5 Homeschooling Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

By | Maret 22, 2021

Homeschooling untuk ABK (anak berkebutuhan khusus) berikut ini bisa menjadi solusi bagi anda para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Dikarenakan kendala jarak, waktu, atau kesibukan orang tua dalam mengantar anak, maka pendidikan mungkin saja homeschooling bisa menjadi pilihan. Terlebih lagi saat ini mulai banyak juga homeschooling untuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Selengkapnya silahkan and abaca artikel ini.

homeschooling untuk ABK
Ilustrasi Homeschooling via jamesgmartin.center

Homeschooling untuk ABK

Homeschooling atau sekolah rumah masuk dalam jalur pendidikan Informal yang menekankan proses pembelajaran yang bisa dilaksanakan di rumah dengan suasana dan kondisi nyaman. Anak bisa belajar kapan saja tidak terpatok pada rentang jam tertentu.

Sekarang ini homeschooling tidak hanya untuk anak normal, sudah ada lembaga-lembaga yang juga menerima anak berkebutuhan khusus. Sehingga hal ini merupakan kabar yang menggembirakan bagi anda orang tua yang ingin mendidik anak anda yang mengalami kebutuhan khusus melalui jalur pendidikan ini.

Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling Untuk ABK

Dalam berbagai sesuatu hal tentu ada kelebihan dan kekurangan termasuk pula pendidikan homeschooling. Berikut ini kelebihan dan kekurangan yang bisa anda pertimbangkan sebelum memilih pendidikan tersebut.

Kelebihan:

a. Jadwal pembelajaran fleksibel
b. Lingkungan belajar anak yang aman dan nyaman
c. Orang tua bisa memantau secara langsung
d. Satu siswa satu guru sehingga belajar lebih efektif

Kekurangan:

a. Daya saing anak bisa kurang terlatih
b. Perkebangan sosial bisa tidak optimal
c. Biaya cenderung mahal
d. Anak bisa lebih mudah bosan

Pilihan Homeschooling untuk ABK

1. Homeschooling Kak Seto

Siapa tidak mengenal kak Seto. Beliau merupakan seorang tokoh yang mengabdikan diri untuk dunia anak di Indonesia. Kak seto juga salah satu orang yang mempopulerkan pendidikan homeschooling. Saat ini ia telah mendirikan homeschooling Kak Seto (HSKS) tidak hanya untuk anak normal pada umumnya tetapi juga anak berkebutuhan khusus.

Baca Juga  5 Cara Meningkatkan Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Situs: www.hsks.sch.id

Alamat: Jl. Raya Parigi Lama No. 3 Pondok Aren, Kab. Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

2. Edufio

Edufio merupakan salah satu homeschooling di Jogja dimana guru dating ke rumah. Selain menerima siswa normal, lembaga ini juga menerima anak berkebutuhan khusus. Bila anda tertarik bisa mengakses informasi di situsnya.

Situs: www.edufio.com

Alamat: Jl. Persatuan Baru No.90, Demangan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

3. Mustika Homeschooling

Homeschooling untuk ABK selanjutnya ada Mustika. Berlokasi di Malang, Jawa Timur, Mustika Homeschooling memberikan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus untuk mengembangkan potensi dengan optimal melalui cara yang menyenangkan.

Situs: www.guruprivat-abk.com

Alamat: Perum Pondok Mutiara J8/9, Dengkol, Kec. Singosari, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur.

4. Homeschooling Special Needs Piramida

Piramida Homeschooling merupakan lembaga yang khusus menerima siswa anak berkebutuhan khusus. Lembaga yang berlokaksi di Bogor ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan ABK sesuai dengan potensinya dengan cara yang menyenangkan.

Situs: www.specialneedspiramida.sch.id

Alamat: Jl. Cikahuripan No.1, RT.04/RW.05, Tegallega, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat

5. Adinata Homeschooling

Adinata Homeschooling merupakan solusi bagi siswa anak berkebutuhan khusus yang ingin belajar dengan jadwal dan waktu yang fleksibel. Berlokasi di Bekasi, lembaga ini bisa menjadi solusi menyekolahkan ABK agar berkembang dengan baik.

Situs: www.biayahomeschooling.com

Alamat: Jl. Palem VIII Blok G3 No.15, Jatimakmur, Kec. Pondok Gede, Bekasi, Provinsi Jawa Barat

Demikian Homeschooling untuk anak berkebutuhan khusus semoga bermanfaat. Silahkan baca juga artikel lainnya tentang anak berkebutuhan khusus di situs ini, terima kasih.