yang saya tahu hanya di UNJ dan UNTIRTA mas, keduanya bukan di Bekasi tetapi lebih dekat daripada di kota lainnya

    Reply
  3. Gea esika mahargyani

    Alhamdulillah saya lolos SMMPTN barat di UNTIRTA dengan jurusan PLB, itu jurusan yang saya ingikan sejak kelas 2 SMA. Dan akhirnya Allah kasih jalan buat saya untuk menjadi orang yang bisa membantu orang2 yang berkebutuhan khusus:’)

    Reply
  4. Onita

    Saya minat jurusan PLB ini..
    Do’akan yah saya dapat bergabung dengan kalian.

    Reply
  5. Putri

    Saya sangat ingin kuliah jurusan ini tapi saya lulusan smk 4thn dan berniat bekerja dulu,apa ada universitas swasta yg membuka jurusan plb karna saya hanya berkesempatan sbm 1x dan tdk bisa mengikutinya

    Reply
    1. Krisnan Post author

      sejauh ini saya belum mendengar univ swasta yang membuka PLB karena memang di universitas negeri pun belum banyak yang membuka plb, coba mbak bisa mencari tahu lebih dalam informasi mengenai itu di google.

      Reply
    2. sania nurhanifah

      Ada mba di Bandung di Universitas Islam Nusantara, kebetulan saya juga mahasiswi sana

      Reply
    3. sania nurhanifah

      Ada mba di Universitas Islam Nusantara di Bandung, kebetulan saya juga mahasiswi sana hehe

      Reply
  6. Nur

    masih bimbang ambil gizi atau PLB ya.. keduanya sama” punya prospek masa depan utk keluarga yg baik.

    Reply
    1. Krisnan Post author

      Silahkan dipikir-pikir lagi mbak sambil berdoa, semoga apa yang menjadi pilihan mbak itu yang terbaik.

      Reply
  7. Astrii

    Paaa sayaa SMA jurusan ips bisa gaa masuk jurusan plb?apa jurusan plb itu untuk soshum?

    Reply
    1. Krisnan Post author

      Iya skripsi memang meneliti dengan metode bisa bermacam2 bisa penelitian tindakan kelas, SSR, survey dll bergantung masalahnya ap

      Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *