5 Cara Meningkatkan Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

By | Mei 26, 2021

Meningkatkan semangat belajar anak berkebutuhan khusus atau ABK sangat penting dilakukan oleh para orang tua maupun bapak ibu guru di rumah maupun sekolah. Dengan semangat atau minat belajar yang tinggi akan membuat siswa lebih mudah dalam menyerap pembelajaran tanpa paksaan dari orang lain.

Sebelum masuk pada cara atau kiat-kiat yang bisa dilakukan untuk meningkatkan semangat belajar, telebih dahulu kita mengenal apa itu semangat belajar. Jadi semangat belajar atau istilah lain juga bisa dimaknai semangat belajar adalah dorongan dari dalam diri untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Cara meningkatkan belajar anak berkebutuhan khusus (ABK)
Cara meningkatkan belajar ABK via ewa.org

Untuk meningkatkan semangat belajar anak berkebutuhan khusus tentu tidaklah mudah karena mereka mengalami hambatan bisa dari sensoris, motorik, maupun perilaku . Oleh karena itu orang tua maupun guru perlu menggunakan beberapa cara berikut ini.

Meningkatkan Semangat Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Gunakan Media Yang Menarik

Penggunaan media sangat penting dalam pembelajaran. Kegunaan media selain meningkatkan minat anak untuk belajar, tetapi yang utama adalah supaya apa yang diajarkan lebih mudah untuk dipahami anak berkebutuhan khusus. Sebaiknya gunakan media yang disukai anak dan menarik minat anak seperti media benda langsung, video, pop-up, hingga media lainnya.

Baca Juga: Biaya sekolah untuk anak berkebutuhan khusus di Indonesia

Berikan Hadiah

Pemberian hadiah kepada anak efektif diterapkan pada anak untuk meningkatkan semangat belajar. Cara ini bisa dilakukan tidak setiap belajar langsung diberi hadiah, tetapi bisa dalam rentang waktu tertentu misalnya satu bulan atau satu semester. Hadiah yang diberikan juga disesuaikan dengan anak yakni benda yang disukai anak.

Walaupun efektif namun ada sisi negatifnya ketika menerapkan pemberian hadiah. Salah satunya adalah anak mau melakukan sesuatu hal bila ada hadiahnya. Namun demikian semua bergantung kreativitas orang tua atau guru dalam penerapan cara tersebut.

Baca Juga  Kajian Teori: 7 Pengertian Tunarungu Berdasarkan Pendapat Para Ahli

Mengajar Dengan Cara Unik

Anak berkebutuhan khusus (ABK) juga seperti anak pada umumnya. Mereka bisa bosan bila diajar dengan cara yang umum seperti ceramah. Saat ini banyak metode yang bisa dilakukan untuk mengajarkan ABK seperti praktek, eksperimen, demonstrasi, atau metode lain yang mana anak dilibatkan secara langsung untuk membuat produk tertentu.

Bangun Kedekatan Dengan Anak

Cara meningkatkan semangat belajar anak berkebutuhan khusus selanjutnya adalah membangun kedekatan dengan anak. Mungkin ketika kita kecil juga pernah merasakan dimana kita semangat belajar karena guru yang mengajar menyenangkan dan baik. Oleh sebab itu membangun kedekatan dengan anak penting dilakukan oleh guru maupun orang tua.

Baca Juga: Beberapa kesalahan saat mengajar siswa SLB

Belajar Sambil Bermain

Anak berkebutuhan khusus seringkali malas belajar karena mereka tahu bahwa mereka sedang belajar. Maka cara belajar menggunakan metode bermain sangat disenangi anak. Cara seperti ini akan membuat anak semangat belajar walaupun mungkin mereka tidak menyadari bahwa sedang belajar.

Demikian cara mengingkatkan semangat belajar anak yang bisa diterapkan oleh orang tua di rumah, maupun guru kepada siswa SLB di sekolah. Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan baca juga artikel lainnya di situs ini.