Biaya Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (SLB) Di Indonesia

By | Mei 10, 2021

Biaya sekolah anak berkebutuhan khusus (SLB) berikut ini bisa menjadi tambahan informasi bagi anda orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus (ABK) atau disabilitas, dan ingin menyekolahkan supaya mereka dapat berkembang optimal sesuai potensinya.

Sekolah untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) disebut dengan SLB. SLB merupakan layanan pendidikan untuk anak dengan kebutuhan khusus seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, tunalaras, maupun kekhususan lainnya supaya mereka dapat dididik menjadi mandiri sesuai dengan potensinya.

Di SLB, para ABK diajar berbagai keterampilan akademik maupun fungsional yang bermanfaat untuk kemandirian anak. Umumnya di SLB terdiri dari pengaraj profesional dari berbagai latar belakang pendidikan. Ada lulusan PLB atau pendidikan luar biasa sebagai guru kelas, dan juga guru-guru keterampilan dengan pendidikan yang seuai misalnya guru boga, guru pertukangan, guru kesenian, dll.

Biaya Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus
Ilustrasi SLB via dw.com

Bagi anda yang ingin menyekolahkan anak anda di SLB, namum penasaran dengan biaya yang harus dikeluarkan. Maka simak artikel ini, semoga bisa menjawab rasa penasaran anda.

Biaya Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus

Sekolah Luar Biasa terbagi menjadi dua yakni SLB yang berstatus negeri yang dikelola oleh pemerintah dan juga SLB Swasta yang dikelola oleh non pemerintah atau yayasan.

SLB Negeri

Di SLB yang berstatus negeri dikelola oleh pemerintah. Oleh karena itu biaya di sekolah negeri sebagian besar gratis dan tidak menarik biaya dari siswa karena ditanggung pemerintah. Bahkan banyak SLB negeri bahkan membelikan perlengkapan-perlengkapan sekolah seperti buku, sepatu, tas untuk siswa. Bila ada sekolah tertentu yang meminta sumbangan, hal tersebut kemungkinan untuk keperluan kegiatan tertentu diluar kegiatan pembelajaran.

Baca juga: Perbedaan PLB dan SLB

SLB Swasta

SLB swasta merupakan sekolah yang pengelolaannya dilakukan oleh organisasi, yayasan, ataupun lembaga swadaya masyarakat. Sekolah ini dibiayai oleh para siswa serta subsidi dari pemerintah. Oleh karena itu biaya pendidikan di SLB Swasta beragam mulai dari yang gratis maupun berbayar. Untuk Berapa biayanya setiap daerah tentu berbeda-beda disesuaikan dengan UMR.

Baca Juga  6 Cara Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus Di Rumah Dan Sekolah

Untuk di SLB swasta di daerah dengan UMR tinggi maka biaya sekolah juga rata-rata lebih tinggi dibanding SLB swasta di daerah dengan UMR lebih rendah. Misalnya saja penulis mengambil contoh di Yogyakarta, rentang SPP untuk bersekolah di SLB swasta di Jogja mulai dari Rp. 500.000 hingga Rp. 1.800.000. Kemudian ada juga SLB swasta yang gratis namun hanya perlu membayar biaya sekitar Rp.100.000 untuk biaya pendaftaran masuk.

Baca Juga: Perbedaan Sekolah Umum, SLB, dan Sekolah Inklusi

Demikian biaya sekolah anak berkebutuhan khusus, semoga bisa menjadi gambaran bagi anda yang ingin menyekolahkan anak anda. Bila anda ingin lebih jelas besaran biaya bisa bertanya langsung ke instansi SLB yang dekat dengan tempat tinggal anda.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Baca juga artikel lainnya mengenai dunia pendidikan anak berkebutuhan khusus di situs ini, salam pendidikan.

One thought on “Biaya Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (SLB) Di Indonesia

  1. Pingback: Tata Kota Ramah Disabilitas: 6 Fasilitas Ini Harus Tersedia

Comments are closed.