5 Manfaat Terapi Musik Modern Untuk Anak Autis

By | November 22, 2021

Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan salah gangguan kemampuan dalam berkomunikasi yang dipengaruhi oleh otak. Terdapat beberapa terapi yang dapat dilakukan untuk anak autis. Salah satunya yaitu terapi musik modern untuk anak autis, yang dapat dicoba dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fungsional anak autis. Lantas apa saja manfaat terapi musik modern untuk anak autis?

Manfaat Terapi Musik Modern Untuk Anak Autis

Manfaat Terapi Musik Modern Untuk Anak Autis
ilustrasi anak autis via otsimo.com

Terapi dilakukan untuk membantu anak autis dalam berinteraksi dengan orang lain khususnya untuk berkomunikasi dan mengasah emosionalnya. Setiap anak yang mengalami autis memiliki gejala-gejala yang berbeda satu sama lain. Keluarga dan orangtua harus memilih jenis terapi yang tepat dan bisa disesuaikan dengan kemampuan anak.

Berikut ini beberapa manfaat terapi musik modern untuk anak autis.

1. Mengurangi Kecemasan Anak

Musik dan lagu yang didengarkan oleh anak autis akan membantu membuatnya menjadi lebih rileks dan dapat menurunkan tingkat kecemasan. Stress merupakan kondisi dimana hormone kortisol akan meningkat sehingga akan menyebabkan waspada dan gelisah. Musik yang didengar oleh anak autis akan menjadikannya lebih toleraan terhadap stimulasi sensori.

2. Memberikan Perubahan Perilaku Positif

Meltdown adalah suatu kondisi dimana anak yang mengalami autis tidak bias mengungkapkan emosi dan pikirannya kepada orangtua, sehingga akan membuatnya gelisah. Anak autis yang sering mendengarkan musik modern akan membantunya mengendalikan kondisi meltdown yang bias kapan saja dialaminya.

bannerartikel

Manfaat terapi musik modern untuk anak autis ini akan mendorong interaksi social yang akan memberikan perubahan perilaku yang positive. Orangtua bisa dengan mudah melakukan terapi musik modern untuk anak autis ini dirumah dengan durasi waktu yang cukup dan waktu santai.

3. Menjadi Media Komunikasi yang Lebih Baik

Bahasa isyarat merupakan salah satu media komunikasi yang digunakan anak autis. Terjadi permasalahan dalam pemrosesan otak anak autis, sehingga terjadi gangguan dalam berkomunikasi dengan anak autis. Permasalahan dalam otaknya akan mengganggu anak autis berkomunikasi secara verbal dan hanya bisa membaca isyarat non verbal.

Baca Juga  6 Terapi ABA Untuk Anak Tunarungu Yang Perlu Diketahui

Baca Juga: Kunci mendidik autis di rumah

4. Memperbaiki Sensor Motorik Sang Anak

Terapi music modern adalah salah satu cara pendekatan untuk anak ASD yang paling umum. Musik modern yang diperdengarkan oleh anak autis akan membantu memperbaiki kualitas hidup anak yang memiliki masalah dalam keseimbangan dan kemampuan motoriknya. Irama musik dan memaikan alat music dapat membantu menyeimbangkan tubuhnya.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur Anak

Musik yang diperdengarkan akan membantu anak autis untuk tidur lebih nyenyak. Musik yang dilantunkan ketika anak akan tidur akan membuat anak lebih rileks dengan musik yang diperdengarkan. Namun untuk mendapatkan manfaat terapi musik modern untuk anak autis ini harus juga dikonsultasikan dengan dokter untuk melihat apakah terapi ini cocok untuk anak autis dengan gejala tertentu.

Terapi musik modern untuk anak autis ini sebenarnya sudah banyak dilakukan oleh fisioterapis maupun orang tua yang memiliki anak dan keluarga yang autis. Namun belum begitu banyak dilakukan karena memang anak autis memiliki banyak pantangan yang harus dihindari agar menjaga kesehatannya.

Peran lingkungan seperti keluarga dan orangtua sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak autis. Secara emosional, anak autis terkadang memiliki gangguan emosiaonal yang kurang stabil, sehingga kesabaran pengasuh sangat dibutuhkan ountuk merawat dan mendidik anak autis agar dapat hidup normal dan jauh dari diskriminasi sosial.

Demikian merupakan beberapa manfaat terapi musik modern untuk anak autis yang dapat Anda upayakan demi tumbuh kembang mereka. Masih banyak terapi yang dapat dilakukan untuk anak autis sesuai dengan gejala dan kemampuannya. Orangtua harus selalu waspada dan memperbanyak wawasan mengenai autism untuk membantu meningkatkan kemampuan anak.

Baca Juga  4 Tips Lolos Diterima CPNS Jurusan Pendidikan Luar Biasa (PLB)

Tinggalkan Komentar