5 Macam Metode Pembelajaran: Kelebihan dan Kekurangannya.

By | November 24, 2017

Kali ini penulis akan membagikan artikel mengenai macam-macam metode mengajar atau pembelajaran, kelebihan serta kekurangannya yang dapat diterapkan ketika proses belajar mengajar dan diberbagai kurikulum baik KTSP maupun termasuk kurikulum 2013.

Metode pembelajaran

Metode pembelajaran via facultyfocus.com

Guru merupakan seseorang profesional yang bertujuan untuk mengembangkan potensi siwa agar menjadi pribadi yang dewasa. Siswa dapat mencapai kedewasaan dalam arti kedewasaan ilmu dan sikap berkat ilmu yang ditransfer oleh guru dengan cara mengajar tertentu.

Metode merupakan cara yang berfungsi sebagai alat dalam mencapai tujuan (Dwi Siswoyo dkk, 2011:142). Pendapat tersebut juga menguraikan bahwa metode merupakan strategi yang dipakai seseorang untuk mencapai tujuan tertentu.

Setelah mengetahui pengertian secara umum, selanjutnya akan dibahas mengenai pengertian metode mengajar yaitu suatu strategi atau cara yang dilakukan guru agar siswa mampu memahami materi atau topik bahasan tertentu.

Melalui pemilihan metode yang tepat diharapkan siswa dapat memahami dengan mudah materi yang disampaikan oleh seorang guru.

Lalu apa saja metode mengajar yang umum digunakan oleh guru?, Agustina Soebachman (2014: 79), menjelaskan, antara lain:

Baca Juga  Game Edukatif: 10 Permainan Smartphone Ini Ramah Untuk Anak Anda

Diskusi

Diskusi merupakan salah satu metode pembelajaran yang dilakukan antara dua siswa atau lebih untuk saling bertukar pikiran dengan tujuan pemecahan masalah tertentu.

Keunggulan dari metode diskusi adalah melatih siswa untuk menyampaikan gagasan atau pendapat dan melatih siswa dalam berkomunikasi.

Kemudian kelemahan dari diskusi ini adalah tidak semua siswa mau untuk mengungkapkan pendapatnya, hal ini dapat membuat diskusi tidaka jalan.

Ceramah

Ceramah adalah cara menyampaikan atau menerangkan suatu materi kepada sekelompok orang atau siswa yang cukup banyak secara lisan agar mencapai tujuan pembelajaran tertentu.

Keunggulan metode ini adalah dapat menjadi sarana untuk melatih kemampuan siswa dalam hal menyimak informasi yang disampaiakn oleh guru.

Sedangkan kelemahan dari ceramah adalah apabila guru tidak pintar dalam berkomunikasi dengan siswa, maka cenderung akan diperoleh suasana pembelajaran yang membosankan. Apabila hal demikian terjadi maka akan semakin besar peluang siswa untuk tidak mampu menangkap materi pembelajaran dengan baik.

Drill

Drill adalah salah satu metode pembelajaran dengan guru melatih siswa secara berulang-ulang.

Metode ini cenderung cocok diterapkan pada pembelajaran keterampilan agar siswa mampu menguasai keterampilan tertentu.

Untuk kelemahan drill ini adalah apabila pembelajaran dilakukan secara berulang-ulang, siswa dapat mengalami kebosanan sehingga perlu adanya kreativitas guru agar siswa terhindar dari kebosanan..

Eksperimen

Pembelajaran eksperimental adalah suatu cara pembelajaran dimana siswa melaksanakan aktivitas percobaan, mengalami, dan membuktikan sendiri suatu hal yang dipelajarinya.

Keunggulan eksperimen ini adalah siswa secara langsung membuktikan suatu hal serta melihat akhibat dari sesuatu hal. Sehingga siswa akan sangat pahan mengenai suatu fenomena.

Demonstrasi

Demonstrasi merupakan metode yang diterapkan dengan siswa melihat secara langsung proses ataupun kegiatan langsung dengan guru sebagai orang yang mempraktekkan kegiatan tersebut.

Misal pada demonstrasi cara menghidupkan komputer, siswa hanya melihat guru mempraktekkan cara menghidupkan komputer.

Adapun keunggulan demonstrasi ini adalah siswa dapat mengamati secara langsung tanpa harus membayangkan sehingga siswa akan memahami dengan baik. Kemudian kekuranagan demonstrasi adalah tidak semua benda dapat didemonstrasikan.

Baca Juga  6 cara orang tua untuk meningkatkan kemampuan otak anak

Demikianlah artikel ini, semoga bermanfaat bagi anda, Terima Kasih.

Daftar Pustaka

Agustina Soebachman. 2014. Saatnya Menjadi Guru Terhebat. Bantul: IN Azna Book.

Dwi Siswoyo,dkk. 2011. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *