Belajar Braille: Membaca Huruf, Angka, dan Tanda Baca dengan Mudah

By | November 22, 2017

Kalau ditanya apakah belajar braille itu sulit? Tidak juga, belajar huruf yang banyak digunakan oleh tunanetra itu mudah, kuncinya adalah banyak berlatih saja. Hal tersebut juga menjadi pengalaman penulis ketika belajar mata kuliah pengantar braille di perguruan tinggi. Sehingga kali ini penulis akan membagikan artikel belajar membaca mencakup mengenal Alphabet / huruf / abjad, Nomor / angka, dan Simbol Tanda Baca.

Belajar Braille Dasar: Huruf, Angka, dan Tanda Baca dengan Mudah

Dasar: Mengenal Huruf, Angka, dan Tanda Baca dengan Mudah via sarahjanebarnett.files.wordpress.com

Mungkin anda bertanya kenapa bisa mendapat mata kuliah braille? sekedar informasi penulis pernah menjadi mahasiswa di jurusan pendidikan luar biasa (PLB). Sehingga semua hal yang berkaitan dengan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus wajib dipelajari.

Belajar braille dibagi menjadi dua yakni belajar membaca dan menulis, tetapi pada artikel ini berfokus kepada belajar membaca.

Belajar braille

Belajar braille via pharmabraille.com

Sejarah

Sebelum langsung membahas tentang huruf braille, ada baiknya kita mengenal dahulu sejarahnya. Huruf braille pada saat ini merupakan huruf yang digunakan oleh tunanetra (hambatan penglihatan) di seluruh dunia untuk memudahkan kegiatan membaca dan menulis.

Salah seorang berkebangsaan perancis yang bernama Louis Braille adalah penemu huruf yang menamai sesuai namanya. Lahir pada tanggal 4 Januari 1809, Ia awalnya dapat melihat dengan baik, namun karena kecelakaan yang terjadi ketika ia menginjak umur 3 tahun membuat kedua matanya buta permanen. Louis ternyata dapat mengatasi hambatan pada sensorisnya, bahkan menghasilkan penemuan bermanfaat untuk  tunanetra.

Louis Braille

Louis Braille via 5minutebiographies.com

Huruf timbul tersebut sendiri awalnya diadaptasi dari sandi yang digunakan untuk keperluan militer yang kemudian dikembangkan sedemikian rupa oleh Louis. Bahasa sandi tersebut menggunakan titik timbul dengan alat bernama stylus yang memudahkan tunanetra untuk membaca dan menulis.

Baca Juga  Konsep Dasar Program Pengembangan Diri Bagi Anak Tunagrahita

Mengenal titik

Huruf terdiri dari enam titik seperti pada permainan domino, urutan titik dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Titik pada braille

Titik pada braille via pharmabraille.com

Huruf

Huruf pada braille sama seperti huruf yang kita gunakan sehari-hari yaitu huruf A-Z. Namun yang membedakan yakni terdiri dari titik-titik timbul.

Tips belajar:

Pengalaman penulis ketika belajar adalah hanya dengan menghafalkan huruf A – J.

Untuk huruf K – T , sama seperti A – J , namun semua ditambah titik nomor 3

Untuk U , V , X , Y , Z sama seperti K , L , M , N , O , namun semua di tambah titik nomor  3 dan 6

Lalu kemana huruf W? Huruf w harus anda hafal titiknya, dahulu huruf tersebut tidak ada W karena memang di perancis tidak mengenal huruf w.

Silahkan cermati dibawah ini apabila masih bingung.

Huruf braille

Huruf braille

Huruf braille

Huruf via pharmabraille.com

Agka

Indikator angka yang terdiri dari titik 3456 wajib digunakan untuk menunjukkan bahwa setelahnya merupakan angka. Indikator angka dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Untuk angka 1 – 9 titik sama seperti huruf A – I , kemudian 0 sama seperti huruf J . Namun seperti pada gambar sebelumnya, wajib diberikan indikator angka sebelumnya. Lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas.

Indikator angka pada braille

Angka braille

Angka via pharmabraille.com

Baca Juga  Kompensatoris: Mengenal Orientasi Mobilitas (OM) Bagi Tunanetra

Simbol tanda baca

Untuk tanda baca anda dapat menghafal satu demi satu, karena penulis sendiri belum tahu cara cepat untuk belajar tanda baca.

Braille tanda baca

Braille tanda baca

Tanda baca via pharmabraille.com

Demikian artikel mengenai belajar braille dasar, anda dapat belajar braille tingkat lanjut seperti simbol-simbol rumus kimia, fisika, atau matematika di buku-buku belajar braille, karena apabila dibahas disini akan sangat panjang.

Semoga artikel ini bermanfaat, Terima kasih, Salam.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *