KI-KD Kurikulum Tunagrahita SDLB K13 Revisi Kelas V

By | September 5, 2019

Berikut ini penulis membagikan artikel mengenai kurikulum tunagrahita lebih dalam mengenai Kopetensi Inti (KI) dan Kopetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 (K13) SDLB revisi yang digunakan pada kelas V atau lima dengan kekhususan tunagrahita.

Ilustrasi kurikulum tunagrahita via ihccinc.com

Kurikulum tunagrahita tentunya harus disesuaikan sesuai kemampuan anak mengingat kondisi anak tersebut.

No Mapel KI KD
1. PPKn Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendegar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. Menguraikan makna hubungan simbol dengan sila-sila pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menelaah pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Menerangkan keberagaman umat beragama di masyarakat.Menggali manfaat persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.
 
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa (lisan/tulis/isyarat) yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dlam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Menceritakan makna hubungan simbol dengan sila-sila pancasila sebagai satu kesatuan dalam kehidupan sehari-hari.

Menyaji pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Menunjukkan kerjasama dalam keberagaman umat beragama dalam masyarakat.Berkerjasama dalam memanfaatkan persatuan dan kesatuan untuk membangun kerukunan hidup.
 
2. Bahasa Indonesia Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendegar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. Mencermati teks laporan sederhana tentang kebersihan lingkungan dalam bahasa indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Menguraikan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan sekitar sekolah dalam bahasa baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Mengidentifikasi teks lirik puisi sederhana tentang alam semesta dan penampakannya dalam bahasa indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
 
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa (lisan/tulis/isyarat) yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dlam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Mengungkapkan teks laporan sederhana tentang kebersihan lingkungan dalam bahasa indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Menjelaskan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan sekitar sekolah dalam bahasa baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.

Melisankan teks lirik puisi sederhana tentang alam semesta dan penampakannya dalam bahasa indonesia, baik lisan maupun tulis yang dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
 
3. Matematika Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendegar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. Mengenal konsep penjumlahan dua bilangan yang hasilnya sampai dengan 40 dengan menggunakan benda kongkret.

Mengenal konsep pengurangan dua bilangan yang hasilnya sampai dengan 40 dengan menggunakan benda kongkret.

Mengenal mata uang rupiah (Rp 500 sampai dengan 20.000).Mengenal waktu (pukul dalam bulat)
 
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dlam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Menghitung hasil penjumlahan dua bilangan yang hasilnya sampai dengan 40 dengan menggunakan benda kongkret.

Menghitung hasil pengurangan dua bilangan yang hasilnya sampai dengan 40 dengan menggunakan benda kongkret.

Menuliskan nilai tukar mata uang rupiah (Rp 500 sampai dengan 20.000).Menuliskan waktu yang berkaitan dengan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.
 
  IPA Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendegar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. Mengenal tempat hidup hewan dan tumbuhan

Mengidentifikasi hewan dan tumbuhan yang menguntungkan bagi manusia

Mengidentifikasi hewan dan tumbuhan yang merugikan bagi manusia.

Mengenal ciri-ciri benda padat, cair, dan gas yang ada di lingkungan sekitar.
 
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa (lisan/tulis/isyarat) yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dlam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Mengelompokkan gambar hewan dan tumbuhan berdasarkan tempat hidupnya

Menyusun gambar hewan dan tumbuhan yang menguntungkan bagi manusia.

Mengelompokkan gambar hewan dan tumbuhan yang merugikan bagi manusia.Membuat daftar benda padat, cair, dan gas.
 
  IPS Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendegar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. Mengenal peristiwa penting dalam keluarga.

Mengenal peran masing-masing anggota keluarga
 
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa (lisan/tulis/isyarat) yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dlam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Menceritakan peristiwa penting dalam keluarga

Menunjukkan peran penting sebagai anggota keluarga
 
  SBDP Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendegar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. Mengenal gambar fauna

Mengenal kerajinan dengan teknik menggunting, melipat, dan merekat.

Mengenal lahu dengan alat melodisMengenal gerak dasar tari daerah

Mengenal budidaya tanaman sayur sesuai daerah setempat.
 
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa (lisan/tulis/isyarat) yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dlam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Menggambar fauna

Membuat kerajinan dengan teknik menggunting, melipat, dan merekat.

Menampilkan permainan musi ansambel dengan alat musik melodis

Melakukan gerak dasar tari daerah

Membudidayakan tanaman sayuran sesuai dengan daerah setempat.
 
  PJOK Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendegar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah. Mengenal variasi dan kombnasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dalam permainan dan atau olahraga tradisional bola besar yang dimodifikasi.

Mengenal kombinasi gerak dasar atletik jalan cepat dan lari melalui permainan dan atau olahraga tradisional yang dimodifikasi

Mengenal penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama sederhana.
 
    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa (lisan/tulis/isyarat) yang jelas dan logis dalam karya yang estetis, dlam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. Mempraktikkan variasi dan kombnasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dalam permainan dan atau olahraga tradisional bola besar yang dimodifikasi.

Mempraktikkan kombinasi gerak dasar atletik jalan cepat dan lari melalui permainan dan atau olahraga tradisional yang dimodifikasi

Mempraktikkan penggunaan kombinasi gerak dasar lokomotor dan non lokomotor dan manipulatif sesuai dengan irama tanpa/dengan musik dalam aktivitas gerak berirama sederhana.
 
Baca Juga  Pendidikan Luar Biasa, Jurusan Mulai Populer di Indonesia Saat Ini

Demikian mengenai informasi kurikulum tunagrahita jenjang SDLB, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *