20 Contoh Lomba Melatih Motorik Kasar dan Halus

By | Juli 19, 2022

Contoh lomba melatih motorik kasar dan motorik halus ini bisa diterapkan untuk mengembangkan kemampuan gerak anak dengan cara yang menyenangkan. Pilihan aktivitas dibawah ini bisa diterapkan baik di rumah maupun di sekolah.

Sebelum masuk pada jenis lombanya, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu motorik kasar dan motorik halus. Jadi motorik kasar merupakan aktivitas yang melibatkan otot-otot besar seperti otot lengan, kaki atau seluruh tubuh.

Contoh Lomba Melatih Motorik
Anak sedang menulis via empoweredparents.co

Sedangkan motorik halus merupakan kegiatan yang melibatkan otot-otot kecil diantaranya seperti otot tangan, pergelangan tangan, maupun jari dalam aktivitas menggenggam, meremas, dll.

Pengembangan keterampilan motorik perlu dilatihkan sejak dini karena menjadi bekal dalam kemandirian maupun sebagai dasar menguasai keterampilan tertentu.

Lalu apasih lomba yang bisa diterapkan untuk melatih motorik pada anak? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk anda. Disini penulis membagi dalam dua yakni pada motorik kasar dan motorik halus.

Lomba Melatih Motorik Kasar

contoh lomba untuk melatih motorik kasar
contoh lomba untuk melatih motorik kasar

Kegiatan perlombaan untuk melatih motorik kasar diantaranya:

1. Lari

Lomba melatih motorik kasar yang pertama yakni lari. Dalam kegiatan lari akan mengembangkan otot-otot kaki. Dalam lomba ini bisa dipilih mau jarak dekat ataupun jarak jauh.

2. Berenang

Berenang merupakan olahraga yang sangat bermanfaat karena bisa melatih berbagai hal misalnya pernafasan, gerak koordinasi tangan dan kaki, hingga ketahanan tubuh.

3. Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga yang populer dan menyenangkan. Permainan ini dilakukan berkelompok atau tim. Sepak bola juga sering diperlombakan dalam kegiatan sekolah untuk mengembangkan motorik kasar anak.

bannerartikel

4. Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi alternatif lomba untuk melatih motorik anak. Namun perlu diperhatikan adalah rute atau lokasi harus dipastikan seaman mungkin.

5. Badminton

Badminton merupakan olahraga yang sangat terkenal di Indonesia. Olahrahga ini bisa dilombakan di sekolah dengan menggunakan lapangan yang tidak terlalu besar. Pada olahraga ini bisa melatih otot kaki maupun tangan.

Baca Juga  5 Cara Kuliah Dengan Biaya Murah: Ini Usaha Yang Bisa Dilakukan

6. Gobak Sodor

Permainan tradisional gobak sodor merupakan salah satu permainan populer yang bisa dipilih untuk melatih motorik kasar. Permainan ini bisa dilakukan di sekolah maupun tk dengan membagi anak kedalam beberapa tim.

7. Kasti

Lomba selanjutnya untuk melatih motorik kasar yaitu kasti. Permainan ini populer dilakukan disekolah dengan membagi siswa dalam beberapa tim dan memainkannya dengan pemukul dan bola.

8. Basket

Basket adalah olahraga dimana melatih keterampilan memantulkan bola dan memasukkan bola dalam keranjang lawan. Olahraga ini menjadi pilihan untuk dilombakan antar sekolah maupun antar kelas.

9. Tari atau dance

Tari atau dance adalah seni gerak indah sesuai nada musik yang mengiringi. Dalam aktivitas ini akan melatih seseorang dalam koordinasi motorik tangan, kaki, dan anggota tubuh lainnya. Kegiatan ini sangat bermanfaat pada anak dan dapat dilombakan.

10. Engklek

Engklek merupakan permainan tradisional yang kaya akan manfaat karena mengharuskan para pemain bergerak dan menjaga keseimbangan. Permainan ini juga bisa dilombakan dalam sekolah.

Lomba Melatih Motorik Halus

Contoh lomba untuk melatih motorik halus diantaranya:

Contoh Lomba Melatih Motorik
Mewarnai untuk melatih motorik halus

11. Mewarnai

Mewarnai bisa dijadikan lomba untuk melatih motorik halus pada anak. Kegiatan ini sangat menyenangkan karena anak bisa berekspresi menggunakan warna-warna yang beragam. Disini guru bisa memfasilitasi dengan menyediakan sketsa yang akan diwarnai.

12. Menggambar

Menggambar berbeda dengan mewarnai. Apabila mewarnai sudah ada sketsa gambar, maka pada menggambar, seseorang memulai dari nol atau kertas kosong. Kegiatan ini bisa dijadikan lomba pada anak yang sudah cukup besar.

13. Menulis cerita, puisi, atau pantun

Menulis adalah salah satu aktivitas untuk melatih motorik halus. Kegiatan ini bisa dilombakan misalnya dengan menulis cerita pendek, puisi atau pantun yang nantinya dinilai oleh guru bahasa.

Baca Juga  Kajian Teori: 9 Pengertian Metode Role Playing Menurut Ahli
Kalender interaktif

14. Membuat origami

Lomba untuk melatih motorik halus lainnya yakni membuat origami. Origami adalah seni melipat kertas dari jepang yang sangat menyenangkan. Kegiatan ini bisa dilombakan dengan kriteria pemenang yakni siapa yang bisa membuat paling rumit dan bentuknya bagus.

15. Menjahit

Menjahita bisa menjadi pilihan untuk lomba melatih motorik. Kegiatan ini bisa ditujukan pada seseorang yang sudah mulai dewasa misalnya usia SMP atau SMA.

16. Menganyam

Menganyam bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilombakan. Bahan yang dipakai bisa menggunakan kertas ataupun bahan dari alam. Keterampilan jari jemari sangat penting dalam kegiatan ini.

17. Membatik

Membatik sangat baik untuk melatih kemampuan anak dalam motorik halus. Selain itu kegiatan ini juga untuk mengenalkan tentang pentingnya menjaga warisan budaya.

18. Meronce

Meronce adalah aktivitas menyusun bisa manik-manik, atau biji-bijian menjadi gelang atau kalung. Kegiatan ini umumnya digunakan untuk melatih motorik anak kecil atau usia dini.

19. Menyusun balok atau lego

Lomba menyusun balok atau lego bisa dilakukan untuk melatih siswa usia dini. Anak bisa diminta menyusun balok dimana yang paling tinggi bisa menjadi pemenang.

20. Memasak

Memasak bisa dilombakan dalam suatu sekolah di jenjang kelas tertentu. Nantinya pemenang ditentukan oleh juri yang bisa diisi oleh guru. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih motorik dalam hal mengiris, mengupas, mengaduk, dll.

Demikianlah contoh lomba untuk melatih motorik. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Komentar