Down Syndrome Bisa Sembuh? Inilah Ulasannya Untuk Anda

By | Maret 24, 2021

Down Syndrome Bisa Sembuh? Pertanyaan ini mungkin seringkali muncul di benak para orang tua yang memiliki anak dengan kondisi tersebut. Hal demikian wajar dikarenakan setiap orang tua menginginkan anaknya lahir dan tumbuh dengan baik-baik saja seperti anak pada umunya.

Nah melalui artikel ini akan dibahas mengenai Down Syndrome, siapa mereka, akan seperti apa mereka, apakah mereka bisa sembuh, dan cara mengembangkan supaya tumbuh optimal. Oleh karena itu silahkan baca artikel ini sampai selesai.

mengenal down syndrome
Mengenal down syndrome via factdr.com

Mengenal Down Syndrome

Down Syndrome (sindrom down) merupakan suatu kondisi kelainan genetik trisomi (tambahan kromosom) ke 21 yang berdampak pada kondisi fisik yang khas dan kemampuan intelektual dibawah rata-rata (tunagrahita). Namun demikian dengan layanan pendidikan khusus sejak dini, mereka dapat tumbuh dengan optimal sesuai dengan potensinya.

Ciri-ciri Down Syndrome

Berikut ini adalah ciri-ciri yang bisa dikenali dari mereka baik secara fisik maupun mental:

ciri-ciri down syndrome
Ciri-ciri down syndrome via camphill.org.za

1. Kondisi kepala yang cenderung lebih kecil
2. Hidung bagian atas rata
3. Panjang jari-jari tangan lebih pendek
4. Tinggi badang cenderung lebih pendek
5. Memiliki satu lipatan pada telapak tangan
6. Kemampuan intelegensi dibawah rata-rata anak pada umumnya

Apakah Down Syndrome Bisa Sembuh?

Lalu apakah down syndrome bisa sembuh? sayangnya adalah tidak karena down syndrome merupakan sebuah kondisi kelainan genetik yang mana kelainan tersebut bersifat menetap. Namun hal tersebut bukan akhir dari segalanya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan layanan dan pendidikan khusus di SLB sejak dini, anak tersebut bisa tumbuh dengan baik sesuai potensinya.

Atlet down syndrome
Atlet down syndrome via dsiso.org

Di SLB anak down syndrome dididik supaya anak bisa mandiri seperti kemampuan merawat diri, menolong diri, kemudian ketika sudah kelas besar mereka dilatih keterampilan vokasional yang sesuai bakat minat. Tidak jarang mereka juga bisa berprestasi dalam kejuaraan-kejuaraan yang diselenggarakan antar sekolah baik ditingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional.

Baca Juga  4 Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penyandang Autis

Cara Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Mereka

Berikut ini cara mengembangkan anak down syndrome supaya tumbuh dan berkembang secara optimal. Cara ini biasanya digunakan di sekolah khusus (SLB) yang mana bisa diadaptasi atau diterapkan oleh orang tua dalam mendidik anak di rumah.

guru melatih anak down syndrome
Ilustrasi guru melatih anak down syndrome via choices.me.uk

1. Tanamkan perilaku baik dengan contoh langsung
2. Pembiasaan mengenai hal positif sangat penting bagi mereka dan lakukan secara konsisten
3. Mereka dilatih bukan pada akademik murni, tetapi akademik fungsional dan kemampuan berkait kemandirian.
4. Ketika melatih keterampilan tertentu gunakan task analysis (analisis tugas) dengan membagi-bagi dalam beberapa tahapan kecil.
5. Mereka akan lebih mudah memahami dengan media yang berifat kongkret (nyata) atau praktek langsung sehingga sebaiknya hindari penggunaan hal yang abstrak dalam melatihkan sesuatu.

Demikianlah artikel apakah down syndrome bisa sembuh. Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi bagi anda. Silahkan bagikan artikel ini supaya bisa menjangkau lebih banyak orang yang membutuhkan artikel ini. Terima Kasih.

2 thoughts on “Down Syndrome Bisa Sembuh? Inilah Ulasannya Untuk Anda

  1. Pingback: 5 Cara Melatih Anak Berkebutuhan Khusus Berpuasa Seharian

  2. Pingback: 5 Rekomendasi Olahraga untuk Anak Down Syndrome

Comments are closed.