5 Contoh Kegiatan Mengembangkan Otak Kiri Dan Kanan Pada Anak

By | Desember 29, 2020

Apakah si kecil sangat menyukai aktifitas bermain bunda? tak apa, hal ini justru menjadi salah satu cara mengasah otak yang baik untuk anak. Terlebih pada usia 0 sampai 5 tahun merupakan masa emas anak yang mana otak mereka berkembang dengan baik.

Oleh sebab itu, selain memberikan asupan makanan bergizi, bunda juga harus mengimbangi mereka untuk melakukan kegiatan mengembangkan otak kiri dan kanan pada anak seperti berikut ini.

mengembangkan otak kiri dan kanan
anak bermain catur via freepik.com

Permainan Mengembangkan Otak Kiri Dan Kanan

1. Menyusun Puzzle

Bunda tentunya sudah familiar dengan permainan ini bukan? Selain seru dan menyenangkan, ternyata bermain puzzle juga dapat menjadi salah satu kegiatan untuk mengembangkan otak kiri dan kanan si kecil. Dengan menyusun puzzle maka anak akan terbiasa untuk fokus dan mengambil kemungkinan solusi agar masalah yang dihadapi bisa terselesaikan dengan baik.

Baca Juga: Cara melatih keterampilan sosial anak

Jenis puzzle yang digunakan harus disesuaikan dengan usia si kecil ya bunda. Bagi anak balita, bunda bisa memilih puzzle berukuran besar sehingga anak lebih mudah untuk menyelesaikannya. Dampingi mereka untuk mengerjakannya agar mereka termotivasi untuk bermain sambil belajar dengan menyenangkan.

2. Petak umpet

Permainan untuk mengembangkan otak kiri dan kanan tidak harus bermodal besar ya bunda. Anda bisa mengajak mereka untuk bermain petak umpet demi melatih kemampuan otak anak dengan menebak lokasi dimana orang lain sedang bersembunyi. Permainan ini dapat memberikan dampak positif yakni intuisi dan kemampuan observasi anak menjadi terasah.

3. Membangun building block

Building block adalah salah satu permainan untuk mengembangkan otak kiri dan kanan yang wajib untuk bunda miliki. Hal ini karena permainan building block memberikan banyak manfaat positif bagi perkembangan otak anak.

Baca Juga  7 Contoh Kegiatan Motorik Kasar untuk Anak TK Yang Bermanfaat

Dengan building block ini anak bisa memperkaya imajinasi, melatih keterampilan tangan, mempelajari bangun ruang dan juga mempertajam fokus. Dengan demikian otak kanan dan kiri anak pun bisa terasah dengan sendirinya.

4. Catur

Pastinya bunda sudah mengenal permainan asah otak ini dengan baik. Yap, catur merupakan salah satu jenis permainan yang bisa memberikan dampak positif bagi anak. Bukan hanya membutuhkan strategi yang bagus serta konsentrasi tinggi dalam menghadapi lawannya, permainan ini juga bisa melatih si kecil untuk mengambil keputusan yang tepat.

Selain itu, permainan catur juga dapat mengembangkan imajinasi si kecil. Karena permainan catur ini terbilang cukup rumit serta membutuhkan pemahaman, sebaiknya bunda mulai memperkenalkan permainan ini ketika si kecil berusia lebih dari 3 tahun.

5. Permainan bahasa asing

Menurut sebuah riset, anak yang sering memakai lebih dari satu bahasa dalam berbicara terbukti lebih tepat dan cepat dalam menyerap informasi. Oleh sebab itu, bunda bisa mengajak si kecil untuk bermain game menggunakan bahasa asing dengan menyenangkan.

Bunda bisa menggunakan istilah dalam bahasa asing yang sederhana saja. Usahakan untuk tidak memilih kalimat panjang yang malah sulit untuk dipahami si kecil.

Baca Juga: Cara agar anak produktif di rumah

Anda bisa memulai dengan mengungkapkan berbagai benda maupun tempat yang ada di dalam rumah, angka, hewan maupun makanan dengan bahasa asing. Biasakan untuk mengungkapkan secara langsung agar si kecil menjadi terbiasa mendengar dan akhirnya hafal dengan sendirinya.

Demikian 5 contoh kegiatan yang bisa bunda lakukan untuk mengembangkan otak kiri dan kanan pada anak. Usia 0-5 tahun merupakan golden age atau masa keemasan yang sebaiknya kita manfaatkan untuk melatih mereka dalam mengasah otak dengan baik. Dengan demikian, tumbuh kembang anak menjadi maksimal dan bunda pun akan merasa bangga.

One thought on “5 Contoh Kegiatan Mengembangkan Otak Kiri Dan Kanan Pada Anak

  1. Pingback: 7 Tips Untuk Mempercantik Ruang Kelas Agar Siswa Betah Belajar

Comments are closed.