Beranda Pendidikan 16 Les Non Akademik Yang Bermanfaat Untuk Anak Kedepan
Asian young pianist teacher teaching girl kid student to play piano, music education concept

Les non akademik berikut ini bermanfaat bagi anak di masa depan. Les non akademik sendiri adalah jenis les ataupun kursus yang umumnya tidak sama sekali atau diajarkan namun memiliki porsi sedikit diajarkan dalam bangku sekolah.

Ada beberapa pertimbangan orang tua untuk mengikutkan anak pada kursus atau les non akademik salah satunya supaya anak memiliki keterampilan tertentu diluar kemampuan akademik yang sudah diajarkan di sekolah.

Keterampilan yang dipelajari tersebut bukan tidak mungkin menjadi tambahan penghasilan bagi anak di masa depan apabila ditekuni.

Lalu apa saja les non akademik yang bisa menjadi pilihan orang tua untuk anak? Berikut ini ulasan lengkapnya untuk anda.

Les Non Akademik Untuk Anak

les non akademik piano
Anak bermain piano via unsplash

1. Musik

Les musik ini banyak diminati anak sejak dini. Ada banyak pilihan yang bisa dipilih misalnya les alat musik seperti piano, gitar, biola, drum, hingga alat musik tradisional seperti gamelan, dll.

2. Beladiri

Ada banyak jenis beladiri yang bisa diikuti oleh anak sejak kecil diantaranya seperti taekwondo, karate, pencak silat, tinju, judo, gulat, dll. Berbagai olahraga tersebut sangat bermanfaat karena selain bermanfaat untuk kebugaran fisik tapi juga untuk sarana perlindungan diri.

3. Menari atau dance

Menari atau dance menjadi salah satu les non akademik yang banyak dipilih orang tua untuk anak. Ada beberapa pilihan dalam menari seperti menari tradisional maupun tarian modern yang juga biasa populer dengan dance.

4. Bahasa asing

Les bahasa asing sangat penting untuk dikenalkan pada anak. Umumnya les bahasa yang utama diajarkan seperti bahasa inggris karena merupakan bahasa yang berlaku internasional. Namun orang tua juga bisa memasukkan anak les bahasa lainnya yang populer seperti bahasa perancis, jerman, jepang, atau bahasa lainnya.

5. Komputer

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat. Untuk itu les computer menjadi salah satu yang banyak diminati. Dalam les ini bisa memilih seperti yang sedang populer yakni programer atau lainnya.

Baca Juga: media pembelajaran interaktif untuk ABK

6. Memasak

Les memasak umumnya diminati oleh anak perempuan namun tidak menutup kemungkinan pula bagi anak laki-laki. Les memasak juga sangat bermanfaat karena bisa melatih kemandirian anak.

7. Fotografi

Les fotografi berguna untuk membekali anak supaya memiliki keterampilan mengambil foto dan mengedit foto dengan komposisi yang baik sehingga menghasilkan gambar yang bagus. Apabila ditekuni kemampuan fotografi bisa juga menjadi penghasilan.

8. Videografi

Dalam les videografi, anak dilatih supaya dapat mengambil video dan mengeditnya dengan baik sehingga menghasilkan video yang menarik dan bagus.

9. Berenang

Berenang adalah jenis olahraga yang banyak disukai anak. Manfaat memasukkan anak pada les renang adalah selain bisa meningkatkan kebugaran anak tetapi juga bisa menjadi bekal anak apabila terjadi kejadian buruk yang berkaitan dengan air.

10. Modeling

Orang tua bisa memasukkan anak dalam les modeling apabila anak menyukai kegiatan tersebut. Dengan les tersebut akan membuat anak tampil lebih percaya diri.

11. Menjahit

Keterampilan menjahit sangat penting dikuasai anak karena dapat membuat anak memiliki keterampilan apabila terdapat pakaian anak yang rusak. Bukan tidak mungkin bila anak terampil menjahit juga bisa mendesain pakainnya sendiri.

12. Melukis

Les melukis bisa menjadi pilihan apabila anak menyukai kegiatan atau aktivitas yang berkaitan dengan dunia seni.

13. Menyanyi

Les non akademik lainnya yang banyak dipilih adalah les menyanyi. Kegiatan ini membekali anak supaya memiliki keterampilan dan teknik menyanyi yang bagus.

14. Public speaking

Keterampilan public speaking sangat penting di masa depan. Dengan mempelajari public speaking akan membuat anak memiliki keterampilan berbicara di depan umum.

Baca Juga: tips mengembangkan kemampuan kognitif anak

15. Menulis

Les menulis bisa dipilih apabila anak anda menyukasi hal-hal yang berkaitan dengan sastra. Dengan keterampilan menulis, anak dapat membuat cerita, puisi, pantuan atau karya sastra lain dengan bagus.

16. Les olahraga lainnya

Les olahraga lainnya yang bisa menjadi pilihan diantaranya seperti sepak bola, voli, basket, lari, maupun olahraga populer lainnya.

Demikianlah les non akademik yang bermanfaat untuk masa depan anak. Semoga bermanfaat bagi anda. Silahkan juga bagikan artikel ini supaya bisa menjangkau lebih banyak lagi pembaca, terima kasih.

Baca Juga  Ikigai: Rahasia Hidup Bahagia Penuh Makna Ala Orang Jepang
A+ A-

Kontak

Email: meenta.edu@gmail.com

Instagram: meenta_net

Live Search