4 Manfaat Memberikan Mainan Edukasi Bentuk Fisik Kepada Anak

By | Januari 14, 2021

Manfaat mainan edukasi saat ini sering disepelekan oleh para orang tua. Mengingat perkembangan gadget yang semakin menarik perhatian, orang tua dengan begitu bebasnya dalam memberikan gadget tersebut sebagai mainan pada anak. Padahal seorang anak juga memerlukan mainan edukasi lho. Simak berbagai manfaat mainan edukasi anak tersebut berikut!

Apa saja manfaat mainan edukasi?

manfaat mainan edukasi
permainan edukasi via clicstoys.com

Perlu orang tua ketahui bahwa mainan edukasi anak yang berbentu fisik justru lebih bermanfaat jika dibandingkan dengan gadget. Untuk itu sudah saatnya Anda menyiapkan berbagai mainan edukatif untuk menjadi mainan yang bermanfaat bagi anak. Lantas, apa saja manfaatnya?

1. Mainan gadget menghambat perkembangan berbicara anak

Saat orang tua sering membiarkan anak mereka terpapar gadget, maka hal tersebut hanya akan menghambat perkembangan bicara si kecil. Akan lebih baik apabila Anda berinteraksi dengan si kecil menggunakan mainan edukasi fisik yang dapat melatih perkembangan berbicara anak menjadi lebih baik.

Baca Juga: Cara menemukan passion anak

2. Interaksi sosial yang tercipta lebih besar

Saat anak-anak bermain menggunakan mainan edukasi anak, tentu mereka akan melakukan interaksi sosial jauh lebih banyak. Baik itu seperti bertukar pikiran, bercakap-cakap, dan lain sebagainya. Berbeda saat anak menggunakan gadget yang cenderung tidak menciptakan interaksi sosial dengan orang lain.

3. Memudahkan anak memiliki kemampuan motorik halus dan kasar

Seperti yang Kita ketahui, keterampilan/ kemampuan motorik pada anak sangatlah penting terlebih bagi mereka yang berusia balita. Dengan mereka bermain mainan edukasi anak, maka mereka secara langsung dapat memegang mainan dengan berbagai bentuk, menggambar, menggunting, serta berbagai aktivitas lainnya.

Yang mana seluruh aktivitas tersebut dapat menjadikan perkembangan motorik halus dan kasar menjadi meningkat pada anak.

Baca Juga  7 Cara Agar Anak Betah Di Rumah: Mencegah Nongkrong Tidak Jelas

4. Fokus dan konsentrasi anak lebih terlatih

Dibandingkan dengan gadget, permainan edukasi tentu membuat si kecil menjadi lebih banyak fokus dan berkonsentrasi. Mainan ini sendiri dirancang untuk menggali kepintaran si kecil termasuk dalam hal berkonsentrasi.

Salah satu contohnya adalah saat anak bermain puzzle. Dengan mainan tersebut anak dituntut untuk fokus pada gambar dan bentu lalu bagaimana berkonsentrasi dengan baik untuk mendapatkan cara menyusunnya dengan baik.

Baca Juga: Cara mengembangkan motorik halus anak

Jadi, masihkah Anda membiarkan anak salah dalam bermain? Mainan edukatif anak bisa jadi pilihan tepat bagi orang tua yang menginginkan berbagai manfaat di atas.