5 Cara Agar SLB Terkenal Sehingga Memiliki Banyak Murid

By | April 15, 2021

Cara agar SLB terkenal ini perlu diterapkan baik sekolah yang berstatus Negeri maupun berstatus swasta. SLB atau sekolah luar biasa merupakan tempat yang bertujuan untuk mendidik anak berkebutuhan khusus (ABK) supaya berkembang sesuai dengan potensinya. Sehingga ABK dapat hidup di tengah masyarakat dengan lebih baik.

Apabila suatu SLB terkenal maka akan ada lebih banyak orang tua yang menyekolahkan anak ke sekolah tersebut. Dampaknya adalah sekolah bisa berkembang dengan fasilitas yang lebih lebih lengkap, ABK lebih banyak terlayani, merekrut pendidik lebih banyak, lebih mudah mencari bibit-bibit baru untuk maju mengikuti perlombaan karena terdapat banyak siswa, maupun keuntungan lainnya.

agar SLB terkenal ini caranya
Ilustrasi sekolah luar biasa via azcentral.com

Membuat SLB menjadi lebih dikenal bisa menjadi solusi bagi orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus namun kurang akses terhadap informasi (utamanya di daerah-daerah pinggiran) supaya mengetahui bahwa ada layanan pendidikan untuk ABK di dekat tempat tinggalnya.

Hal ini juga bisa menjadi solusi bagi sekolah utamanya yang berstatus swasta dimana tetap berjuang untuk eksis dengan jumlah siswa yang semakin lama semakin sedikit. Maka berikut ini adalah cara supaya SLB tempat bekerja anda bisa menjadi lebih terkenal dan dapat menarik minat lebih banyak murid atau siswa.

Cara Agar SLB Terkenal Sehingga Memiliki Banyak Murid

1. Kembangkan situs sekolah

Cara agar SLB terkenal yang pertama adalah kembangkan situs sekolah. Hal ini penting supaya masyarakat bisa mengetahui informasi mengenai sekolah secara langsung tanpa harus ke sekolah. Informasi yang bisa ditampilkan dalam situs sekolah misalnya saja informasi tentang penerimaan siswa baru dan kegiatan sekolah. Kemudian dengan adanya situs atau website sekolah biasanya akan terindeks di mesin pencari seperti google sehingga dapat diakses masyarakat dengan mudah.

Baca Juga  Bagian #8: Contoh Soal UTN PPG PLB Untuk Berlatih

2. Membuat produk khas sekolah

Saat ini SLB di Indonesia telah berkembang dengan pesat. Banyak sekolah-sekolah membuat produk baik makanan maupun produk karya seni dengan memadukan budaya atau kearifan lokal. Hal demikian tentunya bagus karena bisa menampilkan ciri khas suatu SLB, misalnya saja di SLB N Semarang banyak dikenal orang dengan karya siswanya yakni batik ciprat.

3. Mengikuti perlombaan-perlombaan

Kegiatan sekolah tidak hanya berkaitan dengan belajar mengajar saja. Pada waktu-waktu tertentu terdapat kegiatan perlombaan yang diselenggarakan oleh dinas baik Kabupaten maupun di tingkat Provinsi. Lombanya pun beragam misalnya lomba olahraga, seni, maupun literasi. Nah momentum itu bisa diikuti oleh sekolah supaya tetap eksis. Terlebih lagi bila sekolah tersebut dapat mendapatkan banyak kejuaraan atau prestasi.

4. Membuat berbagai sosial media sekolah

Sosial media di era sekarang ini sangat penting. Sosial media seperti facebook, Instagram, twitter, toktok selalu dimanfaatkan suatu lembaga untuk memperkenalkan produk atau layanannya. Maka sekarang ini SLB juga penting untuk memiliki dan mengelola sosial media supaya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dapat diketahui masyarakat secara luas. Hal itu akan berdampak pada popularitas suatu sekolah.

5. Menyewa jasa periklanan

Cara menggunakan jasa pengiklanan ini merupakan cara yang efektif dan instan agar suatu hal dapat terkenal dengan instan. Sekarang banyak layanan jasa periklanan yang canggih sehingga dapat menjangkau target yang tepat. Contoh layanan jasa periklanan digital seperti google ads, facebook ads banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengiklankan produknya. Hal demikian juga bisa dimanfaatkan untuk mempopulerkan suatu instansi misalnya SLB.

Demikianlah beberapa cara supaya SLB (sekolah luar biasa) tempat anda bekerja bisa menjadi terkenal sehingga bisa menjaring lebih banyak siswa. Baca juga artikel tantangan guru saat pertama kali mengajar di SLB. Silahkan bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat, terima kasih.