Jago Bahasa Isyarat? Inilah 4 Pilihan Pekerjaan Yang Bisa Kamu Pilih

By | Februari 4, 2021

Apakah anda jago bahasa isyarat?, jika iya berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang bisa menjadi pilihan pekerjaan. Namun sebelum kita lanjut menuju topiknya, mungkin ada yang masih bingung mengenai bahasa isyarat, bagaimana, dan dimana belajarnya.

Jadi bahasa isyarat adalah bahasa yang menggunakan isyarat gerakan tangan untuk berkomunikasi. Bahasa isyarat ini umum dipakai oleh teman-teman penyandang tunarungu dimana mereka memiliki hambatan pendengaran sehingga memungkinkan berkomunikasi dengan isyarat tangan.

Kita bisa belajar bahasa isyarat di berbagai tempat seperti di jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) yang biasanya diadakan oleh himpunan mahasiswa jurusan. Kemudian kita bisa juga belajar bahasa ini di komunitas-komunitas. Selain itu sekarang ada pula channel youtube yang mengulas tentang belajar bahasa isyarat.

jago bahasa isyarat
ilustrasi bahasa isyarat via verywellhealth.com

Bila kalian sudah jago bahasa isyarat, ada pilihan pekerjaan yang bisa dipilih baik sekedar untuk menambah pemasukan maupun pekerjaan secara full time. Tetapi tentunya kita harus pandai-pandai mencari informasi dan menambah jaringan.

Berikut ini adalah pilihan pekerjaan buat kalian yang pandai atau jago bahasa isyarat:

Penerjemah Bahasa Isyarat

Bila kalian jago bahasa isyarat bisa mencoba bekerja menjadi penerjemah bahasa isyarat. Pekerjaan ini biasa kita lihat misalnya di layar tv sebelah sudut pojok dimana terdapat seseorang yang sedang menggerak-gerakkan tangannya dimana gerakan tersebut adalah gerakan isyarat.

Tidak hanya itu penerjemah bahasa isyarat juga diperlukan biasanya pada sebuah kegiatan atau event. Sebagai contoh penulis memiliki teman dimana pernah diminta menjadi penerjemah di suatu kegiatan rohani yang melibatkan anak berkebutuhan khusus tunarungu.

Pengajar Bahasa Isyarat

Orang yang ahli atau menguasai bahasa isyarat sudah pasti mengerti cara berkomunikasi dengan bahasa tersebut. Oleh karena itu biasanya orang-orang tersebut diminta untuk menjadi pengajar misalnya pada sebuah pelatihan bahasa isyarat baik oleh pihak tertentu bisa swasta maupun instansi pemerintah.

Baca Juga  5 Sekolah Autis di Surabaya yang Bisa Menjadi Pilihan

Guru Sekolah Luar Biasa (SLB)

Guru SLB adalah pendidik yang memiliki kualifikasi tertentu yang mana bertugas untuk mendidik dan mengevaluasi peserta didik berkebutuhan khusus. Bagi kamu yang ahli bahasa isyarat bisa juga menjadi guru SLB utamanya untuk kekhususan tunarungu tetapi tentunya harus sudah melalui kuliah di jurusan PLB atau pendidikan luar biasa, dimana kemampuan bahasa isyaratmu juga bisa semakin terasah dengan mengikuti pelatihan bahasa isyarat yang biasanya diadakan himpunan mahasiswa.

jago bahasa isyarat

Pendamping tunarungu di sekolah Inklusi

Saat ini dengan semakin banyaknya sekolah inklusi juga semakin banyak pula anak berkebutuhan khusus tertentu yang bersekolah di sekolah inklusi. Biasanya di sekolah inklusi terdapat guru pembimbing khusus yang berfokus pada pengembangan anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Tetapi ada pula inisiatif orang tua yang mencari pendamping khusus dari luar untuk mendampingi anaknya yang berkebutuhan khusus.

Nah apabila kamu jago bahasa isyarat kamu juga bisa menjadi pendamping khusus untuk anak tunarungu yang sekolah di sekolah inklusi. Tetapi hal ini sangat sulit karena keterbatasan informasi mengenai orang tua yang membutuhkan.

Jadi bagaimana tertarik untuk belajar bahasa isyarat? Bila tertarik bisa dengan menghubungi atau mendatangi komunitas-komunitas bahasa isyarat disekitar daerah kalian atau kuliah di Jurusan pendidikan luar biasa.

Demikian tadi pilihan pekerjaan bagi kamu yang jago bahasa isyarat, semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus di situs ini. Jangan lupa pula membagikan artikel ini agar semakin banyak pembaca yang bisa mengakses informasi ini.