Contoh Form Instrumen Indentifikasi dan Asesmen ABK Lengkap

By | Mei 23, 2022

Berikut ini adalah formulir identifikasi dan asesmen ABK yang bisa digunakan untuk berbagai anak berkebutuhan khusus mulai dari tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, tunalaras, maupun anak berkebutuhan khusus lainnya seperti anak berkesulitas belajar spesifik (ABBS) maupun tunaganda.

Pengertian Identifikasi dan Asesmen

Sebelum kita menuju langsung ke form instrumennya, terebih dahulu kita perlu mengenal dahulu apa itu identifikasi dan asesmen yang dalam hal ini spesifik pada bidang pendidikan.

Indentifikasi dan Asesmen ABK
ilustrasi asesmen via niu.edu

Jadi Identifikasi dan Asesmen merupakan kegiatan yang terstruktur dan sistematis oleh profesional untuk menemukenali anak berkebutuhan khusus (ABK) mulai dari kemampuan kognitif, afektif, hingga psikomotor sehingga akan diperoleh kemampuan awal anak.

Nah kemampuan awal anak inilah yang nantinya sebagai modal untuk merancang pembelajaran dalam rentang jangka pendek maupun jangka panjang yang diwujudkan dalam PPI atau program pembelajaran individual, silabus, hingga RPP.

Dalam dokumen asesmen terdapat indikator-indikator yang mana nantinya akan dapat diketahui jenis maupun sejauh mana derajat ketunaan anak berkebutuhan khusus. Kita perlu memahami juga bahwa labeling dalam kegiatan ini bukan untuk tujuan negatif tetapi untuk tujuan pemberian layanan pembelajaran dan penentuan kelas yang sesuai.

Macam-macam Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Setelah mengetahui apa itu asesmen, kita juga akan mengulas mengenai masing-masing anak berkebutuhan khusus antara lain:

1. Tunanetra: anak yang mengalami hambatan pada penglihatan

2. Tunarungu: anak yang mengalami hambatan pendengaran

3. Tunagrahita: anak yang mengalami hambatan mental intelektual

4. Tunadaksa: anak yang mengalami hambatan anggota tubuh, otot, tulang, maupun sendi

5. Tunalaras: anak yang mengalami masalah pada perilaku yang parah

6. Anak berkesulitan belajar spesifik: anak yang mengalami hambatan belajar pada bidang tertentu

Baca Juga  Berbagi Pengalaman: Kuliah di Jurusan PLB Hingga Lulus

7. Autis: anak yang mengalami hambatan pada kemampuan social dan interaksi

8. Tunaganda: anak yang mengalami lebih dari satu kekehususan atau ketunaan

Setelah tahu macam-macam anak berkebutuhan khusus, langsung saja berikut ini contoh formulir yang bisa digunakan pada identifikasi dan asesmen ABK, semoga bermanfaat.

Form Instrumen Indentifikasi dan Asesmen ABK

Instrumen Indentifikasi dan Asesmen ABK
Instrumen Indentifikasi dan Asesmen ABK
Sumber: msyarifah.my.id

Selengkapnya silahkan unduh lewat link dibawah ini

Demikianlah formulir instrument identifikasi dan asesmen ABK yang bisa digunakan untuk berbagai anak berkebutuhan khusus di SLB atau di sekolah Inklusi. Semoga dapat bermanfaat dan digunakan untuk merancang kebutuhan belajar anak. Jangan lupa bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar