8 Cara Menangani ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

By | Oktober 10, 2021

Memiliki anak berkebutuhan khusus atau dikenal dengan sebutan ABK tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi orangtua. Tak hanya dibutuhkan kesabaran yang tinggi dalam menghadapinya, namun juga harus memiliki dan menerapkan ilmu parenting yang tepat bagi sang anak.

Apalagi kita tahu jika ada beberapa jenis ABK yang mana cara penanganannya tentulah berbeda-beda. Meski begitu ada beberapa kesamaan dalam cara menangani anak berkebutuhan khusus, diantaranya adalah yang akan kita ulas singkat dibawah ini.

Cara menangani ABK (anak berkebutuhan khusus)

Cara Menangani ABK
ilustrasi guru mengajar ABK via unitedwaypbc.org

Anak berkebutuhan khusus memiliki perilaku yang berbeda jika dibandingkan dengan anak normal. Tak hanya perilaku, emosi, mental bahkan kondisi fisik pun juga ada yang berbeda dari kebanyakan anak normal. Namun karena berbeda dari umumnya inilah mereka membutuhkan perhatian serta rasa sayang yang lebih spesifik. Bagaimana caranya?

1. Orangtua harus memiliki pemikiran yang terbuka

Salah satu cara menangani anak berkebutuhan khusus yang paling utama yakni dengan memanage pemikiran dari sang orangtua itu sendiri. Sebagai orangtua dari anak berkebutuhan khusus, Anda harus lebih terbuka dan tunjukkan rasa bahwa Anda menerima apapun kondisi anak Anda ketika ini.

Dengan pemikiran yang terbuka inilah lantas Anda baru bisa mencari dan mendapatkan cara terbaik untuk mendidik mereka. Pada dasarnya perlu untuk dipahami jika anak berkebutuhan khusus bukanlah aib yang harus ditutupi. Mereka sama halnya dengan anak pada umumnya.

2. Awasi sedari dini

ABK memiliki perkembangan yang berbeda dengan anak pada umumnya, karena itu pengawasannyapun harus lebih ketat. Catat dengan baik setiap tahapan perkembangan anak, sehingga nanti bisa diketahui jika ada pertumbuhan fisik ataupun mental yang tidak berkembang dalam waktu yang lama. Jika tahu lebih dini, maka penanganannyapun bisa lebih cepat.

Baca Juga  Contoh Media Ajar Tematik Bagi Siswa Tunanetra SLB A

3. Berikan perhatian, motivasi dan bimbingan

Sama halnya anak normal lainnya, anak berkebutuhan khusus juga butuh perhatian, motivasi dan bimbingan. Malahan porsinya haruslah lebih besar dari umumnya. Perhatian yang lebih intens akan membantu anak untuk bisa berkembang lebih baik. Memang ini semua butuh kesabaran, namun percayalah ini juga agar perkembangan anak Anda bisa lebih maksimal.

4. Tingkatkan kedekatan emosional dengan anak

Cara menangani anak berkebutuhan khusus selanjutnya yakni dengan tingkatkan kedekatan. Dengan terjalinnya kedekatan maka anak akan cenderung lebih merasa aman dan terbuka dengan Anda.

Baca Juga: Gejala sindrom asperger dan pengobatannya

5. Tanamkan kemandirian sejak dini

Ini adalah hal yang penting. Lakukan penanaman kemandirian ini sedini mungkin agar mereka bisa bertahan di lingkungannyan. Ajarkan mereka keterampilan dasar seperti makan, mandi, memasak, berangkat sekolah dan lain sebagainya.

6. Ajari mereka untuk mengeksplor kemampuannya

Memiliki anak berkebutuhan khusus jelas akan sangat menguras energi Anda. Namun tetap saja sebagai orangtua Anda harus mengarahkan kemampuan yang dimilikinya. Luangkanlah waktu untuk mengajaknya membuat keterampilan atau rekreasi untuk bisa melihat potensi yang dimilikinya. Setelah Anda mengetahui potensi apa yang dimilikinya, langkah selanjutnya yakni memupuk dan mengarahkan potensi tersebut.

7. Ikuti saran dari para ahli dan pilih sekolah yang tepat

Anak berkebutuhan khusus sangat rentan dengan bulliying ketika disekolah. Namun bukan berarti mereka tidak bisa bersekolah. Jadi pastikan untuk memasukkan mereka ke sekolah yang tepat. Untuk menentukan sekolah atau metode pendidikan yang tepat untuk anak Anda, Anda bisa mengikuti saran dari mereka yang ahli. Apakah itu seorang guru, ahli psikologi, terapis atau lainnya.

8. Ikuti terapi tumbuh kembang

Cara menangani ABK (anak berkebutuhan khusus) terakhir yakni dengan rutin mengikuti terapi. Saat ini sudah banyak terapi yang ditujukan untuk anak berkebutuhan khusus. Ikutkanlah anak Anda untuk mengikuti terapi tersebut secara rutin. Mengikutkan mereka pada terapi-terapi ini dimaksudkan untuk membantu mereka untuk meningkatkan kemandirian serta keterampilan agar bisa hidup seperti anak-anak pada umumnya.

Baca Juga  5 Fakta Tentang Tunalaras Yang Perlu Untuk Anda Ketahui

Itulah 8 cara menangani ABK (anak berkebutuhan khusus) yang bisa Anda lakukan. Selain beberapa hal diatas, hal yang paling penting dilakukan oleh orangtua yakni selalu terbuka, bersabar dan berusaha yang terbaik demi tumbuh kembang anak. Ingat, anak berkebutuhan khusus itu bukan aib, mereka adalah anak-anak “surga”.