8 Cara Mengajari Anak Autis Membaca Lancar

By | Oktober 3, 2021

Anak autis memiliki ciri khusus yakni sulit untuk berkomunikasi, bersosialisasi serta gangguan pada perilakunya. Nah, karena itulah mengajari mereka untuk bisa membaca adalah salah satu tantangan tersendiri bagi para pendidik, orangtua khususnya. Dalam proses ini, tentunya Anda sebagai pengajar haruslah memiliki trik khusus. Jadi tidak bisa asal-asalan bahkan menyamakan cara mengajar anak autis membaca dengan anak pada umumnya.

Cara Mengajar Anak Autis Membaca Sampai Lancar

Cara Mengajari Anak Autis Membaca
ilustrasi anak autis via braintreatmentdallas.com

Bukan hal yang tak mungkin untuk mengajari anak autis terampil membaca. Namun tentunya selain tips dan trik seperti yang akan kita ulas dibawah ini, Anda juga membutuhkan kesabaran dan energi kesabaran yang ekstra. Lantas bagaimana cara mengajar anak autis membaca?

1. Berikan tata bahasa yang sederhana

Pilihlah kalimat yang sederhana agar mereka lebih mudah memahami. Memberikan kalimat yang terlalu panjang membuat mereka kesulitan untuk menerima informasi yang akan disampaikan. Pilihlah kalimat sederhana yang terdiri dari 2 kata, jika sudah lancar barulah kembangkan ketingkat selanjutnya. Lakukan perlahan dan terus ulangi.

2. Gunakan mainan sebagai media belajar

Biasanya anak autis memiliki mainan favoritnya. Gunakanlah ini sebagai media belajarnya. Misalnya saja dengan memberikan setiap mainannya nama lantas menjelaskannya. Dengan permainan ini kegiatan belajar tak hanya menjadi lebih menyenangkan namun juga bisa berlanjut dengan lebih terarah.

3. Kenali bakat anak

Pengamatan terhadap bakat ini juga salah satu cara mengajar anak autis membaca. Setelah menemukan bakat mereka, nanti Anda akan mampu menemukan metode yang tepat untuk mereka belajar.

Baca Juga: Anak terlambat bicara bukan berarti autis

Perlu diketahui, komunikasi anak autis itu cenderung lambat, namun bukan berarti jika kemampuan belajarnya rendah, malah terkadang kemampuan belajarnya bisa lebih tinggi dari anak pada umumnya.

Baca Juga  Terapi Perilaku (Behavior Therapy) Bagi Anak Tunalaras

4. Berikan ruang gerak yang luas

Anak autis cenderung aktif dan membutuhkan ruang untuk pergerakan mereka. Jadi usahakan untuk membawa mereka belajar di ruang terbuka agar ruang geraknya tidak terbatasi.
Namun perhatikan, ketika bermain dan belajar bersama anak autis, hindari memberikan perintah bernada tinggi atau berteriak. Ini hanya akan memicu konflik.

5. Berulang dan berurut

Apapun itu materinya, selalu ulangi setiap hari dan buatlah urutan. Anak autis akan lebih cepat mengingatnya dan memahami hal ini. Misalnya ketika belajar huruf, maka bacakanlah secara urut dan rutin.

6. Manfaatkan teknik multisensorik

Ini adalah cara mengajar anak autis membaca dengan menggabungkan antara membaca dengan melihat, menyentuh dan mendengarkan. Misalnya anak sedang belajar satu kata, akan lebih menyenangkan jika anak tak hanya mendengarkan saja, namun juga bisa menyentuh hurufnya dan melihat warna-warna dari huruf atau kata tersebut.

7. Berikan materi visual

Banyak materi visual yang bisa digunakan baik itu video bergerak, buku gambar atau materi di papan tulis. Manfaatkanlah dengan baik dan berikan mereka waktu untuk memahami materi tersebut.

8. Berdiskusi

Mengajak anak autis untuk berdiskusi bukanlah hal yang dilarang. Malahan ini dianjurkan. Dengan mengajak mereka berdiskusi maka secara perlahan mereka akan belajar berkomunikasi. Dan tentunya lambat laun ini akan menunjang kemampuan membaca mereka.

Itulah 8 cara mengajar anak autis membaca, selain beberapa hal diatas, jangan lupa untuk selalu memberikan pujian ketika mereka telah berhasil melewati satu tahapan. Dengan ini mereka akan merasa lebih dihargai dan tentunya lebih terbuka dan percaya terhadap Anda.

Jika mereka sudah mulai percaya dan terbuka, maka pembelajaran selanjutnya akan jauh lebih mudah.