Merdeka Belajar: Contoh RPP K13 SLB 1 Lembar

By | Desember 15, 2019

Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melakukan gebrakan baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Belum lama ini beliau menyederhanakan format Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sebelumnya berlembar-lembar bisa menjadi satu lembar saja.

Sebelumnya RPP sendiri pada formatnya terdiri dari 13 komponen, sehingga tidak mengagetkan bila RPP cenderung tebal, namun komponen yang panjang tersebut disederhanakan menjadi 3 saja yang memuat tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.

rpp 1 lembar
Ilustrasi dokumen via crunchflow.com

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebelumnya tebalnya RPP cenderung menyita waktu guru, sehingga diharapkan dengan format RPP yang disederhanakan guru lebih fokus pada pembelajaran di kelas dan merefleksi diri.

Lalu seperti apa contoh RPP 1 lembar? langsung saja simak dibawah ini. Disini penulis membuat contoh RPP yang diterapkan di Sekolah Luar Biasa (SLB), tetapi bisa disesuaikan sesuai kreativitas guru.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SLB Karya Mulia

Kelas / Semester         : V C (Tunagrahita) / I

Tema                           : Aku dan Sekolahku, Subtema: Temanku

Pembelajaran Ke       : 1

Alokasi Waktu            : 3 X Pertemuan

Fokus                            : Bahasa Indonesia, PJOK, SBDP, Matematika, PPKN

A. Tujuan Pembelajaran:

  1. Dengan disajikan gambar, siswa mampu mengidentifikasi berbagai kegiatan di halaman sekolah dengan teliti.
  2. Dengan membaca wacana siswa mampu memberi contoh perilaku di sekolah yang yang menggambarkan toleransi dengan teliti.
  3. Dengan mengamati gambar berbagai pecahan mata uang, siswa mampu menyebutkan berbagai nilai pecahan mata uang dengan teliti.
  4. Dengan mengikuti gerakan manipulatif menirukan gerakan kelinci siswa mampu memperagakan gerak kelininci sambil bermaian dengan percaya diri.

B. Proses pembelajaran

Persiapan

  1. Guru bersama siswa berdoa untuk mengawali kegiatan belajar mengajar
  2. Guru melakukan apersepsi kepada siswa agar siap untuk belajar

Kegiatan Inti

  1. Siswa mengamati gambar Tentang kegiatan siswa beraktifitas di halaman sekolah, kemudian menganalisis dengan menyebutkan apa saja kegiatan dihalaman sekolah, mengidentifikasi kegiatan dalam gambar. (mengamati)
  2. Guru mengarahkan siswa mengumpulkan informasi tentang tata tertib yang berlaku dirumahnya dengan menayakan teman sebangkunya. (menanya dan mengumpulkan informasi)
  3. Guru mempersiapkan model uang kertas bernilai Rp1.000,-, Rp2.000,-, Rp5.000,-, Rp10.000,-, dan Rp20.000,-. Selanjutnya siswa ditugaskan menuliskan nilai uang pada gambar yang ada dalam buku siswa kelas V tema 1 (mencoba)
  4. Setelah melakukan gerak manipulatif guru mengajak siswa bernyanyi lagu yang berjudul “kelinciku” sambil bernyanyi guru melatih siswa ketukan birama yang tepat. (mencoba)
Baca Juga  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) K13 Tunagrahita Di SLB

Penutup

  1. Guru menutup pembelajaran dengan menanyakan kepada siswa apasaja yang sudah dipelajari dalam satu hari. (mengkomunikasikan)
  2. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru mengenai materi yang telah disampaikan.
  3. Guru bersama siswa menutup pembelajaran dengan berdoa bersama

C. Penilaian

1. Penilaian Sikap

Perubahan tingkah laku: tingkat kepercayaan diri dan teliti

2. Penilaian Pengetahuan

Instrumen: tes tertulis

3. Penilaian keterampilan

Instrumen Observasi: kemampuan berpendapat

Mengetahui
Kepala Sekolah      


Sutarinar T, S. Pd, M.Pd.
NIP
Bantul,
Guru Kelas      


Mulyajik Y, S. Pd
NIP
RPP SLB 1 Lembar

Demikian contoh RPP K13 SLB 1 lembar, semoga dengan kebijakan merdeka belajar yang digagas oleh Menteri Pendidikan dapat membuat Pendidikan di Indonesia semakin maju. Anda juga bisa membaca artikel lainnya tentang RPP SLB di sini. Terima kasih

One thought on “Merdeka Belajar: Contoh RPP K13 SLB 1 Lembar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *