7 Mainan Edukasi untuk Anak Autis di Rumah Yang Bermanfaat

By | Januari 1, 2021

Bermain merupakan sarana untuk menunjang tumbuh kembang sekaligus menjadi hal yang menyenangkan bagi seorang anak. Bahkan para ahli juga percaya bahwa beberapa jenis permainan bisa membantu mengembangkan kemampuan anak berkebutuhan khusus (ABK) secara optimal.

Namun untuk menentukan jenis mainan yang tepat bagi ABK atau anak autis bukanlah hal yang mudah. Untuk itu para orangtua perlu lebih selektif dalam memilih mainan edukasi autis secara tepat.

mainan edukasi autis
Ilustrasi mainan autis via freepik.com

Mainan Edukasi untuk Anak Autis

Bagi para orangtua yang masih bingung memilih mainan anak autis maka sebaiknya perlu menyesuaikan mainan tersebut dengan kemampuan perkembangan anak dibandingkan usianya. Contohnya, bila anak mengalami masalah keterlambatan berbicara atau keterampilan sosial maka sebaiknya pilih mainan edukasi autis yang dapat mendorong perkembangan keterampilan berbicara dan sebagainya.

Baca Juga: Makanan untuk anak autis

Dengan memilih mainan edukasi autis secara tepat maka dapat mendorong anak autis agar lebih bereksplorasi serta menurunkan risiko frustasi atau tantrum ketika bermain. Sebab anak-anak autis biasanya akan mengalami kesulitan untuk memusatkan perhatian, belajar dan memahami konsep abstrak seperti anak-anak normal lainnya.

Namun para orangtua tak perlu cemas karena berikut ini akan diberikan 7 referensi mainan edukasi autis yang bagus untuk perkembangan anak autis.

1. Puzzle

Puzzle ternyata merupakan salah satu mainan edukasi autis yang bagus untuk perkembangan anak. Sebab puzzle adalah jenis maianan yang mudah serta menyenangkan untuk melatih fungsi kognitif. Selain itu, puzzle juga bisa membantu otak anak supaya berpikir lebih keran untuk memecahkan sebuah masalah dan tidak cepat menyerah.

2. Balok Susun

Mainan yang satu ini adalah permainan dasar yang selama ini dikenal luas dapat merangsang pertumbuhan anak terutama dari segi kreativitas, keluwesan untuk bersosialisasi dan kemampuan berpikir runtut.

Baca Juga  5 Fakta Mengenai Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)
mainan untuk anak autis
mainan untuk anak autis

3. Menggambar dan Mewarnai

Menggambar dan mewarnai merupakan dua permainan yang ampuh untuk memperkenalkan perbedaan warna sekaligus melatih motorik halus seorang anak. Selain itu, dengan menggambar maka anak-anak autis dapat menuangkan imajinasi, suasana hati dan kreativitas mereka tanpa ada bebas atau perasaan tertekan.

4. Flash Card atau Kartu Bergambar

Mainan yang satu ini sangat bermanfaat untuk membantu merangsang kemampuan daya ingat anak dalam mengenali angka, hewan, huruf, bunga, bagian tubuh dan lain sebagainya.

5. Plastisin atau Lilin Mainan

Plastisin merupakan mainan edukasi autis yang bagus untuk membantu gerak motorik supaya berkembang dengan baik dan merangsang daya imajinasi maupun kreativitas seorang anak. Dengan berbagai pilihan warna plastisin maka anak-anak akan semakin tertarik dan bersemangat untuk bermain.

6. Lego

Dengan bermain lego maka dapat membantu mengajarkan anak-anak autis dalam berkreasi membentuk sebuah bangunan atau bentuk lainnya. Mainan edukasi autis yang satu ini juga bagus untuk melatih koordinasi antara mata dan tangan sekaligus meningkatkan kemampuan konsentrasi anak.

7. Bantal yang Lembut atau Boneka

Seorang anak dengan autisme mungkin harus berjuang menangkan diri saat merasa dirinya tidak nyaman. Untuk itulah, bantal yang lembut atau boneka dengan bulu lembut dapat membantu mengendalikan emosi anak ketika tantrum.

Terlebih anak autis biasanya cenderung memiliki indra peraba yang lebih peka. Anda sebaiknya juga memilih bentuk bantal atau boneka yang menarik seperti gajah, dinosaurus, beruang dan lain sebagainya untuk melatih daya imajinasi anak.

Baca Juga: Hindari mendidik autis dengan cara berikut

Mainan edukasi untuk anak autis memang memiliki peran yang sangat penting bagi perkembangan anak autis saat di rumah. Untuk itulah para orangtua sebaiknya memperhatikan betul jenis mainan yang tepat untuk anak autis. Selain itu, dampingi anak-anak tersebut saat bermain agar mereka merasa nyaman dan aman.