Lulusan Pendidikan Luar Biasa (PLB) Kerja Apa? Simak 5 Peluang ini

By | Maret 16, 2019

Pendidikan luar biasa adalah prodi di universitas yang mempersiapkan atau mendidik mahasiswa menjadi calon guru profesional bagi anak berkebutuhan khusus. Memang tidak sebanyak prodi kependidikan yang umum kita kenal, tetapi hingga saat ini telah mulai banyak berdiri prodi PLB baik yang sudah lama maupun baru berdiri.

Lalu bagaimana prospek kerja prodi PLB dan mungkin anda penasaran kedepan lulusan dari prodi tersebut bisa menjadi apa?. Melalui artikel ini diulas peluang kerja dari prodi pendidikan luar biasa (PLB) antara lain sebagai berikut:

Ilustrasi anak berkebutuhan khusus belajar sambil bermain via goodcall.com

1. Guru Sekolah Luar Biasa (SLB)

Peluang kerja yang utama pada jurusan pendidikan luar biasa tentu saja menjadi guru sekolah luar biasa (SLB). Pada dasarnya jurusan yang bersinggungan dengan anak berkebutuhan khusus tersebut memang bertujuan untuk mencetak calon guru-guru SLB yang ahli mendidik anak berkebutuhan khusus.

2. Guru pembimbing khusus (GPK) di sekolah inklusi

Selain menjadi guru SLB, lulusan PLB juga telah banyak diserap untuk menjadi guru pembimbing khusus karena saat ini telah banyak berdiri sekolah yang menerima semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus yang disebut sekolah inklusi.

Di sekolah inklusi guru pembimbing khusus memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan ABK berkolaborasi dengan guru kelas, sehingga anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut dapat berkembang bersama-sama dengan siswa umum.

3. Guru les bagi anak berkebutuhan khusus (ABK)

Lulusan PLB tidak melulu harus bekerja di lingkungan sekolah, namun lebih dari itu banyak lulusan PLB juga menjadi tenaga pengajar atau guru les. Semakin banyaknya orang tua yang mengerti bahwa ABK dapat berkembang sehingga saat ini banyak orang tua contohnya saja yang memiliki anak autis memanggil guru les ke rumah.

Baca Juga  RPI: Membaca Fungsional Simbol Fasilitas Tempat Umum Bagi ABK

4. Melatih bina wicara atau bahasa isyarat

Berdasarkan pengalaman ketika menempuh S1 pendidikan luar biasa dipelajari pula mata kuliah yang membekali mahasiswa pada kemampuan seperti bina wicara, PKPBI, serta di kampus ada pula kesempatan untuk belajar bahasa isyarat bersama komunitas yang dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa, hal tersebut yang dapat digunakan untuk melatih bina wicara anak maupun bisa menjadi translator bahasa isyarat seperti salah satu teman penulis saat menempuh S1.

5. Pegawai perusaan

Bila kita bertanya memang bisa lulusan PLB bekerja di perusahaan? Jawabannya tentu saja bisa misalnya ingin bekerja menjadi staff di perusahaan tertentu. Tetapi memang perlu diperhatikan persyaratan pendaftaran karena biasanya ada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dengan persyaratan S1 semua jurusan. 

Demikian artikel mengenai prospek kerja lulusan prodi pendidikan luar biasa. Apabila artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda pembaca meenta, anda dapat membagikan artikel ini dengan menyertakan sumber. Terima Kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *