6 cara orang tua untuk meningkatkan kemampuan otak anak

By | November 16, 2017

Berikut ini penulis ingin membagikan cara orang tua untuk meningkatkan kemampuan otak anak agar anak menjadi pintar dan cerdas. Pada dasarnya kecerdasan anak dipengaruhi oleh faktor genetik orang tua, tetapi hal tersebut tidak signifikan. Lebih dari itu, kecerdasan terbentuk karena adanya latihan dan usaha mengasah kemampuan otak.

Meningkatkan kemampuan otak anak

Meningkatkan kemampuan otak anak via christushealth.org

Berdasarkan pendapat Supardi &Aqila Smart (2012: 106), cara meningkatkan kemampuan otak anak antara lain:

  1. Meningkatkan memori

Kemampuan otak akan berkembang apabila selalu di asah. Melatih dengan meningkatkan memori salah satu yang dapat dilakukan. Kegiatan meningkatkan memori yang dapat diberikan seperti permainan-permainan sederhana yang menuntut anak untuk mengingat seperti permainan pesan berantai dan senam otak.

  1. Tidur cukup

Penelitian mengungkapkan bahwa tidur cukup dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Pastikan anak memiliki kualitas tidur yang cukup, karena kurang tidur dapat membuat anak kurang fokus dan lebih lambat dalam bereaksi atau merespon.

Baca Juga  Contoh Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedial
  1. Bermain game sederhana

Bermain game sederhana dapat meningkatkan kemampuan otak anak. Ketika bermain game, seorang anak akan belajar tentang kesabaran serta pemecahan masalah. Saat ini banyak game-game bermunculan mulai grafik dari yang sederhana hingga rumit. Orang tua sebaiknya memilihkan game yang bersifat edukatif untuk anak agar kemampuan otak anak berkembang.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat baik bagi kesehatan. Dengan olahraga seseorang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh dalam bentuk keringat yang keluar. Olahraga juga dapat membuat tubuh menjadi segar dan lebih bersemangat dalam beraktifitas.

Banyak manfaat yang didapatka ketika kita berolah raga. Tetapi tahukan anda bahwa olahraga ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan kapasitas otak anak.Berdasarkan hasil penelitian olahraga dapat mengoptimalkan kerja otak. Bagi anak, olahraga dapat pula meningkatkan kemampuan kognitif anak. Studi juga menunjukan dengan olahraga membantu tumbuhnya sel otak baru yang berdampak pada kemampuan memori atau mengingat.

  1. Menonton acara televisi yang bermanfaat

Televisi merupakan media yang sangat dekat dengan anak. Saat ini hampir setiap keluarga mempunyai benda yang banyak menyiarkan informasi ini. Manfaat televisi yakni menyiarkan informasi yang bermanfaat termasuk anak. Tetapi disisi lain televisi juga mempunyai dampak buruk karena saat ini banyak saluran yang menayangkan siaran yang kurang bermanfaat. Sehingga pastikan memilih saluran yang tepat bagi anak agar anak dapat belajar melalui siaran televisi.

Baca Juga  Orang Tua Modern: 5 Kiat Mendidik Anak Di Era Sekarang
  1. Menjelajah internet

Cara meningkatkan kemampuan otak dapat juga dengan memberi kesempatan anak menjelajah internet apabila tersedia akses internet di rumah. Pengetahuan baru akan didapat ketika anak mengakses informasi melalui internet. Namun pengawasan orang tua diperlukan untuk memastikan konten yang diakses bermanfaat bagi anak, karena pada era saat ini selain manfaat positif, banyak pula dampak negatif dari hadirnya internet seperti gambar dan video yang tidak pantas.

Demikian cara meningkatkan kemampuan otak anak anda yang dapat dipraktekkan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan membaca artikel lainnya dari bukuacuanku. Terima Kasih.

Referensi

Supardi & Aqila Smart 2012

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *