5 Tips Cepat Belajar Braille: Huruf Yang Biasa Digunakan Tunanetra

By | Mei 29, 2020

Tips cepat belajar braille ini disusun bagi anda yang ingin menguasai huruf braille yang biasa digunakan oleh penyandang tunanetra. Braille merupakan huruf timbul dimana dapat dibaca dengan perabaan. Lalu bagaimana cara cepat untuk belajar braille? Berikut ini adalah tipsnya untuk anda.

cara cepat belajar braille
ilustrasi siswa belajar braille via rnib.org.uk

Tips Cepat Belajar Braille

1. Optimis bahwa belajar braille tidak sesulit yang dibayangkan

Ketika kita ingin belajar huruf braille yang pertama kali adalah menanamkan pengertian kepada diri sendiri bahwa belajar braille itu tidak sulit. Seringkali kita merasa sulit melakukan sesuatu hanya karena kita belum mencoba melakukannya. Optimisme memberikan dorongan pada kita supaya giat dalam belajar sehingga dapat menguasai dengan cepat.

2. Cari teman atau komunitas untuk belajar

Langkah yang kedua untuk bisa cepat belajar braille adalah mencari teman bersama untuk belajar. Belajar braille bisa sendiri namun akan lebih menyenangkan bila ada teman atau komunitas dimana kita bisa saling membantu membetulkan bila kita kurang teliti, kemudian bisa saling memberikan kuis seputar huruf braille sehingga penguasaan akan semakin tertanam di otak.

3. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Menciptakan suasana belajar penting dilakukan agar cepat menguasai belajar braille. Kita mengetahui bahwa setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, ada yang belajar sambil medengarkan musik, ada yang sambil makan cemilan, ada yang harus berada di tempat yang sunyi, atau lainnya. Lakukan hal tersebut jika bisa membuat suasana hati anda senang. Suasana hati yang baik akan semakin kita bisa menguasai pembelajaran.

4. Membeli perlengkapan untuk belajar braille

Tips yang keempat belajar braille adalah dengan membeli perlengkaan untuk menulis braille. Belajar braille tidak hanya sekedar mengetahui huruf, kita juga harus tahu untuk menuliskannya. Oleh sebab itu perlengkapan untuk menulis disini penting. Dengan perlengkapan menulis braille seperti riglet dan styllus kita bisa mencoba praktek menulis huruf atau kata bahkan kalimat, lalu kita baca apakah sudah benar atau ada huruf yang terlewat.

Baca Juga  5 Toko Yang Menjual Alat Bantu Dengar Di Jogja (DIY)

5. Lakukan Drill atau praktek latihan yang diulang-ulang

Cara belajar braille yang terakhir adalah melakukan latihan berulang. Kita sering mendengar istilah “practice make perfect”, ya hal tersebut memang benar adanya. Langkah ini sangat efektif untuk semakin cepat menguasai hal tertentu. Lakukan drill (latihan berulang), semakin sering anda mencoba dan diulang-ulang maka akan semakin cepat menguasai keterampilan tertentu. Jangan lupa pula untuk mengembangkan ke arah penggunaan tanda baca bahkan pada simbol-simbol braille matematika.

Demikianlah tips cara cepat belajar braille semoga bermanfaat bagi anda yang ingin menguasai huruf ini, jangan lupa untuk membagikan artikel ini untuk menjangkau lebih banyak pembaca. Anda juga bisa membaca artikel-artikel lainnya tentang anak berkebutuhan khusus dan pendidikan luar biasa di situs ini, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *