9 Cara Agar Anak Tidak Bosan Di Rumah

By | Juli 18, 2022

Cara atau tips agar anak tidak bosan ini bisa diterapkan oleh orang tua supaya anak selalu antusias dalam menghadapi hidup. Antusiasme perlu dibangun sejak dini supaya anak bisa tumbuh dengan positif dan menjadi lebih percaya diri.

Bisa dibayangkan bila anak setiap hari melakukan aktivitas atau kegiatan yang sama dan diulang-ulang tentunya akan membuat anak merasa bosan. Lebih buruk lagi seringkali orang tua membiarkan anak tidur atau menonton tv seharian, bahkan tanpa kegiatan sama sekali.

agar anak tidak bosan di rumah
ilustrasi anak merasa bosan via metroparent.com

Padahal membiarkan anak tanpa aktivitas dapat berdampak buruk terhadap anak. Selain perkembangan kognitif dan motorik anak terhambat, kondisi kesehatan anak seperti berat badan yang tidak wajar bisa terjadi dikarenakan anak kurang bergerak.

Untuk itu usaha perlu dilakukan oleh orang tua dengan memberikan kegiatan-kegiatan yang bervariasi atau berbeda setiap hari. Lalu apa saja cara supaya anak tidak bosan?, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan bersama.

Agar anak tidak bosan di rumah

inilah usaha yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi anak yang merasa bosan.

bannerartikel

1. Mengajak anak berkebun

Tips pertama agar anak tidak bosan di rumah yakni mengajak anak berkebun. Berkebun sendiri merupakan aktivitas yang berkaitan dengan menanam sayuran atau buah yang bisa dimanfaatkan dikemudian hari. Pada kegiatan ini orang tua bisa mengajak anak misalnya menanam, memupuk, maupun merawat tanaman.

2. Menata atau mendekorasi ruangan

Mendekorasi ruangan juga bisa dilakukan orang tua supaya anak tidak bosan. Kegiatan ini bisa dimulai dengan mengajak anak menata kamar sesuai keinginan anak dengan menambah hiasan-hiasan tertentu supaya menjadi lebih estetik. Mendekorasi ruangan bersama anak bisa dilakukan sesuai kebutuhan misalnya sebulan sekali atau enam bulan sekali.

Baca Juga  5 Pengertian Metode Ceramah Berdasarkan Pendapat Para Ahli

3. Mengajak anak belanja

Kegiatan berbelanja dengan anak sangat bermanfaat. Dengan berbelanja, anak akan belajar mengenai penggunaan mata uang, mengingat daftar belanjaan, serta membuat anak percaya diri bersosialisasi. Disini orang tua bisa juga meminta anak pergi ke warung sendiri untuk melatihkan tanggung jawab.

4. Membuat kerajinan bersama

Mengisi hari dengan melakukan hal yang produktif sangatlah baik. Membuat kerajinan bersama antara anak dan orang tua bisa membangun kedekatan, disamping itu kemampuan anak akan berkembang misalnya saja dalam hal motorik halus. Adapun kerajinan yang bisa dibuat misalnya membuat anyaman kertas, menyulam, maupun kerajinan lainnya.

5. Mengajak anak memasak bersama

Setiap bangun tidur, orang tua bisa mengajak anak memasak untuk mencegah anak bosan. Kegiatan ini sangat bermanfaat karena bisa melatih anak menyiapkan makanan sendiri dan bisa menguasai keterampilan memasak sehingga menjadi mandiri.

6. Olahraga bersama keluarga

Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan olahraga anak membuat anak bugar dan tidak mudah terserang penyakit. Orang tua bisa mengajak anak olahraga secara rutin. Pilihan olahraga juga beragam misalnya lari, berenang, bersepeda, senam, maupun olahraga menyenangkan lainnya.

7. Pergi keluar rumah jalan-jalan atau berwisata

Aktivitas luar dan berwisata sangat efektif untuk menghalau kebosanan. Ada berbagai aktivitas luar yang bisa dilakukan seperti jalan-jalan, hiking, pergi ke taman, atau berwisata ke tempat yang indah akan menyegarkan kembali pikiran anak.

8. Bermain game bersama keluarga

Cara sederhana untuk mencegah anak bosan yakni dengan mengajak bermain game. Ada banyak game atau permainan yang bisa dimainkan oleh anak dan orang tua seperti kartu hingga game di smartphone. Namun orang tua juga perlu bijak dalam menerapkan cara ini, jangan sampai malah anak menjadi ketagihan dan tidak tahu waktu.

Baca Juga  Biasakan Anak Produktif Di Rumah Dengan 5 Kegiatan Sederhana Ini

9. Membuat jadwal aktivitas harian anak

Cara terakhir adalah membuat jadwal rutinitas aktivitas harian anak. Jadwal ini bisa dibuat orang tua kemudian ditempel di tempat yang strategis. Dengan membuat jadwal akan melatih anak disiplin dan memastikan anak beraktivitas yg positif setiap hari.

Demikianlah tips agar anak tidak bosan menjalani hidup di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Komentar