Bayi Down Syndrome Seperti Apa? Simak Jawabannya Disini

By | April 27, 2021

Bayi down Syndrome memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda dibanding anak pada umumnya. Hal tersebut terjadi dikarenakan terdapat kelainan kromosom pada anak down syndrome. Lalu seperti apa bayi down syndrome yang bisa kita amati secara fisik maupun mental? Untuk mengetahui lebih jelas silahkan simak pada artikel ini.

Sebelum menuju pokok bahasan, kita perlu mengenal terlebih dahulu pengertian down syndrome. Down syndrome merupakan kelainan genetik trisomi 21, dimana terdapat kelainan pada kromosom ke 21. Kelainan tersebut berdampak pada kemampuan mental dan intelektual anak. Keadaan ini bersifat menetap dan tidak bisa disembuhkan, namun anak tetap bisa dikembangkan dengan pendidikan khusus di SLB.

Bayi Down Syndrome
Anak down syndrome via firstpost.com

Selain mengalami hambatan mental dan intelektual, secara fisik anak down syndrome sudah bisa dikenali sejak bayi, berikut ini adalah ciri-ciri dan karakteristik yang nampak.

Karakteristik Bayi Down Syndrome

Secara Fisik

Wajah dan hidung datar

Secara fisik, down syndrome bisa kita kenali karena mereka memiliki wajah dan hidung yang cenderung datar.

Leher lebih pendek

Apabila anak pada umumnya memiliki leher yang proporsional dimana tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Pada anak dengan down syndrome, mereka mimiliki leher yang lebih pendek sehingga memiliki postur yang terlihat lebih padat.

Terdapat lipatan di bagian belakang leher

Anak down syndrome memiliki kulit berlebih di bagian belakang sehingga pada anak tersebut terdapat lipatan-lipatan di bagian leher belakang.

Ukuran mulut kecil

Ciri pada anak dengan down syndrome juga nampak dari ukuran mulut yang lebih kecil dibandingkan anak pada umumnya.

Jari-jari pendek

Selain lebih pendek pada bagian leher, anak down syndrome juga memiliki ciri yang khas yakni dengan jari-jari yang lebih pendek.

Baca Juga  Contoh Data Asesmen Untuk Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK )

Mata miring ke atas

Ciri selanjutnya adalah mata pada anak terlihat miring ke atas kemudian pada sudutnya terlihat lebih runcing. Secara umum matanya terlihat seperti mata yang dimiliki orang asia timur tetapi pada anak down syndrome lebih besar.

ciri dan karakteristik down syndrome
ciri dan karakteristik down syndrome via nejm.org

Secara Mental

Kemampuan bicara lambat

Secara mental kemampuan bicara anak sangat lambat dibanding anak pada umumnya bahkan terdapat anak yang bicara tidak jelas ketika sudah cukup dewasa.

Terlambat dalam mempelajari sesuatu

Intelektual anak yang rendah berdampak pada kemampuan berfikir sehingga mereka lebih lambat untuk mempelajari sesuatu. Sehingga umumnya pembelajaran pada anak down syndrome nantinya diarahkan pada akademik fungsional.

Demikian tadi ciri dan karakteristik bayi down syndrome. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kita. Baca juga artikel lainnya tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus di situs ini.