7 Pengertian Metode Eksperimen Menurut Pendapat Para Ahli

By | Agustus 11, 2020

Metode eksperimen adalah suatu cara mengajar yang dilakukan oleh pendidik dimana siswa melakukan suatu percobaan, sehingga siswa secara langsung membuktikan apa yang telah dipelajari. Dalam metode ini anak aktif terlibat dalam pembelajaran dan melakukan secara langsung.

Lalu apa pengertian metode eksperimen menurut pendapat para ahli? Pada artikel ini akan diuraikan pengertian metode eksperimen menurut beberapa pendapat ahli sebagai referensi untuk lebih mendalami metode ini. Berikut ini adalah ulasannya untuk anda.

metode eksperimen menurut para ahli
metode eksperimen via searchenginejournal.com

Pengertian metode eksperimen menurut para ahli:

1. Menurut Hasan Alwi

Hasan Alwi (2005: 290) menjelaskan bahwa metode eksperimen yakni percobaan yang bersistem dan terencana untuk membuktikan kebenaran akan suatu teori.

Baca juga: Pengertian metode demonstrasi menurut ahli

2. Menurut Mulyani Sumantri dan Johar Permana

Mulyani Sumantri dan Johar Permana (1999: 157) menjelaskan bahwa Metode eksperimen atau percobaan adalah suatu cara belajar mengajar dimana siswa aktif mengalami dan membuktikan secara langsung proses serta hasil dari percobaan itu.

3. Menurut Paul Suparno

Paul Suparno (2007: 77) menyatakan bahwa secara umum metode pembelajaran eksperimen adalah suatu metode mengajar dimana siswa diajak untuk melakukan suatu usaha percobaan sebagai pembuktian, pengecekan bahwa teori yang telah dipelajari itu memang benar.

4. Menurut Roestiyah

Roestiyah, (2012: 80), pengertian Meteode eksperimen merupakan satu dari banyak metode mengajar di mana siswa melaksanakan sesuatu percobaan mengenai sesuatu hal, melihat prosesnya dan menuliskan hasil percobaannya, selanjutnya hasil pengamatan tersebut disampaikan di kelas dan dievaluasi oleh pendidik.

5. Menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain

Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain (2010: 84), menyatakan bila metode eksperimen merupakan cara penyampaian materi di mana siswa dapat melakukan suatu percobaan dengan mengalami dan membuktikan sendiri secara langsung apa yang dipelajari.

Baca Juga  6 Tips Memperbaiki Postur Tubuh Agar Tegak dan Percaya Diri

6. Menurut Syaiful Bahri Djamarah

Syaiful Bahri Djamarah (2005: 234) menjelaskan bila metode eksperimen merupakan metode yang memberikan kesempatan kepada siswa perorangan atau kelompok untuk berlatih melakukan suatu proses maupun percobaan. Melalui metode ini siswa diharapkan sepenuhnya terlibat eksperimen, melakukan eksperimen, menemukan fakta, mengumpulkan data, mengendalikan variabel, serta memecahkan masalah yang dihadapinya secara nyata.

7. Menurut Winarno (Moedjiono dan Moh. Dimyati)

Winarno (Moedjiono dan Moh. Dimyati 1992: 77) menyampaikan bahwa metode eksperimen merupakan kegiatan guru atau peserta didik untuk melakukan sesuatu percobaan kemudian mengamati proses dan hasil dari percobaan tersebut.

Daftar Pustaka:

Hasan Alwi. dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Mulyani Sumantri dan Johar Permana, 1999, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Paul Suparno. 2007. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka

Syaiful Bahri Djamarah. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta

Mudjiono, dan Dimyati. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: DEPDIKBUD

Baca juga: Pengertian metode diskusi menurut ahli

Demikian pengertian metode eksperimen menurut pendapat para ahli, semoga bermanfaat. Baca juga artikel yang lainnya tentang dunia pendidikan di situs ini, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *