Beranda Pendidikan 7 Hiasan Kamar Anak Untuk Mengoptimalkan Perkembangan

Hiasan kamar anak cocok untuk menambah keindahan kamar sehingga merasa nyaman dan betah. Selain itu adanya beberapa hiasan dinding berikut ini juga bisa mendidik anak supaya perkembangan menjadi lebih optimal.

Hiasan kamar merupakan benda atau pernak-pernik yang cocok dipasang baik di dinding, maupun ditaruh disekitar kamar supaya menjadi lebih indah sehingga penghuni akan merasa betah untuk beraktivitas maupun beristirahat di tempat tersebut.

Bisa dibayangkan ketika anak berada di kamar yang hanya terdapat tempat tidur. Tentu kamar tersebut akan terasa sepi. Padahal anak cenderung menyukai hiasan-hiasan warna warni sehingga bisa menstimulasi perkembangan.

Lalu apa saja hiasan yang bisa dipasang atau diletakkan di kamar anak? Berikut ini adalah ulasan lengkapnya untuk anda.

Hiasan kamar anak yang bermanfaat

hiasan kamar anak
Ilustrasi kamar anak via unsplash

1. Gambar atau lukisan

Hiasan kamar anak yang pertama adalah gambar atau lukisan. Hiasan ini bisa ditempel di dinding kamar dengan mempertimbangkan gambar atau lukisan yang disukai anak. Untuk tahu gambar atau lukisan yang disukai maka orang tua bisa bertanya langsung pada anak.

Usahakan gambar atau lukisan yang membuat anak termotivasi. Misalnya gambar poster motor bila anak ingin menjadi pembalap, atau gambar pesawat terbang bila anak ingin menjadi pilot, dll. Dengan begitu anak akan termotivasi dan lebih semangat dalam belajar.

2. Foto keluarga

Foto keluarga bisa dipajar di kamar anak. Selain menjadi hiasan, menaruh foto keluarga di kamar anak membuat anak merasa lebih bersyukur karena terdapat orang yang menyayangi dan mencintai dia. Foto keluarga ini bisa ditempel di dinding maupun diletakkan di meja belajar.

Untuk memilih foto keluarga yang dipajang di kamar anak sebetulnya bebas, namun ada baiknya memilih foto yang tidak formal misalnya foto ketika berwisata ke suatu tempat yang disukai anak.

3. Kata-kata motivasi

Kata-kata motivasi adalah hiasan yang wajib untuk menghias kamar anak. Kata-kata ini bisa diambil dari berbagai hal misalnya kata motivasi dari kitab suci, kutipan/quote dari tokoh berpengaruh, maupun kata-kata sederhana yang dirangkai orang tua.

Dalam memilih kata-kata motivasi harus dipertimbangkan dengan usia anak. Jangan sampai anak yang masih kecil diberikan kata-kata motivasi dari tokoh-tokoh filsafat yang rumit. Cukup dengan kata sederhana namun sangat relevan dalam kehidupan.

Tujuan kata-kata motivasi adalah untuk memotivasi anak sehingga selalu semangat dan antusias untuk terus berbuat baik dalam kehidupan.

4. Meja, kursi dan lampu belajar

Meja, kursi dan lampu belajar bisa ditaruh kamar supaya kamar tidak terkesan kosong. Selain itu tentunya bisa digunakan supaya anak merasa nyaman dalam belajar maupun beraktivitas. Apabila anak masih kecil bisa diberikan meja dan kursi warna warni dan lampu belajar yang menarik.

5. Kalender interaktif

Kalender interaktif sangat bermanfaat untuk anak. Dengan kalender ini anak tidak hanya mengetahui hari, tanggal, bulan, dan tahun. Tetapi anak juga merasa terlibat langsung dengan mengisi kalender ini. Kalender interaktif dibuat khusus untuk anak sehingga kalender ini menarik dan disukai anak. Selain itu dengan kalender interaktif akan melatih perkembangan anak.

6. Jam yang menarik

Jam penting ditaruh di kamar anak. Orang tua bisa memberikan jam yang bisa dipasang di dinding maupun diletakkan diatas meja. Dengan meletakkan jam di kamar bisa memperkenalkan waktu kepada anak, kemudian juga bisa melatih tanggung jawab anak. Sehingga orang tua tidak perlu mengingatkan untuk bangun hingga berangkat sekolah.

7. Pernak-pernik yang disukai anak

Hiasan kamar anak selanjutnya adalah dengan menghias menggunakan pernak-pernik yang menarik. Pernak pernik tersebut misalnya origami. Origami ini bisa dibuat dan digantung sehingga kamar anak akan menjadi lebih menarik dan meriah.

Hiasan ini bisa dibuat sendiri oleh orang tua bersama anak untuk selanjutnya digantung di tembok maupun langit-langit kamar anak.

Demikianlah hiasan kamar anak yang bisa diterapkan untuk anak PAUD, TK, maupun SD. Semoga artikel ini bisa menambah referensi anda. Silahkan bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat untuk menjangkau lebih banyak lagi pembaca, terima kasih.

Baca Juga  5 Pengertian Penelitian Survei (Survey) Menurut Ahli
A+ A-

Kontak

Email: meenta.edu@gmail.com

Instagram: meenta_net

Live Search