5 Hal Yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

By | Februari 1, 2018

Pendidikan luar biasa (PLB) merupakan salah salah satu jurusan maupun prodi di universitas yang biasanya masuk dalam fakultas ilmu pendidikan. Adapun jurusan tersebut berfokus untuk menghasilkan pendidik profesional dalam mengembangkan anak berkebutuhan khusus (ABK).

Pendidikan Luar Biasa via rackspacecloud.com

Umumnya orang yang telah selesai menempuh kuliah di pendidikan luar biasa sebagian besar menjadi guru SLB, namun banyak juga yang bekerja di pusat rehabilitasi menjadi terapis, menjadi guru pembimbing khusus di sekolah inklusif, melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi, maupun pekerjaan lainnya.

Dahulu orang masih belum familiar dengan jurusan PLB, tetapi saat ini berbeda. Banyak orang sudah mulai mengenal jurusan yang tersebut. Hal ini nampak dengan bermunculannya universitas yang membuka jurusan PLB dan semakin banyak dan ketatnya persaingan untuk masuk ke jurusan tersebut.

PLB merupakan multidisiplin ilmu, banyak ilmu yang saling berkaitan satu dengan yang lain. Mungkin anda tertarik untuk masuk dan penasaran apa-apa saja yang dipelajari di pendidikan luar biasa . Berikut ini 5 hal yang dipelajari di jurusan pendidikan luar biasa mengacu pada salah satu universitas negeri yang membuka jurusan PLB:

  1. Ilmu umum yang dipelajari dan ditempuh di berbagai jurusan
Ilmu umum

Ilmu umum via igniteadvocacy.org

Mahasiswa pendidikan luar biasa juga mendapat ilmu-ilmu umum yang juga dipelajari oleh mahasiswa dari jurusan lain seperti pendidikan agama, bahasa inggris, kewirausahaan, kewarganegaraan, ilmu alamiah dasar, dan beberapa ilmu lain.

Baca Juga  Pengembangan Bahasa: Pelaksanaan Asesmen dan Pembinaan Artikulasi
  1. Ilmu mengenai dasar kependidikan
Ilmu kependidikan

Ilmu kependidikan donovan.house.gov

Adapun ilmu dasar kependidikan yang dipelajari mahasiswa pendidikan luar biasa beberapa diantaranya seperti ilmu pendidikan, manajemen pendidikan, epistimologi dan logika pendidikan, dasar pendidikan bahasa indonesia, dasar IPA, dasar IPS, dasar matematika, sosio antropologi pendidikan, pengembangan kurikulum, pendidikan nasional, logika pendidikan, evaluasi pendidikan, psikologi pendidikan dan lainnya.

  1. Ilmu yang membahas mengenai jiwa
Ilmu jiwa

Ilmu jiwa via entrepreneur.com

Ilmu yang membahasa mengenai jiwa yang dipelajari diantaranya psikologi umum, psikeatri anak, BK anak berkebutuhan khusus, psikodiagnostik anak berkebutuhan khusus, dan ilmu lainnya.

  1. Ilmu tentang mendidik anak berkebutuhan khusus
Mendidik anak berkebutuhan khusus

Mendidik anak berkebutuhan khusus via sxu.edu

Ilmu tentang mendidik ABK sangat banyak yang perlu dipelajari mahasiswa pendidikan luar biasa antara lain mulai dari ortopedagogik umum, pendidikan anak tunanetra hingga anak berbakat, ortodidaktik, pengantar braille, asesmen abk, terapi bermain dan okupasi, bina diri dan bina gerak, sensomotorik, teknologi pendidikan berkebutuhan khusus, PPL, serta berbagai ilmu lainnya.

  1. Ilmu mengenai penelitian bidang pendidikan
Penelitian

Penelitian via financialtribune.com

Ilmu mengenai penelitian diantaranya statistik, statistika non parametrik, seminar pendidikan luar biasa, skripsi dan ilmu lainnya.

Baca Juga  8 Jenis Penelitian Bidang Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Sedikit catatan 5 hal tersebut penulis sendiri yang membagi agar mempermudah pembaca untuk memahami apa-apa saja yang dipelajari. Namun apabila dibahas mendalam didalamnya terdapat lebih dari 60 nama-nama mata kuliah yang dipelajari dan ditempuh dari semester 1-8 yang yang tidak mungkin dijelaskan satu persatu oleh penulis.

Demikian artikel hal yang dipelajari di jurusan pendidikan luar biasa semoga bermanfaat dan memotivasi anda yang mungkin tertarik untuk masuk ke jurusan yang menangani anak berkebutuhan khusus tersebut.

10 thoughts on “5 Hal Yang Dipelajari di Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

  1. Dini

    Anak ipa bisa masuk jurusan ini ngga sii,?ini lebih ke sosiologi yahhhh

    Reply
      1. suci

        sekarang kan gak bisa ambil ipc lagi terus ada gak plb yg bisa ipa masuk?

        Reply
        1. Krisnan Post author

          Ada universitas yang memang melaksanakan ujian msuk jalur seleksi mandiri mungkin bsa melalui itu, karena dulu sayapun berasal dari SMK dan ketika kuliah masuk PLB.

          Reply
    1. Krisnan Post author

      Berkaitan dengan hal tersebut mungkin bisa langsung datang ke jurusan atau menghubungi humas saja mbak.

      Reply
  2. Pingback: 4 Tips Lolos Diterima CPNS Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *