7 Contoh Kegiatan Pramuka untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

By | Januari 7, 2021

Pada Kurikukulum kegiatan pramuka menjadi salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib di sekolah. Ekstrakulikuler Pramuka merupakan sebuah proses kegiatan untuk membimbing siswa yang mana dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pramuka ini adalah untuk melatih kedisplinan, kemandirian, serta kepercayaan diri. Pramuka untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) tidak hanya bermanfaat untuk melatih kepercayaan diri, lebih dari itu dapat mengembangkan diri dari segi sosial, dan komunikasinya.

kegiatan pramuka untuk abk
ilustrasi kegiatan pramuka via scout.org

Pemerintah memberikan perhatian bagi anak berkebutuhan khusus yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 70 tahun 2009.

Disebutkan bahwa siswa dengan kelainan potensi atau kecerdasaran bakat istimewa di sekolah, akan diberikan kesempatan menerima layanan berkualitas sesuai kebutuhan dan kemampuannya.
Siswa dengan kelainan potensi atau kecerdasaran bakat istimewa mencakup semua siswa berkelainan emosional, kelainan fisik, mental, sosial.

Kegiatan pramuka untuk ABK

Anak berkebutuhan khusus atau ABK adalah anak dengan kelainan emosional, kelainan fisik, mental, sosial. Anak dengan keistimewaan tersebut juga memiliki hak yang sama seperti anak pada umumnya termasuk dalam pendidikan. Perbedaannya terletak pada metode yang harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan serta kondisi anak berkebutuhan khusus.

Berikut 7 contoh kegiatan pramuka untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) yang bisa dipraktikkan di sekolah.

1. Berkemah

Berkemah merupakan salah satu ciri khas dari kegiatan pramuka. Dengan berkemah dapat melatih kemampuan untuk bersosialisasi anak. Disamping itu serangkaian kegiatan dalam berkemah dapat mengembangkan berbagai potensi dari segi sosial, mental dan komunikasi.

Baca Juga: Pengalaman menjadi pendamping jambore SLB

2. Outbond

Berbagai permainan outbond seperti lomba memindahkan air, memasukkan bola, dan lain-lain dapat memberi kesempatan anak untuk mengenal lingkungan alam diluar batas fisik, emosional, serta intelektual anak.

Baca Juga  5 Penyandang Tunanetra Berprestasi dan Menginspirasi di Indonesia

Kendati memeiliki kondisi yang berbeda dalam setiap kegiatan dapat membantu anak melatih fungsi mata, otot dan telinga, melatik kepercayaan diri serta fokus anak.

3. Kreasi Seni Tari

Salah satu kegiatan pramuka untuk ABK adalah kreasi seni tari. Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya bahwa anak dengan kebutuhan khusus memerlukan metode pembelajaran yang khusus pula.

Cara pelatihan tari ini tentu berbeda dengan anak-anak normal pada umumnya. Kendati dilaksanakan dengan metode yang berbeda, namun bukan berarti tidak bisa untuk diajarkan.

Dengan kegiatan tari ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan motorik anak, merangsang potensi seni yang dimiliki oleh anak, mengenalkan anak pada budaya bangsa khususnya dengan seni tari maupun musik. Lebih dari itu pertunjukkan seni tari bisa menjadi media terapi mental bagi anak berkebutuhan khusus yakni untuk membina rasa percaya diri.

4. Membatik

Selain menampilkan seni tari, pramuka untuk ABK juga bisa diisi dengan kegiatan membatik. Membatik dapat menjadi salah satu media untuk mengenalkan siswa terhadap budaya bangsa. Dengan kegiatan membatik ini dapat menggali potensi diri anak, melatih kemampuan motorik, serta melatik anak untuk berkonsentrasi.

5. Deklamasi Puisi

Kegiatan pramuka untuk ABKselanjutnya adalah deklamasi puisi. Dengan kegiatan ini anak dapat menunjukkan bahwa dengan kondisi yang berbeda, tetap bisa menjadi generasi terbaik yang bertalenta.

6. Keterampilan Daur Ulang Barang Bekas

Kegiatan mengolah sampah atau barang bekas ini dapat mendorong kreatifitas dan memotivasi anak berkebutuhan khusus untuk peduli terhadap lingkungan.

7. Simulasi tanggap bencana/ mitigasi bencana

Yang terakhir adalah pelatihan mitigasi bencana bagi anak berkebutuhan khusus. Dengan kegiatan ini diharapkan setidaknya anak dapat menyelamatkan dirinya sendiri ketika terjadi bencana.

Baca Juga  5 Tips mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK)

Baca Juga: Kegiatan Outing Pramuka SLB

Demikianlah 7 contoh kegiatan pramuka untuk ABK yang bisa dilakukan oleh guru pendamping ABK untuk siswa. Sehingga anak-anak dengan keistimewaan tersebut tetap memiliki ruang untuk berekspresi.