4 Cara Menjaga Kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus

By | November 30, 2021

Kesehatan merupakan salah satu aset yang sangat berharga bagi semua orang begitupun dengan anak berkebutuhan khusus. Anak yang memiliki kebutuhan khusus juga harus selalu menjaga kebugaran jasmani. Terdapat beberapa cara menjaga kebugaran jasmani anak berkebutuhan khusus yang wajib Anda ketahui untuk dijadikan referensi.

Beberapa Cara Menjaga Kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus

Cara Menjaga Kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus
ilustrasi anak sedang olahraga via unicef.org

Anda perlu mengetahui bahwa banyak resiko yang dapat terjadi seperti penyakit metabolik seperti obesitas, hipertensi dan penyakit jantung. Maka dari itu sebagai orangtua harus selalu memiliki wawasan yang luas untuk mengetahui beberapa cara menjaga kebugaran jasmani anak berkebutuhan khusus seperti berikut ini.

1. Berikan Contoh yang Baik

Sebagai keluarga atau orangtua alangkah baiknya Anda memberikan contoh kebiasaan yang baik untuk anak berkebutuhan khusus. Seprti yang kita tau, anak berkebutuhan khusus sangat membutuhkan perhatian lebh dari orangtuanya, sehingga apapun yang Anda lakukan dapat ditiru oleh sang anak.

Kebiasaan yang dapat Anda contohkan antara lain yaitu bersikap sopan dengan orang yang lebih tua, mengucapkan salam, terimakasih dan maaf kepada orang lain. Biasakan anakn untuk tidak menonton TV dan bermain gadget secara berlebihan. Ikuti cara menjaga kebugaran jasmani anak berkebutuhan khusus supaya anak tetap sehat dan bugar dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

2. Atur Pola Makan Anak Berkebutuhan Khusus

Setap anak yang memiliki kebutuhan khusus tentunya memiliki pola makan yang berbeda-beda. Anda sebagai keluarga atau orangtua yang mengasuhnya tentu saja harus memiliki wawasan yang luas mengenai pola makan setiapanak berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus biasanya makan dengan bentuan orang lain, sehingga orangtua harus selalu mengawasinya.

Makanan yang dikonsumsi oleh anak berkebutuhan khusus tersebut biasanya harus memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak yang cukup. Anda juga perlu membatasi anak untuk jajan karena dapat menimbulkan gangguan-gangguan lain yang berakibat pada tubuhnya. Cukupkan pula kebutuhan serat dan vitamin seperti buah dan sayur.

Baca Juga  7 Program Pembelajaran Pengembangan Bina Diri Bagi Tunagrahita

Baca Juga: Cara menangani anak berkebutuhan khusus

3. Anda Perlu Melakukan Beberapa Aktifitas Fisik Dengan Anak

Kebersamaan keluarga atau orangtua dengan anak menjadi suatu waktu yang dapat mempererat hubungan emosional bagi seorang anak. Anak berkebutuhan khusus juga memerlukan aktivitas fisisk bersama agar tingkat emosionalnya dapat dikendalikan dengan mudah. Emosi anak berkebutuhan khusus terkadang tidak stabil karena kekurangannya.

Aktifitas fisik yang dapat dilakukan bersama dengan anak antara lain yaitu bermain bersama, mengobrol bersama, berolahraga bersama hingga beribadah bersama. Terdapat beberapa jenis olahraga yang boleh dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus agar dapat menjaga kebugaran jasmaninya.

Anda dapat mengajak anak berkebutuhan khusus melakukan beberapa olahraga tubuh yang ringan dilakukan misalnya adalah jogging ringan, sit up, push up ringan. Namun tidak semua anak berkebutuhan khusus dapat melakukan olahraga tersebut. Anda harus pAndai dalam memilih dan mengatur jenis dan waktu olahraga bagi anak yang berkebutuhan khusus.

4. Atur Pola Tidur Anak

Pola tidur anak sangatlah penting diatur oleh keluarga atau orangtua yang mengasuhnya. Tidur atau istirahat yang cukup dapat membantu memulihkan stamina anak setelah seharian melakukan kegiatan baik disekolah maupun bermain diluar rumah. Tidur atau istirahat total yang dilakukan dapat menambah energy baru bagi anak untuk melakukan aktifitas lain keesokan harinya.

Demikian merupakan beberapa informasi menjaga kebugaran pada ABK yang dapat Anda jadikan referensi untuk menambah wawasan. Untuk mengatur cara menjaga kebugaran jasmani anak berkebutuhan khusus harus selalu disesuaikan dengan kondisi fisik dan mental anak.

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!