Belajar Braille #2: Membaca Kalimat dan Paragraf Dengan Mudah

By | Juni 7, 2019

Kali ini penulis membagikan artikel mengenai belajar membaca braille kalimat dan paragraf. Artikel ini ditulis setelah sebelumnya penulis pernah membagikan artikel belajar braille tingkat dasar dan belajar membaca dan menulis braille, sehingga anda dapat membaca artikel tadi sebelum membaca artikel ini.

braille huruf dan paragraf

Di artikel ini penulis tidak akan menjelaskan dari awal lagi, namun langsung pada berlatih membaca kalimat dan paragrafnya saja.

Kalimat

Kalimat merupakan gabungan antara beberapa karta sehingga memiliki arti.

Contoh kalimat dan terjemahan dalam braille (tanpa menggunakan huruf kapital dan tanda baca) :

intan belajar di kamar

dimana letak rumah ani

tolong ambilkan buku itu

toni membeli buah apel di pasar

huruf braille diciptakan oleh seorang bernama louis braille

braille kalimat

Paragraf

Paragraf merupakan rangkaian kalimat menjadi satu kesatuan yang berisikan ide pokok.

Contoh paragraf dan terjemahan dalam braille (tanpa menggunakan huruf kapital dan tanda baca) :

Pergi ke kebun binatang

Hari minggu Siti dan keluarga pergi ke kebun binatang. Siti melihat banyak hewan di sana. Ada gajah, rusa, jerapah, dan harimau. Siti ingin memberi makanan pada hewan tersebut. Tetapi petugas kebun binatang tidak mengizinkannya. Hewan memiliki jadwal makan tertentu. Makanan hewan pun tidak sembarangan. Siti ingin sekali menyentuh tubuh monyet. Namun, petugas pun melarangnya. Petugas melarang pengunjung mendekati hewan karena berbahaya. Siti patuh pada peraturan yang ada di kebun binatang.

Contoh lain:

Tunanetra

Tunanetra berasal dari kata tuna yang berarti rusak, dan netra yang berarti penglihatan. Tunanetra secara umum merupakan seseorang yang mengalami hambatan penglihatan, walaupun mengalami hambatan tetapi mereka dapat beraktifitas bahkan berprestasi dengan mengoptimalkan sisa kemampuannya. Tunantra dibagi menjadi dua antara lain low vision yang berarti dapat melihat pada jarak yang terbatas dan total yang berarti tidak bisa melihat sama sekali.

braille paragraf

Demikianlah artikel mengenai belajar braille kalimat dan paragraf. Anda juga dapat membaca mengenai salah satu penyandang tunanetra yang berprestasi pada artikel berjudul 10 disabilitas berprestasi di Indonesia .

Baca Juga  Mengenal Lebih Dalam Metode Drill: Kegiatan Latihan Berulang
Alat untuk menulis braille

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel belajar braille selanjutnya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *