7 Cara Agar Anak Anda Menyukai PR (Pekerjaan Rumah)

By | Desember 28, 2020

Meskipun orang tua hampir setiap hari mengingatkan buah hati untuk mengerjakan PR, namun kenyataannya masih saja banyak anak yang merasa enggan untuk mengerjakan PR tersebut. Hal ini mungkin karena anak malas mengerjakannya, merasa sulit dengan materi pelajaran, atau bingung membagi waktu antara belajar materi lain atau mengerjakan PR. Sebagai orang tua, kita harus berusaha membiasakan anak menyukai PR dengan beberapa cara sebagai berikut.

anak menyukai PR
ilustrasi anak mengerjakan PR via naitreetgrandir.com

Cara Agar Anak Menyukai PR

1. Menciptakan area khusus

Anak membutuhkan tempat yang tenang dan nyaman untuk mengerjakan Pekerjaan Rumahnya. Anda bisa menciptakan area belajar khusus dengan menyiapkan meja lengkap dengan lampu serta peralatan yang dibutuhkan seperti pensil, kertas, gunting, lem dan lainnya. Pastikan Anda menyediakan ruangan yang cukup lapang supaya anak merasa lebih leluasa berada di tempat yang luas.

Apabila memungkinkan, Anda bisa mendedikasikan ruangan khusus tersebut hanya untuk tempat mengerjakan PR saja, sehingga anak menyukai PR dan merasa ingin kembali menikmati waktu di ruangan tersebut.

Baca Juga: pengertian motorik halus menurut ahli

2. Waktu belajar

Langkah selanjutnya agar anak menyukai PR adalah membagi waktu antara belajar dan mengerjakan PR. Anda bisa mengatur waktu yang konsisten dan paling baik untuk anak dan juga keluarga. Misalnya, waktu untuk bermain, istirahat, mandi, makan, dan belajar dengan fokus. Beberapa anak mungkin lebih suka mengerjakan PR pada malam hari.

3. Menghilangkan gangguan

Berbagai macam gangguan yang mungkin bisa membuat anak menjadi tidak fokus dalam belajar sebaiknya dihilangkan terutama ketika anak sedang mengerjakan PR. Misalnya saja musik keras, televisi, telepon dan lainnya. Anda bisa memilih lokasi belajar yang jauh dari keramaian untuk meminimalkan gangguan.

Baca Juga  Kajian Teori: 7 Pengertian Membaca Permulaan Menurut Para Ahli

4. Tetap terinformasi

Cara agar anak menyukai PR selanjutnya adalah meminta anak untuk mengabari Anda mengenai PR nya. Anda juga harus mencari tahu pelajaranapa yang sedang dipelajari dan apa mungkin masih ada yang belum dipahami. Catatlah pada kalender khusus tentang tugas dan juga jadwal tes.

Semakin banyak Anda mengetahui tentang apa yang harus dihadapi sang anak, maka Anda akan lebih mudah untuk membantu mereka menyelesaikannya. Apabila anak sudah besar, Anda bisa mengenalkan mereka untuk membuat agenda sendiri.

5. Jangan pernah mengerjakan PR untuk mereka

Banyak orang tua yang lebih memilih mengerjakan PR anak daripada harus mendampingi mereka. Anda cukup membantu anak dalam mengerjakan PR serta mengajarinya apabila terdapat masalah. Perhatikan apakah anak Anda bisa menghadapi tugas mereka dengan baik.

6. Menawarkan pujian

Salah satu cara agar anak menyukai PR adalah memberikan pujian atas hasil kerja mereka. Anda bisa memberikan hadiah atas tes sulit yang akhirnya berhasil anak lewati dengan hasil tinggi. Anda bisa memberikan pujian di depan orang lain, misal keluarga ataupun teman-temannya. Biasanya anak akan lebih suka jika mendengar pujian terhadap dirinya di depan orang lain sehingga hal ini dapat membangkitkan semangat anak untuk belajar.

7. Minta bantuan

Apabila Anda melihat PR yang dikerjakan oleh si kecil semakin sulit maka Anda bisa meminta bantuan dari luar. Bicarakan pada gurunya mengenai waktu tertentu untuk belajar atau mungkin Anda bisa menyewa jasa tutor. Tentu Anda harus membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan anak agar mereka tidak merasa tertekan.

Baca Juga: Perkembangan kognitif pada anak

Nah, itulah 7 cara yang bisa Anda lakukan agar anak menyukai PR. Sejatinya PR adalah pekerjaan rumah untuk sang anak bukan untuk orang tua. Tugas kita bukanlah untuk mengerjakan PR tersebut agar anak mendapatkan nilai yang bagus, namun kita harus mendampingi dan memotivasi mereka untuk mengerjakannya sendiri dengan jawaban-jawaban yang tepat sehingga selain mendapatkan nilai bagus anak juga bisa memahami materi.