5 Fakta Tentang Tunanetra Yang Perlu Anda Ketahui

By | Juni 28, 2021

Fakta tentang tunanetra ini mungkin bisa membuka pandangan anda terhadap mereka. Pandangan yang salah terhadap mereka bisa terjadi karena seseorang hanya berfokus pada keadaan atau masalah yang dihadapi. Padahal dengan layanan pendidikan yang sesuai sejak dini mereka dapat dikembangkan secara optimal.

Bagi yang belum mengetahui tunanetra, jadi tunanetra adalah seseorang yang mengalami kondisi masalah pada indera penglihatan. Orang awam mungkin mengenal dengan orang buta. Dengan intervensi dan layanan pendidikan sejak dini mereka dapat dikembangkan. Umumnya seorang anak tunanetra bersekolah di SLB atau sekolah luar biasa.

fakta tentang tunanetra
Seorang Tunanetra

Lalu apa saja sih fakta tentang tunanetra yang mungkin belum banyak diketahui orang. Berikut ini ulasannya untuk anda.

Fakta Tentang Tunanetra

1. Tunanetra terbagi dua low vision dan total

Bagi anda yang belum tahu, jadi tunanetra terbagi menjadi dua yakni low vision yakni seseorang yang masih memiliki sedikit sisa penglihatan sehingga dibantu dengan alat bantu melihat dan tunanetra total yakni seseorang yang sudah tidak memiliki sisa penglihatan sama sekali.

Baca Juga: Apakah tunanetra bisa sembuh? simak artikel ini

2. Mereka dapat dikembangkan keterampilan tertentu

Di tingkat SMALB tunanetra banyak dilatih berbagai keterampilan seperti bernyanyi, memainkan alat musik seperti gitar ataupun piano, keterampilan memijat, keterampilan Bahasa, olahraga, hingga keterampilan-keterampilan lainnya.

3. Mereka bisa masuk ke perguruan tinggi

Tunanetra tidak mengalami hambatan pada kemampuan kognitif. Mereka bisa berfikir seperti orang pada umumnya, sehingga mereka bisa diarahkan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Berdasarkan pengalaman penulis sendiri dahulu ketika belajar di perguruan tinggi, penulis memiliki empat teman yang mengalami tunanetra.

4. Mereka bisa bekerja menjadi PNS

Saat ini seleksi CPNS sudah berkembang sangat baik. Dalam pelaksanaan seleksi CPNS sudah tersedia jalur disabilitas yang bisa dipilih oleh penyandang berkebutuhan khusus. Beberapa teman penulis semasa kuliah yang mengalami tunanetra juga telah menjadi PNS.

Baca Juga  11 PTN Yang Membuka Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) di Indonesia

5. Tunanetra total menggunakan tulisan braille

Dengan keterbatasan penglihatan pada tunanetra total berdampak tidak bisa menggunakan tulisan awas. Oleh karena itu mereka sejak masih di bangku SLB sudah dikenalkan dengan tulisan braille. Tulisan braille sendiri berbentuk titik-titik timbul sehingga bisa baca dengan diraba menggunakan jari tangan.

Baca Juga: Cara menuntun tunanetra

Demikianlah tadi fakta-fakta tentang tunanetra yang perlu anda tahu. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan anda, terima kasih.