5 Cara Orang Tua Melatih Keterampilan Sosial Pada Anak Sejak Dini

By | Januari 18, 2020

Setiap orang tua tentu ingin mempunyai anak yang memiliki kecerdasan sosial, sehingga anak mampu bergaul, baik dengan teman seusianya maupun dengan orang yang lebih tua. Tetapi agar anak memiliki keterampilan sosial yang baik tentu dukungan dari orang tua dan orang terdekat disekitarnya sangat berpengaruh.

keterampilan sosial anak
keterampilan sosial anak via eq4kids.co.za

Orang tua perlu melatih keterampilan sosial anak. Menurut Lawrence E S, yang penulis kutip dari buku berjudul “mengembangkan kecerdasan sosial bagi anak” karya Achmad Muhaimin Azzet, menelaskan ada lima keterampilan yang dilatihkan agar anak memiliki kecerdasan sosial yang baik, diantaranya:

1. Keterampilan berkomunikasi

Keterampilan berkomunikasi bisa dilatihkan sejak dini oleh orang tua dengan bertanya kepada anak misalnya mengenai kegiatan sehari-hari, mengajak diskusi, atau membahas sesuatu hal yang menari. Dengan berkomunikasi akan membuat kedekatan dengan orang tua dengan anak. Selain itu juga mengembangkan kemampuan anak dalam berkomunikasi dengan lawan bicara.

2. Keterampilan membuat humor

Keterampilan membuat humor dapat dilatihkan sejak dini, sebagai contoh banyak orang tua menghibur buah hati dengan menutup muka kemudian dibuka dan mengatakan “cilup baaa”. Dengan adanya humor sebuah pembicaraan akan terasa menyenangkan, membuat orang tidak bosan.

Sehingga orang tua perlu untuk melatih humor pada anak agar supaya anak terbiasa ketika bersosialisasi dengan teman-temannya. Namun juga perlu dibiasakan kapan bisa membuat humor, dan kapan waktunya serius.

3. Keterampilan menjalin persahabatan

Biasanya anak-anak apabila sudah semakin besar akan menemukan teman bermain. Membiasakan anak untuk beraktifitas bersama teman-temannya akan melatih kemampuan sosial. Hal tersebut penting agar anak semakin terbiasa bertemu banyak orang dan sehingga dapat berbaur dengan baik.

4. Keterampilan berperan dalam kelompok

Biasakan anak anda untuk berperan dalam kelompok. Contoh kecilnya adalah di dalam keluarga, biasakan anak untuk mendapat satu peran misalnya dalam hal kerja bakti membersihkan rumah. Berikan anak peran atau tugas seperti bagian menyapu lantai. Bila hal tersebut dibiasakan maka anak akan terbiasa untuk berperan.

Baca Juga  4 Pengertian Metode Praktik Berdasarkan Pendapat Para Ahli

Berperan dalam kelompok juga erat kaitannya dengan kerja tim, keterampilan tersebut sangat penting ketika anak menginjak dewasa. Dan merupakan aspek penting dalam dunia kerja saat ini.

5. Keterampilan bersopan santun dalam pergaulan

Keterampilan sopan santun wajib dilatihkan pada anak sejak dini. Terlebih lagi kita tinggal di negara Indonesia yang sangat menjunjung sopan santun. Biasakan anak untuk menghormati orang yang lebih tua, berperilaku sopan, dan berbicara dengan santun.

Hal sederhananya misalnya saja mengucapkan terima kasih bila dibantu dan diberi sesuatu, kemudian meminta maaf bila melakukan suatu kesalahan. Hal tersebut akan membuat anak dihargai oleh orang lain bila sudah bersosialisasi masyarakat.

Baca Juga: Cara Agar Anak Tidak Jajan Boros

Demikian artikel mengenai melatih keterampilan anak. Apabila artikel ini dirasa bermanfaat bagi anda silahkan dibagikan dengan menyertakan sumber. Terima Kasih.

Referensi:

Buku “mengembangkan kecerdasan sosial bagi anak” karya Achmad Muhaimin Azzet.

One thought on “5 Cara Orang Tua Melatih Keterampilan Sosial Pada Anak Sejak Dini

  1. Pingback: Pikirkan 5 hal ini sebelum memutuskan menjadi guru, nomor 3 Penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *