Orang Tua Modern: 5 Kiat Mendidik Anak Di Era Sekarang

By | November 27, 2017

Artikel berikut ini berisi mengenai prinsip yang dilakukan orang tua dalam mendidik, mengasuh, maupun merawat anak di era modern saat ini yang banyak orang menyebut pula era milenial agar tumbuh dengan baik.

Menjadi orang tua pasti merupakan  dambaan seluruh manusia yang hidup di dunia ini. Sudah tentu bahwa menjadi orang tua terdapat duka namun hal tersebut tidak sebanding dengan suka yang didapat. Melihat bagaiman tingkah laku serta tumbuh kembang anak merupakan sebagian kecil  kesukaan yang didapatkan orang tua.

Mendidik anak di era modern

Mendidik anak di era modern via cdn2.momjunction.com

Saat ini banyak tantangan yang dihadapi orang tua dalam mendidik anak. Perubahan jaman terjadi sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini. Sebagai contoh anak sekolah dasar saja sudah paham mengoperasikan smartphone, padahal kalau dipikir lebih banyak sisi negatifnya daripada positif. Banyak anak-anak saat ini menggunakan smartphone hanya untuk bermain game dan menjadi malas untuk belajar.

Anak di jaman sekarang berbeda dengan jaman dahulu.  Dahulu anak-anak lebih gigih, misal saja berangkat sekolah jalan kaki walaupun jauh. Kemudian cara berpenampilan lebih tertutup, berbeda dengan saat ini yang banyak muncul pakaian yang ketat dan terbuka.

Anak pada jaman dahulu bermain bersama teman-temannya. Banyak permainan yang dimainkan juga menuntut anak bergerak berbeda dengan saat ini yang cenderung individual dengan bermain menggunakan hp. Hal selanjutnya, anak pada jaman dahulu juga lebih penurut berbeda dengan sekarang.

Baca Juga  10 Tips Agar Anak Anda Tidak Lagi Kecanduan Game

Perbedaan perilaku anak yang berubah karena pengaruh kemajuan jaman. Sudah tentu sebagai orang tua harus menyesuaikan juga cara mengasuh dan mendidik anak sehingga anak dapat tumbuh dengan baik. berikut adalah 5 tips mengasuh anak pada era modern saat ini:

Tidak menggunakan kekerasan dalam mendidik anak

Tidak menggunakan kekerasan dalam mendidik anak

Tidak menggunakan kekerasan dalam mendidik anak via i.pinimg.com

Siatiap orang tua memiliki gaya yang berbeda dalam mendidik ataupun mengasuh anak. Ada orangtua yang orangtua yang memiliki gaya asuh permisif yang cenderung cuek, tipe mengasuh otoriter yang keras dan memaksakan anak, gaya asuh otoritatif yang cenderung membebaskan anak untuk berkreasi. Tentu masing-masing gaya mengasuh memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, namun pada saat ini kurang relevan apabila mendidik anak dengan kekerasan atau bahkan melukai anak karena dapat menimbulkan pengalaman buruk bagi anak kedepan.

Kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat

Mengajarkan pola hidup sehat dalam mendidik anak

Mengajarkan pola hidup sehat dalam mendidik anak via hollylegare.com

Orang  tua modern sangat perhatian terhadap kesehatan anak. Banyaknya makanan instan menjadi perhatian bagi orang tua modern karena banyak makanan yang tidak memenuhi standar gizi yang diperlukan oleh tubuh dan banyak makanan instan yang mengandung pengawet. Kemudian minuman-minuman kemasan juga semakin banyak, apabila dikonsumsi terlalu sering tidak baik bagi kesehatan. Berbagai hal tersebut yang membuat orangtua modern lebih sadar terhadap kesehatan.

Makan sekeluarga dalam satu meja

Makan dalam satu meja

Makan dalam satu meja via ak8.picdn.net

Makan sekeluarga dalam satu meja merupakan kegiatan wajib harian yang dilakukan orang tua modern. Tujuannya adalah untuk menjaga komunikasi antara ayah, ibu, dan anak. Kesibukan masing-masing menjadi alasan pentingnya menjaga komunikasinya, salah satunya dengan cara tersebut. Berbagai persoalan dapat dibahas atau didiskusikan ketika makan bersama, seperti masalah yang dihadapi selama sehari, maupun hal-hal lucu yang membuat keluarga semakin erat.

Memberi kesempatan pada anak, tetapi mengajarkan pula batasannya

Bebas tetapi ada batasannya

Bebas tetapi ada batasannya via ips.com.au

Memberikan akses dan kesempatan bagi anak untuk berkreasi seluas-luasnya sangat penting untuk melatih kreativitas anak. Banyak orang tua suka melarang anak melakukan sesuatu membuat anak malas untuk menyampaikan gagasan atau ide. Jadi biarkan anak berkreasi tetapi tetap memberikan pengertian jangan sampai bebas tidak terbatas dan mengarah pada hal-hal yang negatif.

Baca Juga  Game Edukatif: 10 Permainan Smartphone Ini Ramah Untuk Anak Anda

Menyempatkan berlibur atau rekreasi ketika akhir pekan

Rekreasi di akhir pekan

Rekreasi di akhir pekan via telegraph.co.uk

Berlibur bersama merupakan agenda wajib bagi orang tua modern. Biasanya liburan dilakukan setiap libur akhir pekan maupun libur hari nasional dengan mengajak anak. Banyak tempat  dapat dikunjungi untuk berlibur bersama keluarga. Tidak perlu memilih tempat yang jauh dan mengeluarkan biaya yang banyak. Cukup pergi ke tempat yang dekat seperti memancing di sungai, jalan-jalan ke pantai, mengunjungi museum, ataupun kebun binatan. Inti berlibur sebenarnya lebih kepada kebersamaan yang tercipta antara orang tua dan anak.

Demikian adalah tips menjadi orang tua modern masa kini, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *