4 Alasan Pentingnya keterampilan berkebun untuk ABK

By | Juni 12, 2021

Keterampilan berkebun untuk ABK bisa menjadi salah satu solusi agar anak yang mengalami berkebutuhan khusus dapat menjadi seseorang yang mandiri dimasa depan. Oleh karena itu penting untuk membekali kemampuan tersebut.

Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan seseorang yang mengalami kondisi hambatan tertentu diantaranya sensori, motorik, perilaku, emosi sehingga berdampak dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Dengan hambatan yang disandang sehingga mereka memerlukan layanan khusus untuk mengembangkan segala potensinya.

Keterampilan berkebun adalah keterampilan seseorang untuk mengolah lahan dengan ditanami tumbuhan yang bermanfaat dan juga bisa menjadi sumber tambahan penghasilan. Keterampilan ini bersifat universal dan bisa dipelajari semua orang.

keterampilan berkebun untuk ABK
Keterampilan berkebun via which.co.uk

Lalu kenapa sih penting untuk melatih keterampilan berkebun untuk ABK (anak berkebutuhan khusus), berikut ulasan selangkapnya untuk anda.

Pentingnya keterampilan berkebun untuk ABK

Berkebun adalah keterampilan sederhana

Berkebun dapat dilakukan oleh semua orang. Keterampilan ini tidak mempedulikan latar belakang pendidikan, status sosial, kekayaan. Cukup dengan lahan yang kecil, kita bisa dimanfaatkannya untuk berkebun. Anak berkebutuhan khusus dapat dilatihkan sejak kecil sehingga saat mulai dewasa dapat secara mandiri menanam tanaman yang bermanfaat hingga memanen.

Baca Juga: Keterampilan yang menghasilkan untuk ABK

Hasil berkebun dapat dikonsumsi sendiri

Berkebun merupakan kegiatan yang penuh manfaat. Salah satunya adalah menghasilkan bahan makanan baik berupa sayur maupun buah yang bisa dikonsumsi sendiri sehingga anak berkebutuhan khusus tidak perlu membeli bahan makanan.

Dapat membuat tubuh bugar

Berkebun merupakan kegiatan yang berkaitan dengan kemampuan fisik. Ketika berkebun maka banyak anggota tubuh bergerak misalnya dalam kegiatan mencangkul, menggemburkan tanah, menanam, menyiram. Dampaknya akan membuat tubuh lebih sehat, bugar, dan terhindar dari stress.

Menghasilkan nilai ekonomis

Selain dimanfaatkan untuk konsumsi di rumah. Hasil berkebun berupa sayur maupun buah yang berlebih dapat menghasilkan nilai ekonomis dengan cara dijual. Banyak cara untuk menjual bahan makanan tersebut misalnya dititipkan di warung maupun menjual secara langsung di rumah maupun di pasar.

Baca Juga  5 Tips Memilih Alat Bantu Dengar Untuk Tunarungu

Baca Juga: Kewirausahaan untuk ABK

Demikianlah pentingnya keterampilan berkebun untuk ABK. Sejak kecil anda bisa melatihkan keterampilan ini untuk anak berkebutuhan khusus agar ketika dewasa dapat hidup dengan mandiri maupun membantu perekonomian keluarga.

One thought on “4 Alasan Pentingnya keterampilan berkebun untuk ABK

  1. Pingback: 5 Cara Meningkatkan Inisiatif Pada ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

Comments are closed.