3 Alasan Mengapa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Perlu Sekolah Sejak Dini

By | Juli 17, 2018

Penulis kali ini akan membagikan artikel pentingnya mensekolahkan anak berkebutuhan khusus (ABK) atau peserta didik berkebutuhan khusus (PDBK) di sekolah luar biasa (SLB).

Pada artikel ini lebih diperjelas pada siswa yang memiliki derajat kecacatan yang lebih berat sehingga tidak mampu mengikuti pembelajaran di sekolah inklusi sehingga berfokus pada sekolah luar biasa.

Ilustrasi sekolah di SLB via greatschools.org

Anak berkebutuhan khusus sendiri merupakan seseorang yang memiliki hambatan baik sensoris, mental, motorik, fisik, emosi, maupun perilaku, sehingga perlu adanya layanan maupun pendidikan khusus untuk mengembangkan potensinya.

Semua orang sebenarnya dapat dikembangkan menjadi lebih baik, termasuk anak berkebutuhan khusus. Mungkin masih banyak orang yang menganggap anak berkebutuhan khusus tidak bisa apa-apa, bahkan ada pula yang disembunyikan oleh orang tua karena malu atau dsb.

Baca Juga  Belajar Braille #2: Membaca Kalimat dan Paragraf Dengan Mudah

Tapi pada saat ini pandangan tersebut mulai berubah karena era digital yang pesat saat ini sehingga informasiĀ  dapat tersebar dengan cepat. Contohnya artikel-artikel mengenai prestasi anak berkebutuhan khusus yang sudah banyak bertebaran di internet.

Selain itu, contoh lain sudah banyak acara televisi yang dikemas dalam talk show yang menayangkan kelebihan-kelebihan anak berkebutuhan khusus.

Banyak anak berkebutuhan khusus dapat berprestasi karena sejak dini sudah dikembangkan oleh guru di sekolah luar biasa. Selain mengembangkan anak agar berprestasi, berikut ini alasan lain kenapa anak berkebutuhan khusus penting untuk disekolahkan sejak dini.

1. Setiap anak memiliki potensi yang dapat dikembangkan

Setiap anak memiliki potensi via npr.org

Semua orang dapat berkembang, termasuk anak berkebutuhan khusus. Walaupun memiliki keterbatasan tetapi ABK masih terdapat potensi yang dikembangkan.

Contoh siswa tunanetra dengan keterbatasan penglihatan dapat dikempangkan pada kemampuan bermain musik. Penulis sendiri juga pernah melihat anak tunagrahita tampil pada kesenian jathilan, serta berbagai contoh lainnya.

Semua tentu dapat berkembang apabila dilatih dan diarahkan dengan baik, dan sekolah luar biasa (SLB) menjadi salah satu wadah yang tepat. Semakin dini anak berkebutuhan khusus akan lebih mudah diarahkan dan dikembangkan daripada ketika sudah besar.

2. Anak dapat bersosialisasi di sekolah

Ilustrasi bersosialisasi via uniteforliteracy.com

Sekolah sangat penting bagi anak sebagai sarana bersosialisasi disamping menuntut ilmu. Anak akan merasa senang ketika bermain dengan banyak teman dibandingkan hanya di rumah tanpa aktifitas apapun.

Di SLB umumnya memiliki siswa yang cukup banyak, karena mulai jenjang TKLB, SDLB, SMPLB, dan SMALB menjadi satu, kecuali SLB yang memang berkonsentrasi pada satu kekhususan saja.

3. SLB merupakan tempat pengembangan berbagai keterampilan

Ilustrasi ABK memiliki keterampilan via parent24.com

Sekolah luar biasa (SLB) merupakan wadah yang tepat untuk mengembangkan keterampilan bagi siswa dengan harapan siswa setelah lulus menjadi mandiri.

Baca Juga  6 Bukti Bahwa Negara Indonesia Semakin Ramah Terhadap Disabilitas

Keterampilan yang diajarkan mulai dari tingkat dasar (TKLB maupun SDLB) contohnya adalah keterampilan bina diri mulai dari makan, mandi, berpakaian, kemudian keterampilan bidang akademik pada siswa ABK yang dapat diarahkan pada bidang akademik.

Untuk siswa yang telah menginjak SMPLB maupun SMALB, biasanya di banyak SLB telah mengajarkan keterampilan seperti pembuatan batako, kotak pensil, gantungan kunci, membatik, menjahit, dsb.

Demikian alasan mengapa anak berkebutuhan khusus perlu sekolah semoga bermanfaat.

One thought on “3 Alasan Mengapa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Perlu Sekolah Sejak Dini

  1. Pingback: 4 Jawaban Mengapa Memilih Prodi Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *