Biasakan Anak Produktif Di Rumah Dengan 5 Kegiatan Sederhana Ini

By | Juni 30, 2020

Membiasakan anak produktif di rumah merupakan hal yang penting yang perlu diajarkan oleh orang tua, agar supaya di kemudian hari anak sangat menghargai waktu dengan mengerjakan kegiatan yang bermanfaat.

Terlebih saat ini di masa pandemi Covid 19 atau virus corona, sebagian besar waktu dihabiskan di rumah. Kemudian yang biasanya anak belajar di sekolah, saat ini belajar dari rumah, oleh karena itu orang tua penting untuk membiasakan anak menggunakan waktu dengan produktif.

Anak Produktif Di Rumah
Ilustrasi anak menyiram tanaman via familyfoodandtravel.com

Lalu apa saja kegiatan atau aktivitas agar anak produktif di rumah yang bisa diajarkan untuk mengisi waktu luang? Berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

Kegiatan sederhana agar anak produktif selama di rumah.

Menyiram tanaman

Kegiatan sederhana yang pertama adalah menyiram tanaman. Biasanya setiap rumah terdapat tanaman baik sekedar untuk hiasan maupun tanaman yang sifatnya menghasilkan pendapatan seperti buah-buahan atau sayuran. Ajarkan anak untuk memiliki tanggung jawab menyiram dengan jadwal yang ditentukan misalnya dalam sehari sebanyak dua kali atau sekali.

Membersihkan rumah

Kegiatan sederhana selanjutnya adalah membersihkan rumah. Biasakan anak sejak dini mengenal tentang pentingnya kebersihan rumah, karena rumah yang bersih akan membuat penghuni terasa nyaman untuk tinggal. Kegiatan membersihkan rumah yang bisa dilakukan anak misalnya menyapu dari mulai kamar sendiri hingga halaman rumah, selanjutnya bisa juga dilatih untuk mengepel lantai ataupun kegatan kebersihan lainnya.

Mencuci alat makan

Mencuci alat makan adalah kegiatan produktik yang bisa diajarkan pada anak. Orang tua perlu membiasakan anak untuk mencuci peralatan makan paling tidak miliknya sendiri. Selain mengajarkan tentang kebersihan, kegiatan ini juga meringankan tugas orangtua terutama ibu yang biasanya mencuci banyak peralatan memasak dan alat makan. Sehingga ibu bisa fokus pada tanggung jawab lainnya yang lebih penting.

Baca Juga  5 Cara Orang Tua Melatih Keterampilan Sosial Pada Anak Sejak Dini

Memberi makan binatang peliharaan

Tidak semua keluarga memiliki binatang peliharaan. Namun bagi anda orang tua yang memiliki binatang peliharaan seperti ikan, kucing, anjing, kambing, sapi, ayam, ataupun binatang lainnya, maka libatkan anak untuk membantu mengurus misalnya dengan memberi makan. Dengan begitu selain binatang tetap terpelihara dengan baik, dapat pula melatih anak untuk peduli dan sayang terhadap binatang.

Mencuci pakaian

Kegiatan supaya anak produktif di rumah yang terakhir adalah membiasakan untuk mencuci pakaiannya sendiri. Kegiatan mecuci bisa diajarkan sejak dini misalnya pemilihan sabun, cara mengkucek, maupun menjemur. Bila anda menggunakan mesin cuci maka anak bisa diajarkan mengoperasikan mesin cuci tersebut, tapi bila anak masih sangat kecil maka perlu pendampingan orang tua.

Demikianlah cara membiasakan anak produktif di rumah dengan kegiatan sederhana. Kuncinya adalah konsisten dalam pembiasaan. Bila kebiasaan terbentu maka hingga besar anak akan terbiasa dengan berbagai kegiatan tersebut. Dengan kegiatan produktif maka anak akan sangat menghargai waktu dengan baik.

Anda bisa membagikan artikel ini bisa dirasa bermanfaat. Baca juga artikel tentang melatih keterampilan sosial anak atau ulasan menarik lainnya di situs ini. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *