10 Mainan Edukasi Untuk ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Bermanfaat

By | Februari 6, 2021

Mainan edukasi untuk ABK berikut ini bisa menjadi pilihan bagi anda orang tua ketika memberikan permainan yang bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus atau disabilitas. Anak berkebutuhan khusus adalah seseorang yang memiliki hambatan khusus sehingga berdampak pada perkembangannya. Contoh anak berkebutuhan khusus seperti tunanetra, tunarungu, tunagrahita, tunadaksa, autis, tunalaras dan kekhususan lainnya.

Walaupu memiliki hambatan namun mereka bisa dikembangkan sesuai potensinya sehingga sebaiknya sejak kecil dilatih salah salah satunya melalui berbagai mainan edukasi berikut ini.

Mainan Edukasi Untuk ABK

1. Lego

mainan edukasi untuk ABK
lego via theguardian.com

Lego merupakan permainan yang terdiri dari blok-blok plastik yang bisa disusun sedemikian rupa menjadi berbagai bentuk yang menarik. Permaianan ini menjadi salah satu yang favorit yang banyak dimainkan anak. Selain menyenangkan, permainan ini juga melatih kecerdasan dan motorik halus anak ketika merangkai.

2. Puzzle

mainan edukasi untuk abk puzzle
Puzzle via www.prima.co.uk

Puzzle adalah mainan edukasi yang berwujud potongan-potongan gambar yang terbuat dari kayu ataupun karton dan bisa disusun membentuk gambar utuh yang lengkap. Permainan ini sangat bermanfaat untuk perkembangan anak yakni melatih koordinasi sensoris penglihatan dan motorik halus.

3. Play-Doh

playdoh
playdoh via huffpost.com

Bila jaman dahulu banyak anak kecil bermain menggunakan tanah liat, nah sekarang anak-anak sudah menggunakan bahan yang lebih modern yakni playdoh. Mainan dengan tekstur lembut dan halus ini bisa dibentuk menjadi miniatur tiruan hewan, patung, ataupun benda-benda yang disukai oleh anak. Playdoh dapat melatih kreativitas anak dan mengasah mootorik halus melalui kegiatan membentuk dan meremas.

4. Balok kayu

balok kayu
Balok kayu via enervon.co.id

Permainan ini terdiri dari potongan-potongan kayu dengan bentuk tertentu dimana bisa disusun menjadi sesuuatu misalnya bentuk rumah atau bentuk lainnya. Mainan edukasi untuk ABK ini bermanfaat dalam hal melatih kemampuan motorik halus, konsentrasi, kreativitas, dan aspek lainnya.

Baca Juga  8 Latihan Yang Dapat Meningkatkan Koordinasi Sensomotorik

5. Kartu gambar

kartu gambar
Kartu gambar via boardgame.id

Mainan kartu gambar bermanfaat bagi anak berkebutuhan khusus dalam melatih kognitif anak dalam mengenal suatu hal. Kartu gambar ini banyak macamnya seperti kartu gambar hewan, kartu gambar buah, kartu gambar angka, kartu gambar huruf, dan gambar-gambar lainnya yang menarik anak belajar.

infografik mainan edukasi untuk abk
infografik mainan edukasi untuk abk

6. Mainan magnet

mainan magnet
mainan magnet via 2foodtrippers.com

Secara sederhana mainan magnet yang penulis maksud disini adalah mainan dengan bentuk tertentu yang bisa ditempel di papan yang terbuat dari besi atau pada umumnya pintu kulkas. Karena bentuknya dan unik seperti angka, huuruf, hewan atau lainnya membuat mainan ini banyak disukai anak. Permainan ini bisa melatih anak mengenal suatu hal tergantung bentuk gambar magnetnya.

7. Miniatur patung

mainan edukasi untuk abk (miniatur patung)
miniatur patung via kerripajutee.com

Permainan miniatur patung dengan bentuk-bentuk yang unik dan menarik dapat melatih anak berlatih peran dengan menjalankan cerita tertentu dan dimainkan melalui miniatur patung-patung yang tentunya bisa melatih kreativitas anak berkebutuhan khusus.

8. Mainan Bola

bermain bola
bermain bola via ecdn.net

Bermain bola bagi anak berkebutuhan khusus bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik kasar melalui kegiatan menendang. Namun usahakan menggunakan bola yang pas untuk anak dan dengan tingkat elastisitas yang juga baik, jangan sampai terlalu keras yang mana malah bisa menyakiti kaki anak.

9. Tablet

mainan edukasi untuk abk anak bermain tablet
anak bermain tablet via businessinsider.com

Tablet adalah permainan modern yang bermanfaat dalam berbagai hal. Di tablet banyak sekali game atau permainan yang bermanfaat yang bisa dimainkan anak. Namun disamping bermanfaat, bila tidak diawasi dapat menyebabkan dampak negatif seperti kecanduan. Sehingga peran orang tua menjadi sangat penting disini.

10. Sepeda

anak bersepeda
anak bersepeda via rei.com

Mainan selanjutnya yang bermanfaat untuk anak berkebutuhan khusus atau disabilitas adalah sepeda. Alat ini bermanfaat untuk melatih koordinasi motorik halus dan kasar, serta melatih keseimbangan anak.

Baca Juga  Reglet dan Stylus: Alat Menulis Bagi Orang Tunanetra (Buta)

Demikian tadi mainan edukasi untuk ABK atau anak berkebutuhan khusus, semoga bermanfaat dan menambah informasi para pembaca setia situs ini. Silahkan juga untuk membagikan video ini untuk menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih.