5 Cara Agar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Terhindar Virus Corona

By | Maret 27, 2020

Virus corona atau covid-19 merupakan virus yang bisa menyebabkan gejala seperti flu, namun yang membuat berbahaya virus ini bisa menyerang sistem pernafasan. Semua orang perlu waspada tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus atau biasa disingkat ABK.

Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan seseorang yang mengalami hambatan berupa fisik, sensori, mental, maupun perilaku sehingga memerlukan layanan khusus untuk mengembangkan potensinya.

Karena hambatan pada anak berkebutuhan khusus sehingga mereka kesulitan dalam menerima maupun mengolah informasi. Disinilah pentingnya keberadaan orang tua disekitar anak berkebutuhan khusus untuk memberi perhatian pada mereka.

virus corona
virus corona via who.int

Lalu apa saja cara agar anak berkebutuhan khusus terhindar dari virus corona atau covid-19? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk anda.

1. Memberikan pengertian tentang virus Corona

Penting untuk memberikan pemahaman pada anak berkebutuhan khusus tentang apa itu virus corona dan dampaknya bagi manusia. Agar anak dapat menangkap informasi dengan lebih mudah bisa menggunakan gambar atau video animasi yang mudah dipahami. Kemudian untuk anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan penglihatan bisa menggunakan media yang bersuara.

2. Membiasakan anak mencuci tangan

Biasakan anak dengan pola perilaku hidup sehat. Hal kecil yang bisa diajarkan dan sudah dianjurkan oleh tenaga kesehatan yakni mencuci tangan. Bisa menggunakan sabun dan air mengalir. Cukup dibiasakan, lama kelamaan anak berkebutuhan khusus (ABK) akan terbiasa dan menjadi bagian gaya hidup sehat.

3. Menerapkan pembatasan fisik (Physical Distancing)

Pembatasan fisik menjadi istilah terbaru yang dikeluarkan WHO setelah pembatasan sosial (social distancing). Pembatasan fisik berarti menjaga jarak secara fisik namun tidak secara sosial karena saat ini kita bisa berhubungan dengan gadget secara online melalui media sosial. Memberi pemahaman tentang menjaga jarak pada anak berkebutuhan khusus bisa dilakukan dengan pembiasaan praktek sehari-hari. Dengan pembatasan fisik bisa menekan penyebaran virus agar tidak semakin meluas.

Baca Juga  Bagian #4: Latihan Soal PPG Pendidikan Luar Biasa(PLB)
Virus corona, gejala, penularan, dan pencegahannya
Virus corona, gejala, penularan, dan pencegahannya

4. Menghindari kontak dengan hewan

Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan virus corona seperti kelelawar, dan binatang berpotensi lainnya perlu dilakukan. Terlebih lagi jangan mengkonsumsi makanan yang diwaspadai sebagai pembawa virus corona. Kemudian berikan makanan untuk ABK yang sudah dimasak dengan matang.

5. Menjaga imunitas tubuh

Menjaga imunitas tubuh bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat seperti mengajak anak berkebutuhan khusus berolahraga di rumah, makan makanan yang bergizi, kemudian meminum vitamin maupun suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikianlah cara agar anak berkebutuhan khusus terhindar dari virus corona, dengan disiplin yang baik maka anak berkebutuhan khusus akan terhindar dari corona. Semoga wabah ini segera teratasi sehingga kita bisa beraktifitas seperti sedia kala.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat agar menjangkau lebih banyak pembaca, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *