5 Tips Cepat Belajar Bahasa Isyarat Penyandang Tunarungu

By | Mei 31, 2020

Bahasa isyarat merupakan cara komunikasi yang biasa digunakan oleh penyandang tunarungu untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Bahasa isyarat menggunakan gerakan tangan dan jari sebagai ciri khasnya.

Tunarungu sendiri merupakan seseorang yang mengalami hambatan pengengaran yang disebabkan oleh rusaknya organ indera pendengaran sehingga berdampak pada kesulitan dalam berkomunikasi secara auditori. Oleh karena itu bahasa isyarat sangat penting agar mereka mengerti dan menangkap pembicaraan.

cepat belajar bahasa isyarat
cepat belajar bahasa isyarat via northcarolinahealthnews.org

Bila anda tertarik untuk belajar bahasa isyarat, berikut ini tips agar anda bisa menguasai bahasa yang digunakan tunarungu.

Tips cepat belajar bahasa isyarat tunarungu:

1. Menemukan tujuan anda kenapa belajar bahasa isyarat

Langkah pertama yang perlu kita lakukan agar cepat menguasai bahasa isyarat adalah menemukan tujuan atau goal. Mengapa demikian, karena dengan memiliki tujuan akan jelas dasar kita untuk belajar sehingga termotivasi yang akhirnya berdampak pada semakin cepat kita dalam menguasai bahasa isyarat. Bila kita tidak paham tujuan kita maka akan membuat kita cenderung tidak maksimal dalam mempelajari hal tertentu.

2. Temukan sumber belajar yang terpercaya

Langkah kedua untuk menguasai bahasa isyarat adalah menemukan sumber belajar yang terpercaya. Di era internet saat ini kita sudah mudah menemukan informasi belajar bahasa isyarat di youtube misalnya.

Yang penting adalah channel tersebut memang terpercaya yang bisa dilihat dari subscribe dan ulasan baiknya. Selain itu kita juga bisa langsung belajar dari orang yang sudah mahir berbahasa isyarat ataupun belajar dari penyandang tunarungu langsung.

3. Belajar dengan teman atau temukan komunitas

Agar cepat menguasai bahasa isyarat, kita bisa belajar bersama teman bahkan bersama komunitas bahasa isyarat. Dengan adanya patner belajar kita bisa mencoba mempraktekkan dan langsung berkomunikasi dengan orang lain. Untuk informasi komunitas belajar bahasa isyarat bisa dicari di internet.

Baca Juga  5 Penyandang Tunanetra Berprestasi dan Menginspirasi di Indonesia

4. Temukan gaya belajar yang menyenangkan menurut versimu

Lakukan hal kecil yang membuat suasana hatimu bagus dalam belajar, misalnya saja belajar sambil mendengarkan musik, belajar sambil makan sesuatu, belajar sambil menonton video atau apapun. Suasana hati yang baik akan membuat apa yang kita pelajari lebih mudah tertanam dalam otak.

5. Ulangi dan ulangi lagi

Langkah terakhir agar menguasai bahasa isyarat adalah ulangi dan ulangi. Dengan begitu apa yang kita pelajari akan semakin tertanam dalam ingatan sehingga kita tidak lupa dengan apa yang sudah dipelajari. Kemudian kembangkan kemampuanmu dengan bahasa isyarat yang lebih rumit.

Demikian tadi cara cepat belajar bahasa isyarat, bila sudah menerapkan beberapa cara tersebut jangan lupa untuk berdoa agar diberikan kemudahan dalam mempelajarinya. Selamat belajar, jangan lupa membagikan artikel ini untuk menjangkau pembaca yang lebih luas, terima kasih. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *