5 Keterampilan Menghasilkan Yang Bisa Diajarkan Pada ABK

By | Juli 22, 2020

Berikut ini adalah keterampilan menghasilkan yang bisa diajarkan pada anak berkebutuhan khusus (ABK) agar nantinya mereka dapat mandiri dan bahkan bisa memperoleh penghasilan untuk kelangsungan hidupnya.

Penulis memilih beberapa keterampilan yang dekat dengan keseharian anak dan tidak memerlukan modal yang besar, semoga bermanfaat.

keterampilan menghasilkan
keterampilan menghasilkan via kidsdogardening.com

Keterampilan menghasilkan untuk ABK

Tambal ban

Sekarang ini pengguna motor di Indonesia sangat banyak, hampir disetiap keluarga mempunyai alat transportasi tersebut. Dengan banyaknya orang yang menggunakan motor maka selalu ada peluang bagi seseorang yang melakukan jasa menambal ban. Hal tersebut bisa diajarkan pada anak berkebutuhan khusus agar mempunyai kemampuan menambal ban untuk mencari penghasilan.

Di Sekolah Luar Biasa (SLB) sudah banyak yang mengajarkan keterampilan menambal ban dengan metode drill atau latihan keterampilan yang diulang-ulang dimulai dari langkah yang paling ringan kemudian ke arah yang lebih sulit dan akhirnya bisa menguasai keterampilan tersebut.

Berkebun

Keterampilan menghasilkan yang bisa diajarkan pada anak berkebutuhan khusus selanjutnya adalah berkebun. Berkebun sendiri merupakan kegiatan menanam tanaman baik sayur maupun buah untuk nantinya bisa dimanfaatkan baik dikonsumsi maupun dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup. Keterampilan ini cocok diajarkan di Indonesia karena sebagian besar tanah di Indonesia subur.

Dalam keterampilan berkebun anak berkebutuhan khusus bisa diajarkan dari proses pemilihan bibit, kemudian menyemai bibit, memindahkan tanaman yang sudah mulai tumbuh dan merawat hingga nantinya bisa dipanen buah atau sayurnya. Tidak berhenti sampai disitu, anak juga diajarkan untuk menjual atau memanfaatkan hasilnya.

Cuci motor

Keterampilan cuci motor memiliki potensi yang besar seperti keterampilan tambal ban. Cuci motor merupakan keterampilan yang menghasilkan dan bisa diajarkan atau dilatih pada anak berkebutuhan khusus dimana anak dapat dilatih dengan menggunakan metode latihan yang diulang-ulang. Mulai dengan membersihkan motor bagian bawah hingga bagian atas. Ajarkan juga untuk menggunakan perlengkapan yang berbeda untuk membersihkan area mesin dan area bodi motor.

Baca Juga  5 Tips mengajar anak berkebutuhan khusus (ABK)

Perikanan

Keterampilan menghasilkan selanjutnya adala perikanan. Telah banyak orang sukses dalam menekuni bidang ini. Bidang ini sangat potensial mengingat jumlah penduduk Indonesia sangat banyak sehingga konsumsi ikan juga banyak maka dari itu banyak permintaan. Anak berkebutuhan khusus bisa diajarkan keterampilan ini agar nantinya bisa mandiri dengan menjual ikan yang sudah dirawat.

Untuk mengajarkan pada anak berkebutuhan khusus harus dikenalkan terlebih dahulu mengenai bibit ikan, kemudian keadaan air yang bagus, penyakit pada ikan dan penanganannya, serta kapan harus dipanen. Tidak lupa juga untuk mengenalkan pada anak bagaimana cara menjualnya. Memang tidak mudah namun dengan proses sedikit demi sedikit anak bisa menguasai.

Tata Boga

Keterampilan yang menghasilkan bagi anak berkebutuhan khusus yang terakhir adalah boga. Keterampilan ini merupakan kemampuan untuk memasak suatu makanan atau olahan dan dapat menjadi produk untuk dijual. Pada keterampilan ini tidak mudah dilatih pada anak berkebutuhan khusus karena yang pertama anak harus sadar akan kebersihan dahulu. Karena pada bidang ini higenitas dan citarasa sangat penting.

Untuk mengajarkan keterampilan ini bida degan praktek berulang maupun demonstrasi, mula-mula bisa memasak olahan yang simpel hingga rumit. Contoh olahan yang bisa dipraktekkan adalah membuat jajanan pasar.

Demikianlah beberapa keterampilan menghasilkan bagi anak berkebutuhan khusus, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *