5 Alasan Pentingnya Jadwal Aktivitas Rutinitas Harian Untuk ABK

By | Februari 25, 2021

Jadwal aktivitas rutinitas harian adalah serangkaian kegiatan dalam arti kegiatan positif dan bermanfaat yang dilakukan atau dikerjakan anak dalam rentang waktu harian (setiap hari). Aktivitas ini tidak hanya dilakukan oleh pada anak pada umumnya, tetapi sangat penting juga dilakukan oleh anak berkebutuhan khusus (disabilitas).

Aktivitas rutinitas harian sangat penting dilakukan anak berkebutuhan khusus dengan berbagai kekhususan seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, ataupun kekhususan lainnya. Mengapa demikian? nah melalui artikel ini penulis akan membagikan alasannya.

anak sedang berkebun
Ilustrasi anak berkebun via montessorinature.com

Pentingnya jadwal aktivitas rutinitas harian untuk ABK

1. Anak berkebutuhan khusus tertentu memiliki inisiatif yang rendah

Tidak semua anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki tingkat inisiatif yang rendah, namun pada anak yang memiliki kekhususan tertentu memang memiliki inisiatif yang rendnah bahkan tidak ada sama sekali seperti contohnya pada anak tunagrahita (hambatan mental) dan autis (hambatan sosial dan perilaku) sehingga fungsi jadwal aktivitas ini bisa menjadi panduan untuk anak supaya bisa dilaksanakan setiap harinya.

2. Menghindarkan anak pada kebosanan

Kita tentu merasa bosan bila dalam sehari tidak melakukan apapun. Hal tersebut sama dengan anak berkebutuhan khusus yang akan bosan bila tidak ada aktivitas apapun yang bisa berdampak anak bisa melakukan hal yang sebetulnya tidak bermanfaat atau bahkan bisa merugikan orang lain. Maka dari itu supaya tidak merugikan, anak bisa diberikan aktivitas yang bermanfaat paling tidak untuk dirinya sendiri, dan lebih bagus untuk orang lain.

3. Meningkatkan produktifitas anak

Dengan jadwal harian ini bisa meningkatkan produktifitas anak dalam melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti mencuci, berkebun, merawat peliharaan dan kegiatan lainnya. Kegiatan ini juga bisa menjadi kebiasaan yang akan digunakan hingga tumbuh dewasa.

Baca Juga  10 Soal SBDP SLB Untuk Siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
Jadwal Aktivitas Rutinitas Harian

4. Seharian tanpa aktivitas membuat otak tidak berkembang

Otak bisa berkembang karena belajar maupun melakukan kegiatan posotif seperti olahraga misalnya. Bisa dibayangkan bila seseorang tidak melakukan kegiatan apapun seperti hanya tidur dan makan tentunya hal tersebut tidak baik bahkan bisa malah menjadi sebuah hal yang merugikan dan bisa menjadi penyakit. Oleh karena itu penting pemberian kativitas harian untuk anak.

5. Meningkatkan kebahagiaan anak

Kepuasan batin adalah satu sumber kebahagiaan seperti misalnya kita menyelesaikan sesuatu hal dengan baik maka kita akan bahagia. Begitu pula dengan anak berkebutuhan khusus, mereka juga senang bila selesai mengerjakan sesuatu yang mereka sukai. Bahagia adalah kunci agar seseorang memiliki mental yang sehat.

Pentingnya jadwal aktivitas rutinitas harian untuk anak berkebutuhan khusus atau disabilitas, semoga artikel ini bermanfaat dan silahkan juga baca artikel lainnya di situs ini, terima kasih.