Beranda Dunia Kampus 15 Jurusan Kuliah yang Sering Dibutuhkan di TNI dan Polisi

Jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polisi kini sangat banyak. Hal ini dikarenakan lingkup kerja yang sangat luas untuk TNI serta Polri. Mereka yang ingin mencoba untuk melamar pekerjaan sebagai TNI atau Polri tentu harus memperhatikan bidang studi yang akan mereka tempuh.

Mungkin banyak yang bertanya apakah menjadi seorang TNI atau Polri harus menempuh jenjang S1 terlebih dahulu? Memang, lulusan S1 dapat melamar sebagai anggota TNI atau Polri dengan melamar sebagai Perwira Karir atau Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana. Mereka yang ingin menjadi anggota TNI atau Polri harus mengetahui jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri.

Apa Saja Jurusan Kuliah yang Sering Dibutuhkan Di TNI dan Polisi?

tni dan polisi
TNI dan POLRI

Sebenarnya baik itu TNI atau Polri tidak terbatas pada apa jurusan kuliah dari seseorang. Namun dari beberapa lowongan TNI yang muncul di tahun 2019 hingga tahun 2022, beberapa jurusan dibawah ini sering kali muncul. Jadi, jika Anda berminat untuk menempuh Perwira Karir atau Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana, Anda dapat memilih jurusan kuliah yang ada di bawah ini:

1. Kedokteran Umum

Jurusan Kuliah yang Sering Dibutuhkan di TNI dan Polisi yakni kedokteran
Jurusan kedokteran

Jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri. Namun demikian, perlu diketahui bahwa mereka yang sudah menempuh S1 Kedokteran Umum masih harus memiliki ijazah profesi. Bagi mereka yang lulus ijazah profesi di jurusan ini, IPK minimal adalah 2,10.

2. Kedokteran Gigi

Jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polisi yakni kedokteran gigi
Jurusan kedokteran gigi

Jurusan ini juga menjadi salah satu jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri. Sama halnya dengan jurusan kedokteran umum, mereka yang menempuh S1 jurusan kedokteran gigi juga harus memiliki ijazah profesi sebelum melakukan pendaftaran.

3. Apoteker atau Farmasi

Jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polisi yakni apoteker
Jurusan farmasi

Bagi mereka yang sudah menempuh jalur S1 di jurusan Farmasi, berlaku pula peraturan seperti dua jurusan tersebut diatas. Calon pelamar perlu memiliki ijazah Profesi sebelum mereka memutuskan untuk melamar sebagai anggota TNI dan Polri.

4. Komisi Penyiaran Islam/Dakwah/Manajemen Dakwah

pendakwah
Jurusan ilmu dakwah

Jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri ini nantinya akan mengatur acara dakwah atau penyiaran untuk agama Islam.

Baca juga: Daftar universitas yang membuka jurusan hukum

5. Psikologi

Jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polisi yakni jurusan psikologi
Jurusan psikologi

Jurusan Psikologi juga menjadi jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri. Memang mayoritas dari mereka yang lulus dari S1 Psikologi dapat melamar sebagai staf Human Resource Development atau HRD, konselor, psikolog, pengajar, peneliti, penerjemah buku psikologi, terapis anak berkebutuhan khusus. Tetapi, mereka yang ingin menjadi anggota TNI dan Polri setelah menempuh S1 Psikologi harus lulus Profesi terlebih dahulu, dengan minimal IPK 2,25.

Untuk TNI, calon prajurit yang dibutuhkan adalah mereka yang sudah lulus jenjang S1 dan D4 dimana mereka diseleksi dari kesehatan, kemudian mental ideologi, serta kesamaptaan jasmani. Untuk Polri, tentu jurusan ini sangatlah dibutuhkan di berbagai unit, terutama untuk kriminal dan reserse.

6. Teknik Informatika

Seorang yang ahli komputer
jurusan ahli komputer

Tak heran, banyak sekali para lulusan SMA atau SMK yang ingin menempuh pendidikan ini. Tugas lulusan Manajemen Informatika di TNI dan Polri tentu sangat banyak, karena dua instansi negara ini memiliki banyak departemen yang membutuhkan tenaga ahli di bidang informatika.

7. Ilmu Sosial dan Politik (FISIP)

Jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polisi yakni jurusan ilmu politik
ilmu politik

Jurusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik juga dibutuhkan oleh kedua instansi ini dimana jurusan ini dapat melahirkan beberapa tenaga ahli dalam berbagai bidang. Bidang tersebut adalah pemerintahan, administrasi negara, dan juga hubungan internasional

8. Komunikasi

ilmu politik
ilmu komunikasi

Jurusan komunikasi massa atau sosial, serta jurnalistik dan perpustakaan juga menjadi beberapa bidang yang juga sangat dibutuhkan dari jurusan ini. Biasanya, mereka yang mendaftar sebagai Perwira Karir dari jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri nantinya akan ditempatkan di bagian Penerangan dan Perpustakaan.

