5 Game Literasi Terbaik Untuk Anak Yang Bisa Dilakukan Di Rumah

By | Mei 22, 2021

Beberapa game literasi terbaik untuk anak berikut ini bisa diterapkan sejak dini. Tujuannya adalah supaya anak tidak hanya memainkan permainan semata tetapi terdapat pula unsur edukasinya. Dengan begitu kemampuan motorik dan kognitif anak dapat terasah dengan baik.

Sebelum masuk pada contohnya, terlebih dahulu kita perlu mengenal terlebih dahulu apa itu game literasi. Game adalah permainan, sedangkan literasi adalah kecakapan seseorang dalam membaca, berhitung, maupun menulis dalam rangka untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Sehingga game literasi adalah permainan untuk melatih seseorang supaya memperoleh kecakapan yang sudah dijelaskan sebelumnya yakni membaca, menulis, berhitung supaya dapat memecahkan masalah. Kemampuan literasi sangat penting dilatihkan pada anak sejak dini untuk membekali keterampilan pada anak sehingga kedepannya anak dapat menjalani hidupnya dengan lebih baik.

game literasi terbaik
Ilustrasi game berburu harta karun via ahealthiermichigan.org

Lalu apa saja contoh game literasi terbaik untuk anak? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk anda.

Game literasi terbaik untuk anak yang bisa diterapkan di rumah

Permainan “I Spy”

Permainan “I Spy” adalah salah satu permainan tertua di dunia. Permainan ini sangat bermanfaat karena anak tidak sekedar bermain tetapi terdapat unsur edukasi dan bisa melatih literasi sejak dini. Cara memainkannya adalah dengan menyajikan gambar-gambar bisa berbagai benda atau hewan kemudian anak diminta menujuk gambar misalnya yang berawal huruf tertentu.

Baca Juga: Kegiatan untuk melatih motorik kasar anak

Mempersiapkan daftar belanjaan

Permainan atau game satu ini bisa dibing sederhana tapi bermanfaat. Orang tua bisa mengajak anak untuk mempersiapkan daftar belanjaan di rumah dengan meminta anak menuliskan barang-barang belanjaan yang akan dibeli. Sesekali ibu juga bisa memberikan clue mengenai barang tertentu untuk ditebak anak.

Baca Juga  7 Permainan Edukasi Anak SD: Bisa Dimainkan Di Sekolah dan Rumah

Mainkan Scavenger Hunting

Mungkin ada bingung mendengar istilah Scavenger Hunting. Di Indonesia permainan tersebut dikenal dengan berburu harta karun. Permainan berburu harta karun sangat bermanfaat karena didalamnya terdapat kegiatan memahami dengan membaca clue.

Cara bermainnya adalah bisa dengan memberikan kartu yang didalamnya terdapat daftar benda. Kemudian meminta anak mencari dan mengumpulkan benda-benda yang telah disembunyikan. Bila anak bisa mengumpulkan secara lengkap maka bisa diberikan hadiah yang disukai anak.

Membaca bergantian

Permainan ini bisa dilakukan orang tua bersama anak di rumah. Caranya adalah dengan membaca bacaan yang menyenangkan contohnya dongeng dimana orang tua dan anak membaca bergantian setiap paragraf. Permainan tersebut selain bisa menambah kemampuan anak membaca tetapi juga bisa menambah kosa kata pada anak.

Baca Juga: Mainan untuk melatih keseimbangan anak

Game literasi DIY

Anda juga bisa menemukan game literasi lainnya yang bisa anda ciptakan sendiri. Buat permainan yang lebih menantang, menyenangkan, tetapi tidak merepotkan. Hendaknya permainan yang diterapkan untuk anak juga harus sesuai dengan umur perkembangan anak. Contoh permainan lain seperti melengkapi kata atau kalimat, menebak kartu kata, dll.

Demikian game literasi untuk anak, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, terima kasih.