Beranda Dunia Kampus Belum Banyak Tahu, Ini 7 Jurusan Yang Banyak Dicari Di Masa Depan
Young man looking to camera in front of a blackboard

Jurusan yang banyak dicari di masa depan berikut ini bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin kuliah namun masih bingung memilih jurusan yang menjanjikan serta banyak dicari perusahaan. Dalam artikel ini diuraikan jurusan yang belum banyak diketahui dan dilirik oleh banyak orang.

Lalu apa saja jurusan tersebut?, untuk mengetahuinya silahkan baca artikel ini hingga selesai.

Jurusan Yang Banyak Dibutuhkan Di Masa Depan

1. Data Scientist

Jurusan Yang Banyak Dicari Di Masa Depan Data Scientist
Data Scientist

Jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan di masa depan yang pertama adalah Data Scientist . Data Scientist atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti ilmu data merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang data melalui metode ilmiah, sehingga nantinya akan didapatkan informasi yang akurat sebagai bahan untuk mengambil keputusan.

Umumnya seorang Data Scientist memiliki keahlian dalam mengolah data yang besar atau bisa juga disebut big data. Dalam melakukan pekerjaannya, seorang data scientist dituntut terampil menggunakan beberapa alat atau tools untuk mengolah data hingga menghasilkan suatu informasi tertentu.

2. Ilmu Komputer

Jurusan Yang Banyak Dicari Di Masa Depan ilmu komputer
Ilmu komputer

Jurusan yang banyak dicari di masa depan selanjutnya adalah Ilmu Komputer. Di era modern ini didalam hampir semua pekerjaan tidak terlepas dengan komputer.  Bagi yang belum mengetahui, ilmu komputer adalah merupakan ilmu yang mempelajari tentang programing hingga alogaritma.

Nantinya seseorang yang lulus dari jurusan ilmu komputer bisa memiliki keterampilan seperti software enginer, pengembangan web, aplikasi, hingga artificial intelligence (AI) atau sistem kecerdasan buatan. Saat ini hampir semua di berbagai bidang pekerjaan menggunakan komputer untuk mempermudah suatu pekerjaan. Maka tidak heran bahwa para lulusan ilmu komputer nantinya akan banyak dibutuhkan di masa depan.

3. Desain Interior

Desain Interior
Desain Interior

Jurusan desain Interior mempelajari tentang teta letak dan ruang pada suatu bangunan. Perbedaan jurusan ini dengan jurusan arsitektur adalah apabila arsitektur mendesain suatu bangunan, maka pada jurusan desain interior adalah mendesain atau menata isi suatu bangunan sehingga berfungsi optimal dan memiliki nilai estetik.

Di masa depan lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan oleh orang yang ingin menata isi rumah, kantor, hingga misalnya saja restoran. Kita ambil contoh saja sekarang ini restoran-restoran maupun café tidak hanya menyajikan makanan enak, namun desain interior juga menjadi daya tarik supaya pembeli datang.

4. Statistika

Jurusan Yang Banyak Dicari Di Masa Depan Statistika
Statistika

Statistika merupakan cabang dari ilmu matematika terapan dimana mempelajari data yang mencakup pengumpulan, analisa, hingga penyajian. Orang yang berkecimpung dalam bidang ini akan bersinggungan dengan angka-angka.

Dalam era digital dan informasi yang berkembang pesat ini, statistika sangat penting karena dengan ilmu tersebut dapat digunakan untuk menjelaskan suatu keadaan ataupun kondisi sehingga dapat dipahami dengan mudah.

Baca Juga: Kampus untuk kuliah jurusan manajemen

5. Psikologi

psikologi
Psikologi

Psikologi secara sederhana berarti ilmu jiwa. Psikologi mempelajari tentang kondisi seluk beluk jiwa manusia secara mendalam melalui metode ilmiah. Orang-orang yang ahli pada bidang psikologi dinamakan psikolog.

Kehadiran psikologi sangat penting di era saat ini dan masa depan. Perubahan jaman yang cepat seperti hadirnya teknologi tidak dipungkiri juga menghasilkan permasalahan baru. Misalnya saja di era internet membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap masalah jiwa seperti cemas, stress, hingga depresi.

Hal tersebut bila tidak segera ditangani dapat menjadi penyebab gangguan jiwa yang parah atau ODGJ. Oleh sebab itu penting sekali untuk datang dan berkonsultasi pada psikolog supaya masalah jiwa pada seseorang dapat ditangani dan disembuhkan.

6. Ilmu Gizi

ahli gizi
Ahli gizi

Ilmu gizi merupakan ilmu yang mempelajari makanan serta hubungannya pada kesehatan manusia. Dengan ilmu ini diharapkan manusia dapat tumbuh berkembang sehat secara ideal dan optimal. Orang yang menguasai ilmu gizi tentunya dapat menakar makanan agar sesuai nutrisi yang diperlukan tubuh.

Ilmu gizi sangat diperlukan di masa sekarang dan mendatang. Saat ini banyak orang memiliki masalah kesehatan karena pola makan yang buruk di masa lalu. Namun disamping itu juga banyak orang yang mulai sadar untuk mengatur makanan yang baik dengan memanfaatkan jasa ahli gizi.

7. Desain Komunikasi Visual

Jurusan Yang Banyak Dicari Di Masa Depan Desain Komunikasi Visual
Desain Komunikasi Visual

Jurusan kuliah yang banyak dicari di masa depan yakni desain komunikasi visual. Jurusan ini adalah ilmu desain yang bertujuan untuk mengkomunikasikan sesuatu misal produk atau lainnya sehingga menarik dan mudah dipahami.

Bidang ini mencakup banyak hal salah satu yang populer adalah desain UI (user interface) dan UX (user experience).

Demikianlah jurusan kuliah yang banyak dibutuhkan dimasa mendatang yang belum banyak diketahui orang. Hal ini bisa menjadi kesempatan anda yang ingin berkuliah namun masih bingung menentukan jurusan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga  20 Universitas Terbaik di Jerman Di Tahun 2024
A+ A-

Kontak

Email: meenta.edu@gmail.com

Instagram: meenta_net

Live Search