5 Alat Bantu Tunanetra Low Vision Yang Bermanfaat

By | September 30, 2021

Alat bantu tunanetra low vision yang diulas dalam artikel berikut ini bermanfaat bagi anak yang mengalami hambatan penglihatan atau buta sebagian. Sehingga masalah anak dalam terbatasnya kemampuan melihat dapat diatasi dengan baik atau paling tidak dapat diringankan.

Sebelum lebih jauh pada alat-alat apa saja yang bisa digunakan untuk membantu, kita akan membedah terlebih dahulu apa itu tunanetra low vision. Tunanetra berasal dari kata tuna yang berarti rugi dan netra yang berarti penglihatan. Tunanetra merujuk pada seseorang yang mengalami hambatan penglihatan pada tingkat tertentu.

Tunanetra terbagi menjadi dua yakni buta total dimana seseorang sudah tidak bisa sama sekali melihat cahaya. Kemudian ada juga tunanetra low vision dimana seseorang masih memiliki sisa penglihatan namun perlu alat bantu tertentu dalam beraktivitas sehari-hari.

Setelah mengenal siapa itu penyandang tunanetra low vision, langsung saja berikut ini alat bantu yang bermanfaat bagi mereka.

Alat Bantu Tunanetra Low Vision

1. Kaca Mata

Alat Bantu Tunanetra Low Vision kaca mata
Kaca mata via amazon.com

Kaca mata merupakan alata bantu yang umum digunakan pada seseorang yang mengalami hambatan penglihatan. Termasuk juga pada seseorang yang mengalami low vision juga bisa diberikan kaca mata khusus yang disesuaikan kebutuhan.

2. Kaca Pembesar

Alat Bantu Tunanetra Low Vision kaca pembesar
Kaca pembesar via my-best.id

Kaca pembesar atau juga bisa disebut luv adalah alat yang bisa didapatkan dengan mudah dan terjangkau. Alat ini bagi penyandang low vision dapat digunakan misalnya dalam hal membaca buku yang memiliki ukuran huruf yang sangat kecil sehingga nantinya akan nampak lebih besar.

3. Portable Digital Magnifier

Magnifier
Magnifier via imore.com

Portable Digital Magnifier konsepnya sama dengan kaca pembesar yakni memperbesar objek seperti bacaan namun alat ini lebih canggih dan bekerja dengan sistem digital. Sehingga lebih jelas dan mudah digunakan.

Baca Juga  5 Cara Membaca Huruf Braille Yang Digunakan Tunanetra

4. Teleskop Mini

teleskop mini
Teleskop mini via pinterest.com

Teleskop tentu bukan benda asing bagi kita. Kita mengenal teleskop yang digunakan untuk meneropong benda di jarak yang sangat jauh bahkan hingga luar angkasa. Namun alat ini juga ada yang berukuran kecil dimana dapat digunakan sebagai alat bantu bagi penyandang low vision untuk melihat objek yang cukup jauh misalnya nomor kendaraan, atau objek berjarak jauh lainnya.

5. Keyboard Khusus

keyboard low vision
Keyboard low vision via amazon.com

Keyboard yang digunakan penyandang low vision berbeda dengan keyboard pada umumnya. Perbedaannya terletak pada huruf yang timbul dan ukuran lebih besar yang hampir memenuhi setiap tombol.

Demikian tadi alat yang bermanfaat dan berguna. Anda bisa membaca artikel lainnya mengenai tunanetra di situs ini. Apabila dirasa bermanfaat jangan lupa membagikan artikel ini untuk menjangkau lebih banyak lagi pembaca lainnya, terima kasih.