9. Sandi Negara

sandi negara
Jurusan sandi negara

Sandi Negara menjadi jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri. Jurusan ini termasuk beberapa program studi seperti Rekayasa Kriptografi, Rekayasa Sistem Kriptografi serta Rekayasa Perangkat Lunak Kripto dan Rekayasa Keamanan Siber.

10. Bahasa Inggris

Jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polisi yakni Jurusan bahasa inggris
Jurusan bahasa inggris

Khusus untuk jurusan Bahasa, jurusan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan di semua kesatuan TNI dan Polri. Namun perwira karir dari jurusan seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Perancis dan bahasa Mandarin juga dibutuhkan.

11. Teknik Komputer

Jurusan teknik komputer
Jurusan teknik komputer

Sedikit berbeda dengan teknik informatika, teknik komputer ini akan lebih fokus pada pemeliharaan perangkat keras. Jurusan ini tentu tidak hanya muncul sebagai jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri. Namun, tentunya jurusan ini dibutuhkan dalam setiap pekerjaan.

12. Teknik Penerbangan

Jurusan teknik penerbangan
Jurusan teknik penerbangan

Untuk jurusan ini, semua kesatuan di TNI membutuhkan kurang lebih 3 hingga 4 orang untuk jenjang S1 dan D3. Kebutuhan TNI berbeda-beda dimana Teknik Mesin Otomotif dibutuhkan TNI AD dan Polisi, Teknik Mesin Kapal dan Teknik Sistem Kapal dibutuhkan TNI AL dan Teknik Penerbangan dibutuhkan TNI AU.

13. Teknik Mesin dan Produksi

jurusan teknik mesin
jurusan teknik mesin

Jenis jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri adalah Teknik Mesin dan Produksi. Sedangkan untuk jurusan teknik lainnya yang dibutuhkan oleh TNI pada umumnya adalah Teknik Geodesi, Teknik Metalurgi, Teknik Sipil, Teknik Arsitektur, Teknik Meteorologi & Geofisika dan berbagai jurusan teknik lain yang dibutuhkan secara spesifik oleh masing-masing kesatuan.

14. Matematika

Jurusan matematika
Jurusan matematika

Mereka yang sudah lulus S1 jurusan matematika akan memenuhi kebutuhan militer untuk bidang matematika spesifik. Beberapa bidang tersebut adalah menghitung ramuan kimia untuk mesiu, kecepatan rudal dan banyak lagi.

15. Akuntansi Keuangan

Jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polisi yakni Jurusan akuntansi
Jurusan akuntansi

Tentunya, tidak mengherankan apabila jurusan ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polisi. Bagian akuntansi tentu salah satu tulang punggung instansi manapun, sehingga siapapun yang ingin bergabung dengan dua instansi ini dapat memilih jurusan akuntansi.

Berminat Menjadi Anggota TNI atau Polri?

Semua jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri ada di berbagai universitas di Indonesia. Tentunya hal ini sangat memudahkan siapapun yang ingin bergabung sebagai prajurit pembela bangsa dan negara serta sahabat masyarakat ini. Namun, meskipun mereka menempuh jalur akademik untuk mendaftar di TNI dan Polri, mereka pun harus mengikuti beberapa aturan baku yang juga berlaku bagi mereka yang masuk dari jalur Bintara.

Peraturan pertama yang sangat baku adalah usia, dimana pelamar juga harus menjalani ikatan dinas. Ikatan dinas untuk para Perwira Karir di TNI AD, TNI AU dan TNI AL adalah 10 tahun. Hal ini kurang lebih sama dengan prajurit Bintara dan Tamtama yang juga memiliki ikatan dinas 5 hingga 10 tahun, tergantung masa pendidikan pertama yang sudah dijalani.

Hal serupa juga berlaku bagi mereka yang menempuh Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana. Ikatan dinas yang berlaku juga 10 tahun sejak mereka diangkat sebagai Inspektur Polisi Dua.

Sedangkan peraturan baku yang tak kalah penting lainnya adalah loyalitas terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Anggota TNI dan Polri yang tidak setia dengan negara tentunya melanggar sumpah prajurit atau sumpah dan janji anggota POLRI.

Jadi, jika Anda memang ingin menjadi anggota TNI atau Polri dari jalur ini, Anda dapat mencoba jurusan kuliah yang sering dibutuhkan di TNI dan Polri yang paling Anda minati. Ingat, kompetitor sangat banyak karena memang menjadi anggota TNI atau Polri adalah cita-cita dari jutaan anak muda di Indonesia.

Baca Juga  8 Kampus S2 Hubungan Internasional (Negeri dan Swasta) Terbaik
A+ A-

Kontak

Email: meenta.edu@gmail.com

Instagram: meenta_net

Live Search