Anak Autis Susah Tidur? Inilah 7 Solusi Yang Bisa Dilakukan

By | April 22, 2021

Anak autis susah tidur tentu akan membuat orang tua khawatir. Tidur sangat penting bagi anak karena ketika tidur akan melepaskan hormon untuk pertumbuhan, kemudian selain itu dengan tidur juga dapat memperbaiki sel-sel. Sehingga ketika sang anak sulit untuk tidur bisa berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan yang kurang optimal.

Anak autis atau dengan istilah lain yakni autism/autisme adalah seseorang anak yang mengalami hambatan pada interaksi sosial dan kemampuan komunikasi. Pada umumnya autis sulit untuk bersosialisasi dengan orang lain dimana dia asyik dengan dunianya sendiri. Kemudian autis juga memiliki ciri-ciri yakni tidak menyukai kontak mata.

anak autis susah tidur
Ilustrasi anak susah tidur via webmd.com

Nah apabila anda orang tua yang memiliki anak autis susah tidur, melalui artikel ini diuraikan beberapa solusi yang bisa orang tua lakukan supaya anak autis mudah tidur sehingga anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Solusi anak autis susah tidur

1. Desain kamar yang minim rangsangan

Anak autis sangat sensitif dengan berbagai rangsangan berbagai indera. Oleh karena itu desain kamar untuk anak autis sebaiknya dibuat sederhana, minim rangsangan dimana tidak terdapat hiasan atau benda warna warni. Nah desain yang minim rangsangan ini juga diterapkan dalam ruang kelas autis di sekolah-sekolah.

2. Pilih makanan yang tepat untuk anak autis

Tahukah anda bahwa makanan untuk anak autis perlu diperhatikan lho. Ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya dihindari anak autis seperti bahan makanan yang mengadung kasein, kedelai, gluten, dan bahan kimia. Bahan makanan tadi dapat memperburuk perilaku pada anak autis seperti menjadi hiperaktif, susah konsentrasi, maupun tantrum.

Baca juga: makanan untuk anak autis

3. Gunakan pakaian tidur yang nyaman dan bersih

Cara mengatasi anak autis susah tidur yakni dengan mengunakan pakaian tidur yang nyaman dan bersih. Hal ini tentunya dialami setiap orang bahwa akan lebih mudah tidur dengan pakaian yang bersih dan nyaman dibandingkan dengan pakaian yang kotor dan berbau tidak sedap. Oleh karena itu orang tua bisa memberikan anak autis pakaian khusus yang digunkana hanya untuk tidur.

Baca Juga  Berapa Gaji Guru SLB? Simak Artikel Ini Untuk Tahu Jawabannya

4. Anak bersiap tidur dengan keadaan bersih

Pastikan anak autis tidur dalam keadaan badan yang bersih. Orang tua bisa memandikan atau menyuruh mandi anak, kemudian juga jangan lupa untuk sikat gigi, serta melakukan kegiatan rutin kebersihan diri yang lainnya sebelum tidur. Melalui kegiatan tadi dapat membuat anak tidur dengan lebih nyaman.

5. Membatasi waktu tidur siang

Waktu tidur siang yang banyak dapat berdampak anak sulit tidur pada waktu malam hari karena anak masih memiliki banyak energi. Pada umumnya kita akan lebih mudah tidur ketika tubuh dalam keadaan lelah karena aktivitas. Untuk itu sebaiknya orang tua mengatur jadwal tidur siang.

6. Membiasakan secara konsisten waktu untuk tidur dan bangun

Biasakan anak untuk tidur secara konsisten dengan menerapkan jadwal tidur dan bangun. Biasakan anak menuju tempat tidur pada waktu yang ditentukan dan membangunkan anak pada jam yang sudah dijadwalkan. Kebiasaan tidur yang tidak teraktur tidak baik untuk anak yang juga berdampak pada waktu-waktu tertentu anak susah tidur.

Baca juga: Mengatur ruang kelas untuk autis

7. Jangan biarkan anak autis tanpa aktivitas di siang hari

Aktivitas di siang hari penting diberikan orang tua untuk anak autis. Aktivitas sederhana yang diberikan seperti membantu menyapu, membersihkan meja, ataupun bermain dapat mengurangi kelebihan energi yang dimiliki anak. Energi berlebih yang tidak dibuang melalui kegiatan atau aktivitas juga bisa berdampak buruk pada malam hari ketika bersiap tidur. Karena seperti yang sudah diulas sebelumnya seseorang akan lebih mudah tidur dalam keadaan tubuh yang lelah.

Demikianlah cara mengatasi anak autis susah tidur semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya tentang dunia anak berkebutuhan khusus di situs ini, terima kasih.