5 Cara Membaca Huruf Braille Yang Digunakan Tunanetra

By | Juni 10, 2021

Cara membaca huruf braille bisa dipelajari dengan mudah apabila anda mengetahui tahapan-tahapannya. Melalui artikel ini dibahas beberapa tahapan dalam membaca huruf braille sehingga silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Sebetulnya dalam menguasai huruf braille secara keseluruhan, seseorang tidak hanya bisa membaca namun juga harus bisa menulis dikarenakan cara membaca dan menulis huruf yang digunakan tunanetra tersebut berbeda tidak seperti huruf awas. Tetapi pada tulisan ini hanya akan difokuskan dalam membaca saja.

membaca braille
Membaca braille via www.afb.org

Baik langsung saja berikut ini tahapan dalam membaca huruf yang biasa digunakan oleh penyandang tunanetra (buta), semoga bermanfaat.

Cara membaca huruf braille

1. Mengenal apa itu huruf braille

Louis Braille
Louis Braille

Untuk bisa membaca huruf braille, hal pertama tentunya mengenal terlebih dahulu apa itu huruf braille. Jadi huruf ini ditemukai oleh Louis Braille dan digunakan tunanetra dimana berbentuk titik-titik timbul. Kita tahu bahwa tunanetra mengalami hambatan penglihatan yang berdampak tidak bisa membaca huruf awas sehingga membutuhkan huruf yang bisa diraba menggunakan jari tangan.

Pastikan terlebih dahulu kita tahu yang kita baca huruf braille. Jangan sampai nantinya kita ingin membaca huruf braille namun ternyata malah bukan.

2. Mengenal sistem aturan dalam huruf braille

Cara membaca huruf braille
Sistem baca dan tulis

Sistem dan aturan dalam huruf ini berbeda dengan huruf awas. Bila huruf awas menulis dan membaca dari sisi kiri ke kanan. Dalam huruf ini bila kita ingin membaca aturannya dari sisi kiri ke kanan, lalu ketika menulis harus di sisi sebaliknya dan ditulis dari kanan ke kiri.

Dalam huruf ini terdapat 6 titik yang didesain sedemikian rupa supaya mudah dibaca oleh penyandang tunanetra. Untuk sistem abjadnya sama dengan huruf awas yakni 26 abjad dari a hingga z, hanya saja bentuknya berbeda.

Baca Juga  10 Contoh Soal Agama Islam SLB Untuk Siswa ABK

Baca Juga: Belajar huruf braille tunanetra lengkap

3. Mencari sumber bacaan yang menggunakan huruf braille

Cara membaca huruf braille: bacaan tunanetra
buku tunanetra

Bila anda sudah mengenal sistem hurufnya maka selanjutnya bisa mencari tulisan atau buku braille. Tidak perlu langsung mencari buku yang tebal, cukup mulai dengan buku cerita anak untuk tunanetra yang tipis atau sekedar artikel sederhana yang dibuat oleh penyandang tunanetra.

4. Mulai membaca

Guru melatih siswa belajar braille
Guru melatih siswa belajar braille

Tahapan atau langkah selanjutnya adalah mulai membaca. Bacalah huruf demi huruf, kata demi kata, dan kalimat demi kalimat dengan pelan-pelan. Bila kata atau kalimat terdengar rancu, anda bisa melihat kembali panduan braille. Dengan membaca secara rutin akan dengan cepat meningkatkan kemampuan anda.

5. Lakukan evaluasi

evaluasi
Evaluasi

Langkah terakhir adalah lakukan evaluasi mengenai apa yang belum terlalu anda pahami. Umumnya seseorang akan mulai menemui kesulitan ketika dihadapkan pada huruf braille berupa angka, tanda baca, atau rumus-rumus yang rumit. Oleh karena itu penting untuk terus belajar supaya semakin paham.

Baca Juga: Alat untuk menulis braille

Demikian tahapan dalam membaca huruf braille, semoga dapat menambah wawasan anda, terima kasih.